7 Tips Untuk Backpacker Ke Bangka Belitung

Artikel ini terakhir di perbaharui October 31, 2020 by Rinaldi Syahran
7 Tips Untuk Backpacker Ke Bangka Belitung

kamu sedang merencanakan liburan dan memilih untuk melakukan backpacker ke  Bangka Belitung? Bangka Belitung memang memiliki banyak lokasi wisata yang unik dan menarik. Namun sebelum memulai perjalanan, ada baiknya kamu membaca terlebih dahulu tips backpacker sebelum berangkat ke Bangka Belitung agar perjalanan kamu dapat berjalan dengan baik. Berikut tips yang dapat menjadi referensi kamu nanti untuk berlibur ke Belitung.

Tentukan Jadwal Terbaik

Tentukan Jadwal Terbaik

Jadwal terbaik untuk berwisata atau backpacker ke Bangka Belitung adalah saat musim kemarau (umumnya terjadi mulai bulan April sampai Agustus), karena tempat wisata di Belitung sebagian besar adalah wisata bahari seperti pantai, jadi waktu terbaik untuk berwisata ke sana adalah saat musim kemarau.

Karena jika kamu backpacker di sana saat musim kemarau, kamu bisa menikmati indahnya Belitung dari pagi hingga malam dengan sepuasnya dan tidak terkendala jika hujan sewaktu-waktu datang. Selain itu, kalau kamu mengunjungi pada musim kemarau, kondisi laut cenderung tenang sehingga lebih aman untuk dikunjungi.

Selain di musim kemarau, waktu kunjungan terbaik untuk berkunjung ke Belitung adalah pada bulan Maret karena ombak laut di sekitar pantai Bangka Belitung tidak terlalu tinggi. Jika kamu ke Belitung saat musim hujan, ombak laut akan tinggi karena hujan dan biasanya kapal-kapal tidak akan beroperasi sementara dan berbahaya jika dipaksakan.

Cari Tahu Harga Perjalanan dari Jauh-jauh Hari

Cari Tahu Harga Perjalanan dari Jauh-jauh Hari

Memasuki masa liburan kursi pesawat menuju ke sana kemungkinan akan banyak, sehingga harga tiketnya sangat fluktuatif serta cenderung naik saat musim liburan dan akhir pekan (weekend). Patut diperhatikan, wisatawan yang berkunjung ke Belitung tidak hanya wisatawan yang pergi sendiri, tetapi juga ada yang merupakan rombongan, misalnya rekan kerja. Sehingga, kamu harus memesan tiket pesawat dari jauh hari untuk dapat ke Belitung. Selain untuk mendapatkan tiket murah, tetapi juga untuk menghindari kamu kehabisan kursi pesawat nantinya.

Tempat Penginapan Murah

backpacker ke bangka belitung dengan mencari tempat penginapan murah

Tahukah kamu, kalau harga penginapan di Belitung terhitung jauh lebih murah dibandingkan harga penginapan di tempat wisata lainnya seperti di Lombok dan Bali. Tak salah bagi kamu untuk berlibur wisata Bangka Belitung backpacker di sini karena dari penginapannya saja sudah terjangkau. Sebaiknya, kamu memesan penginapan murah di Belitung melalui situs booking hotel dalam jangka waktu beberapa hari atau minggu sebelum waktu keberangkatan kamu agar kamu tidak kesulitan nantinya untuk menemukan tempat penginapan yang murah.

Pasang Peta Online di Smartphone

Pasang Peta Online di Smartphone

Tips ini sangat penting karena kamu wisata Bangka Belitung backpacker, maka kamu harus siap untuk berpetualang sendiri tanpa adanya panduan dari tour guide. Karena itu, kamu harus mengetahui arah-arah jalan di Belitung agar bisa sampai ke tempat wisata yang kamu inginkan.

Sebagai bantuan navigasi kamu, sebaiknya kamu harus memasang aplikasi peta online berbasis GPS di smartphone kamu. Peta ini nantinya bisa menunjukkan arah jalan ke tempat yang ingin kamu datangi selama di Bangka Belitung. Hal ini merupakan hal penting karena minimnya marka jalan di Belitung, maka GPS akan memudahkan perjalanan liburan kamu.

Selain itu, umumnya warga lokal di Belitung tidak terlalu tahu dimana saja tempat wisata di daerah mereka, ada yang tahu ada juga yang tidak. Kalaupun ada yang tahu, biasanya mereka hanyalah warga sekitar yang lokasi tempat tinggalnya dekat dengan lokasi wisata Bangka Belitung. Sehingga, peran peta online ini sangat membantu saat kamu saat backpacker di Belitung sebagai petunjuk.

Patungan untuk Sewa Kapal

hemat biaya backpacker ke bangka belitung dengan patungan untuk sewa kapal

Jika kamu ingin banyak mengunjungi pantai di Bangka Belitung. Saat melakukan kegiatan tersebut, kamu harus menyewa kapal motor yang akan mengantarkan kamu untuk singgah dari satu pulau ke pulau lainnya yang ada di Belitung. Sebagai informasi, harga sewa satu kapal motor berada di kisaran Rp 400.000,- sampai Rp 500.000,-, dimana satu kapal bisa memuat hingga 10 orang, jadi kamu perlu patungan sewa kapal bersama keluarga atau rekan kamu.

Bawa Koper ke Kabin

Bawa Koper ke Kabin

Tips ini sebaiknya dilakukan untuk mempermudah proses check in dan landing dari pesawat. Alasannya karena di bkamura di Belitung, semua sistem masih manual, termasuk membawa bagasi dari pesawat sampai lounge kedatangan. Harap maklum jika prosesnya membutuhkan waktu yang lama. Selain itu juga untuk mengirit biaya bagasi supaya budget perjalanan kamu tetap terkontrol.

Makanan Halal

Makanan Halal

Belitung terdiri dari beberapa pemeluk agama. Jika kamu Muslim, maka menemukan kuliner halal di Belitung cukup gampang. Mulai dari bakso hingga nasi padang bisa kamu temukan di sini. Ini dikarenakan mayoritas penduduk Belitung beragama Islam. Jadi kamu tak perlu khawatir akan halalnya makanan di Belitung.

Bagaimana, sudah dicatat tips wisata backpacker ke Bangka Belitung? Semoga tips dari kami bermanfaat untuk kamu yang merencanakan liburan ala backpacker di Belitung. Selamat berlibur!

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.