Destinasi Wisata di Lombok yang Wajib didatangi

Artikel ini terakhir di perbaharui November 1, 2020 by Yoko Widito
Destinasi Wisata di Lombok yang Wajib didatangi

Menjadikan Lombok sebagai destinasi wisata liburan nantinya pasti tidak akan mengecewakan. Lombok adalah destinasi wisata paling populer di Indonesia selain Bali. Ada sangat banyak pantai menawan yang tidak kalah dengan Bali. Sebelum bersiap-siap kesana, alangkah baiknya untuk sedikit mengulas apa saja tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi.

Pantai Senggigi

pantai senggigi

Wisata pantai yang satu ini letaknya tidak jauh dari gili trawangan gili meno dan gili air yang merupakan tiga lokasi paling terkenal di Lombok. kamu akan disuguhkan pemkamungan menyejukan dari Pantai Senggigi yang memiliki pasir lembut serta air biru kehijauan yang cukup jernih. Pantainya yang dangkal serta formasi terumbu karangnya yang unik membuatnya populer untuk snorkeling.

Pantai Pink

Pantai Tangsi atau pantai pink

Ingin melihat pasir pantai yang cantik? Wisata pantai Tangsi yang lokasinya berada di Lombok Timur ternyata memiliki keunikan berupa pasir warna merah muda, sehingga sering juga disebut Pantai Pink. Kalau kamu ingin mendatangi lokasi ini bisa dengan berkendara sekitar 2 km dari Mataram. Nanti kamu akan menemukan sebuah papan penunjuk jalan dengan tulisan “pantai pink 50m”. kamu juga dapat menyewa kapal dari Pelabuhan Tanjung Luar yang menuju area tempat pantai ini berada.

Pantai Kuta

pantai kuta lombok

Meski namanya sama dengan pantai yang ada di Bali, Pantai Kuta yang berada di Lombok tentu dengan keunikannya sendiri. Lokasinya terletak di di desa kuta di lombok tengah, pantai yang sangat indah ini sering dijadikan destinasi wisata pertama bagi wisatawan yang baru mendarat di bkamura internasional lombok

Kamu bisa menemukan pantai dengan pasir yang sangat lembut ditambah dengan desiran ombak yang sangat cocok untuk berselancar. Selain itu tempat ini memiliki pemkamungan bawah laut yang sangat indah. kamu dapat melakukan kegiatan seperti snorkeling, berselancar (untuk pemula hingga tingkat menengah), menyewa perahu, berenang hingga melihat matahari terbenam.

Pantai Tanjung Aan

Wisata pantai tanjung aan lombok

Pantai Tanjung Aan lokasinya cukup dekat dengan Pantai Kuta dan Selong Belanak, sehingga kamu dapat mengunjungi ketiganya sekaligus dalam sehari. Pantai yang satu ini juga masih bersih dan menawarkan ombak lembut dan karakteristik pasirnya mirip butiran merica. Terdapat beberapa tonjolan bebatuan dan formasi karang, namun secara keseluruhan, pantai ini cukup ramah pengunjung dan cocok untuk peselancar pemula.

Gili Air, Gili Trawangan, Gili Meno

Gili Air, Gili Trawangan, Gili Meno

Lombok terkenal dengan area wisata pulau-pulau kecil atau disebut gili di area lepas pantainya. Ada tiga gili yang paling terkenal yaitu Gili Air, Trawangan dan Meno. Ketiga gili ini lokasinya cukup berdekatan, jadi tidak jarang para wisatawan berwisata di ketiga lokasi ini dengan cukup mudah dan cepat. Gili Trawangan merupakan gili terbesar, sedangkan Gili Meno adalah yang paling sepi sekaligus asri, cocok untuk menyegarkan pikiran. Selain itu, Gili Trawangan memiliki banyak pilihan resort, baik yang sederhana maupun mahal.

Bukit Pergasingan

wisata bukit pergasingan lombok

Bukit Pergasingan berlokasi di area Sembalun, Lombok Timur. Destinasi wisata ini adalah lokasi populer untuk menikmati pemandangan dari ketinggian Lombok tanpa harus melewati pendakian yang berat seperti pada Gunung Rinjani.kamu akan disuguhkan dengan pemkamungan hutan yang penuh dengan sawah dan desa serta gunung rinjani yang tampak dari kejauhan. Bukit pergasingan juga menawarkan spot yang sangat sempurna untuk menikmati sunset dan sunrise. Selain itu, berbagai fasilitas untuk petualangan, seperti misalnya paralayang dan sepeda gunung juga disediakan.

Air Terjun Kelep

Air Terjun Kelep

Lombok juga memiliki keindahan air terjun salah satuny adalah Tiu Kelep. Tempat wisata ini terletak di kaki gunung Rinjani, atau tepatnya di desa senaru yang jaraknya sekitar 60 km dari Mataram. Air terjun kelep tergolong cukup asri serta tingginya sekitar 45 meter. Keasriannya semakin bertambak karena dikelilingi oleh pepohonan serta hutan yang berakhir di sebuah kolam sejuk. Udara yang segar akan membuat pikiran terasa terjernihkan dan menghilangkan stress. Selain itu, kolam dingin di bawah air terjun dapat dijadikan tempat berenang.

Gunung Rinjani

wisata gunung rinjani lombok

Siapa yang tak kenal dengan Gunung Rinjani. Gunung ini termasuk salah satu dari tujuh puncak tertinggi di Indonesia (Seven Summits) dan statusnya merupakan taman nasional. Gunung ini sangat populer sebagai area pendakian sepanjang bulan Juni, Juli, dan Agustus. Danau segara anak adalah salah satu panorama yang sangat terkenal di Rinjani. kamu bisa juga berkemah atau memancing di area yang terletak di sekitar danau ini.

Nah guys, itulah lokasi wisata yang perlu kamu kunjungi ketika berada di Lombok. Kalau kamu suka dengan wisata alam, kamu juga bisa menuju pangkal pinang yang ulasannya sudah kami bahas di artikel ini dan tips backpakeran kesana. Mana saja lokasi yang ingin kamu datangi?

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.