Makanan Tradisional Khas Daerah Bali yang Patut Dicoba

Artikel ini terakhir di perbaharui April 10, 2021 by Yoko Widito
Makanan Tradisional Khas Daerah Bali yang Patut Dicoba

Selain keindahan pantai dan budaya yang ditawarkan, Bali juga mempunyai beragam makanan daerah dengan rasa khas yang membuat siapapun memakannya serasa ingin kembali berkunjung. Kali ini kami akan berikan rekomendasi makanan tradisional khas Pulau Dewata yang patut dicoba saat kamu berada di sana. Sudah siap??

Ayam Betutu

Ayam Betutu, makanan khas bali paling terkenal

Betutu merupakan bumbu khas Bali yang sering digunakan dalam berbagai olahan makanan dan sudah terkenal baik lokal maupun luar negeri. Bumbu ini terdiri dari jahe, kemiri, bawang merah, kunyit, salam, sereh, daun jeruk, dan lain-lain. Bumbu betutu yang telah siapa kemudian dimasukkan ke dalam rongga ayam sebelum dimasak supaya cita rasanya meresap dengan sempurna. Terdapat dua varian resep ayam betutu, yaitu Ayam Betutu yang direbus (betutu basah) dan ada juga yang dipanggang (betutu kering) khas daerah Gilimanuk.

Lawar

Lawar

Lawar merupakan teman setia untuk lauk pauk khas Bali. Terbuat dari beberapa sayur seperti nangka, kacang panjang,serta parutan kelapa. Semua nya ini kemudian dicampur dengan berbagai bumbu khas Bali.

Terdapat beragam jenis lawar, tergantung isinya. Ada lawar kuwir yang isinya daging entog, lawar ayam, dan lawar babi. Lawar merah memiliki warna merah karena ada campuran darah daging yang berguna untuk menambah rasa gurih. Sementara lawar putih tidak menggunakan darah melainkan menggunakan santan.

Sate Lilit

sate lilit khas bali, makanan khas bali paling terkenal

Sate yang satu ini terdiri dari daging ikan atau ayam yang digiling dan dicampur dengan kelapa parut. Sate ini dalam penyajiannya dililit pada sebatang bambu atau terkadang juga menggunakan tangkai sereh yang memiliki tekstur tebal. Makanan khas bali ini menjadi teman nasi campur bali yang sudah sangat terkenal. Namun tidak jarang juga disantap bersama sambal matah khas bali yang nikmat.

Babi Guling

nasi babi guling

Kuliner satu ini termasuk paling populer. Babi akan dipanggang secara utuh dan digulingkan diatas arang batok kelapa yang meyala selama 2 jam. Dulunya babi guling sering dijadikan makanan khas saat ada pesta besar seperti kawinan, potong gigi ataupun ngaben di Bali.

Srombotan

serombotan

Srombotan atau juga biasa ditulis Serombotan berasal dari daerah Klungkung. Makanan khas Bali ini terdiri dari berbagai smacam ayuran yang direbus setengah matang. Sayuran yang digunakan biasanya adalah kelapa parut, terong bulat, bayam, kangkung, kecambah ataupun kacang panjang. Sayuran ini kemudian disangrai dan diberikan pare. Sebagai penyempurna rasa akan diberikan sambal encer pedas yang menggugah selera.

Bebek Betutu

Bebek Betutu, makanan khas bali paling terkenal

Salah satu makanan khas yang mesti Anda coba ketika berlibut ke Bali. Berbeda dengan cara masak ayam, khusus satu ini bahkan proses memasak bebeknya bisa hingga 24 jam. Bebek Betutu juga menggunakan bumbu Betutu yang dilumuri di dalam dan di luar  bebek utuh.

Sate Plecing

Sate Plecing

Sate yang dilumuri bumbu sambal plecing pastinya semakin membuat rasa hingga aroma semakin menggiurkan. Bumbu tersebut klop sekali berpadu dengan rasa char atau gosong pada daging ayam atau babi pada sate ini. Makanan ini menjadi favorit para wisatawan yang datang ke Bali karena memiliki rasa yang sangat khas.

Tipat Blayag

Tipat Blayag

Tipat Blayag berasal dari kata tipat yang dalam bahasa bali berarti ketupat. Dalam sajiannya, tipat blayag berisikan lawar, ayam suwir, telur dan sambah dengan tambahan kuah santan gurih dan manis. Tipat Blayag adalah makanan khas Bali yang berasal daerah Buleleng (Singaraja). Namun karena kepopulerannya, kuliner ini sekarang sudah bisa ditemukan di banyak tempat di Bali.

Nasi Sela

Nasi Sela

Menurut sejarahnya, Nasi Sela berasal dari Karangasem ini muncul pada tahun 1970-an. Ketika daerah tersebut mengalami kesulitan ekonomi, masyarakat setempat mencampurkan cacahan sela (ketela) dan ubi jalar untuk menggantikan kekurangan nasi di tengah masa krisis dan hingga kini bertahan sebagai makanan khas Bali bagian timur.

Terdapat campuran jukut (sayur) bejek, ada juga grago (udang kecil), kacang tanah, bumu kalas (santan, daging, dan basa gede), sambal bongkot, dan ayam betutu suwir, lalu disajikan dengan tambahan sambal matah yang pasti bikin ketagihan.

Tipat Cantok

Tipat Cantok

Tipat dengan topping berbagai macam sayuran rebus, seperti kangkung, tauge dan kacang panjang dengan tambahan tahu goreng, dan diberikan campuran bumbu kacang dengan taburan kacang tanah goreng serta bawang. Makanan dengan rasa yang khas ini sangat mudah di berbagai penjuru pulau Bali.


Nah Guys, itulah beberapa makanan khas Bali yang patut dicoba jika Anda sedang berada di sana ataupun sedang membuat daftar makanan yang ingin dicoba nantinya. Kalau kamu ke Bali, jangan lupa juga ke Lombok karena ada sangat banyak destinasi wisata di sana yang oke banget. Kamu sudah kemana saja liburan ini?