MotoGP Indonesia di Mandalika Ditunda Hingga 2022

Artikel ini terakhir di perbaharui April 14, 2021 by Yoko Widito
MotoGP Indonesia di Mandalika Ditunda Hingga 2022

Pemerintah berharap dapat memaksimalkan persiapan untuk Grand Prix MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pandemi COVID-19 membuat debut Indonesia di gelaran MotoGP harus ditunda hingga tahun 2022

Keputusan penundaan diumumkan pekan lalu, setelah perwakilan dari International Motorcycling Federation (FIM), Dorna Sports, dan ofisial Indonesia setuju menggunakan Mandalika International Street Circuit untuk paruh pertama musim balap 2022, yang dijadwalkan pada Maret.

“Saya mendukung penuh ajang MotoGP yang akan digelar pada Maret 2022. Hal ini sejalan dengan program akselerasi nasional vaksinasi pemerintah Indonesia. Kami ingin menjamin keselamatan pengunjung domestik dan internasional, ”kata Menteri BUMN, Erick Thohir

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyikapi penundaan ini untuk memberi Indonesia lebih banyak waktu untuk persiapan dan promosi. Ajang MotoGP awalnya dijadwalkan berlangsung pada November tahun ini.

“Ini kesempatan kami untuk memaksimalkan persiapan, dan menguji sirkuit. Jadi kita bisa benar-benar siap sepenuhnya, ”kata Sandiaga.

Selama kunjungan mereka ke Sirkuit Mandalika, perwakilan FIM dan Dorna Sports mengatakan mereka terkesan dengan perkembangan proyek sejauh ini serta standar keselamatan yang diterapkan.

“Kunjungan ke Lombok sangat sukses dan kami dapat memastikan bahwa Sirkuit Jalanan Internasional Mandalika akan menjadi salah satu tempat terpenting dalam kalender di masa depan,” kata CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta.

Debut Indonesia di MotoGP resmi ditunda hingga 2022, namun semua pihak optimis dapat menyelenggarakan event dunia ini dengan lebih maksimal. Kita tunggu saja gebrakan pemerintah terutama Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk memaksimalkan event ini.

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.