Menteng: Sejarah, Hotel, hingga Cafe Nongkrong

Artikel ini terakhir di perbaharui February 8, 2021 by Rinaldi Syahran
Menteng: Sejarah, Hotel, hingga Cafe Nongkrong

Kawasan Menteng, Jakarta Pusat memiliki banyak cerita karena punya sejarah panjang yang mudah diceritakan dengan tegas oleh banyak orang di dalam negeri. Selain menyimpan banyak cerita, di kawasan satu ini, Anda bisa menemui banyak lokasi yang tepat untuk dijadikan sebagai daerah tongkrongan dan tempat menginap. Berikut ini merupakan kumpulan informasi yang telah KabarWisata kumpulkan mengenai jalan dan kawasan yang berlokasi di Jakarta Pusat ini, mulai dari sejarahnya, hotel, hingga cafe nongkrong.

Sejarah Menteng

sejarah menteng

Banyak orang yang berbondong-bondong untuk pergi ke kota Jakarta untuk mengadu nasib karena akses di Jakarta cukup mudah. Namun perlu diketahui kisah masa lalu dari salah satu daerah di Jakarta yaitu Menteng. Daerah ini merupakan area yang sangat strategis dan terkenal sebagai kawasan elit.

Banyak sekali pejabat yang tinggal di daerah ini, bahkan mantan presiden Amerika Serikat yaitu Barack Obama pernah tinggal di daerah ini. Pada masa kolonial, kawasan ini merupakan daerah yang tidak terkenal dan sering disebut sebagai tempat binatang buas bermukim. Daerah ini disebut Menteng karena daerahnya banyak ditumbuhi pohon buah Menteng yang khas Indonesia. Daerah ini akhirnya dibuka untuk umum pada tahun 1810 yang membuatnya mulai ramai.

Dulu tempat ini digunakan sebagai perumahan untuk pegawai pemerintah Hindia Belanda. Arsitek dari Belanda dikerahkan untuk membangun villa di Batavia yang pertama. Saat masih berkembang, area ini memiliki beberapa nama lainnya seperti Menteng Atas, Menteng Dalam, dan Menteng Pulo. Ada juga beberapa daerah lainnya yang akhirnya masuk ke bagian Jakarta Selatan.

Daerah ini merupakan kawasan bekas partikelir dari Menteng dan juga Gondangdia. Lalu tanah tersebut dibeli oleh pemerintah Hindia Belanda dan digunakan sebagai permukiman kawasan elit secara terus-menerus hingga sekarang. Daerah ini awalnya dikonsepkan untuk dibentuk dan tergabung bersama kawasan lainnya. Area ini dianggap sebagai kawasan yang cocok untuk digunakan sebagai pemukiman.

Daerah ini akhirnya ditambah dengan jalan dan juga taman-taman yang mengikuti gaya lokal tetapi dengan cita rasa Eropa. Rumah yang dibangun di sana memiliki tiang yang tinggi, jendela yang besar, dan sistem ventilasi yang baik. Sekolah dan bioskop juga dibangun di kawasan ini. Kawasan ini merupakan kawasan yang sangat disukai oleh pribumi kalangan menengah ke atas.

Banyak jenis rumah yang bisa ditemukan di daerah Jakarta Pusat ini. Dari mulai gaya eropa hingga gaya Indonesia bisa ditemukan di kawasan Jakarta Pusat ini. Di daerah ini juga terdapat Gedung Boplo yang pernah dialihfungsikan oleh angkatan laut Jepang sebagai pos pembantu. Gedung ini juga sering dimanfaatkan sebagai berbagai hal lainnya hingga saat ini menjadi Masjid Cut Meutia. 

Hotel Terbaik di Menteng

Mengunjungi kawasan Menteng, Jakarta Pusat, tidak ada salahnya digunakan sebagai ajang mencari hotel yang tempat untuk menginap ketika berkunjung ke DKI Jakarta. Di jalan ini terdapat beberapa hotel yang dikategorikan sebagai yang terbaik. Daftar hotel yang dimaksud mulai dari Artotel Thamrin, The Akmani, hingga Arian Hotel. Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap tentang penginapan yang dimaksud!

Artotel Thamrin – Jakarta

Artotel Thamrin - Jakarta

Rating yang diberikan pengunjung hotel ini adalah 8,3 yang berarti sangat baik. Hotel ini terletak di Jl. Sunda No. 2. Lokasinya yang strategis membuatnya cukup dekat untuk menjangkau banyak tempat menarik di sekitar Jakarta Pusat. Setiap kamar dilengkapi dengan AC, TV bersatelit, dan iPod dock. Kamu bisa mendapatkan akses wi-fi gratis jika menginap di hotel ini. Ada juga fasilitias spa dan pusat kesehatan yang bisa kamu manfaatkan saat menginap. Untuk harganya berada di kisaran Rp450.000.

The Akmani

The Akmani

Hotel di kawasan Menteng yang satu ini berada di Jl. KH Wahid Hasyim 91. Ratingnya adalah 7,6. Penginapan yang satu ini mengambil tema modern sehingga kamu akan merasa nyaman menginap disini. Di kamar kamu akan mendapat akses untuk kulkas, AC, dan TV. Ada juga kolam renang yang terdapat di dalam hotel. Spa dan pusat kebugaran juga bisa kamu akses jika menginap di hotel ini. Berbagai jasa juga bisa kamu dapatkan seperti laundry dan akses antar-jemput bandara. Kisaran harga untuk hotel ini adalah mulai dari Rp500.000.

Ashley Jakarta Wahid Hasyim

Ashley Jakarta Wahid Hasyim

Hotel yang ini merupakan hotel yang terletak di Jalan K.H. Wahid Hasyim No. 73-75. Tidak perlu ragu dengan kualitasnya karena rating untuk hotel ini adalah 8,4. Karena terletak di bagian strategis, kamu bisa dengan mudah mengakses banyak tempat menarik di sekitar Menteng. Tempat kuliner yang lezat bisa dengan mudah kamu hinggapi jika menginap di hotel ini. Kamu bisa membayar mulai dari Rp400.000 jika ingin menginap di hotel ini.

AONE Hotel

AONE Hotel

Hotel di kawasan Menteng yang satu ini terletak di Jalan Wahid Hasyim nomor 80. Rating yang diberikan pengunjung ke hotel ini adalah 8,3. Di hotel ini kamu bisa mendapatkan fasilitas kolam renang, pusat kebugaran, dan wi-fi di setiap bagian hotel. Kamu juga bisa mendapatkan pendingin ruangan dan televisi layar datar di dalam kamar. Setiap kamarnya terdapat kamar mandi pribadi dengan sandal dan perlengkapan mandi. Kamu juga bisa memesan mobil sewaan serta layanan antar jemput bandara jika kamu menginap di hotel ini. Kisaran harga untuk menginap di hotel ini adalah Rp500.000.

Ashley Sabang Jakarta

Ashley Sabang Jakarta

Hotel ini terletak di Jalan Haji Agus Salim Nomor 22 AB. Kamu sangat direkomendasikan untuk menginap di hotel ini karena rating yang diberikan pengunjung ke hotel ini adalah 8,5. Akomodasi ini menyediakan restoran, parkir pribadi gratis, dan layanan antar jemput bandara saat menginap di hotel ini. Kamu juga akan sangat dekat untuk mengakses daerah-daerah yang wajib kamu kunjungi di kota Jakarta. Kisaran harga yang perlu kamu bayar untuk menginap di hotel ini adalah mulai dari Rp400.000. 

Ibis Jakarta Tamarin

ibis Tamarin

Hotel yang terletak di Jalan Kyai Haji Wahid Hasyim nomor 77 memiliki rating 7,4. Kamu bisa mendapatkan akomodasi yang memiliki kolam renang luar ruangan, spa, dan kamar yang memiliki tv kabel. Ada juga tempat parkir gratis untuk kamu yang membawa kendaraan. Dekorasi kamarnya menggunakan gaya modern yang memiliki jendela besar. Kamu juga bisa menikmati fasilitas pijat tubuh dan bersantai di sauna. Kisaran harga yang perlu kamu bayar saat menginap di hotel ini adalah mulai dari Rp350.000 per malam.

Hotel Des Indes

Hotel Des Indes

Hotel ini merupakan salah satu hotel yang memiliki rating paling baik yaitu 8,7. Hotel yang terletak di HOS Cokroaminoto 84, ini Memiliki jarak yang sangat dekat dengan banyak lokasi wisata di Jakarta hotel ini menawarkan restoran, parkir pribadi, bar, dan taman. Ada juga layanan kamar dan wi-fi gratis saat menginap di hotel ini. Berbagai perlengkapan mandi lainnya juga bisa kamu dapatkan saat menginap di hotel ini. Kamu akan mendapat sarapan gratis berbentuk prasmanan. Kisaran harga saat menginap di hotel ini adalah mulai dari Rp400.000.

Stanley Wahid Hasyim

Stanley Wahid Hasyim

Hotel ini berada di Jalan Kyai Wahid Hasyim No 65. Rating untuk hotel ini adalah 8,6 jadi tidak kalah hebatnya dengan hotel sebelumnya. Di hotel ini kamu bisa mendapatkan akomodasi yang sangat dekat dengan tempat-tempat bersejarah di Jakarta. Kamu juga bisa mendapatkan layanan resepsionis 24 jam, layanan pramutamu, dan penitipan koper. Semua kamar memiliki pendingin ruangan dan juga lemari pakaian. Kisaran harga yang perlu kamu bayar adalah Rp350.000.

Ibis Jakarta Arcadia

ibis Jakarta Arcadia

Hotel ini berada di Jalan Kyai Haji Wahid Hasyim nomor 114. Rating untuk hotel ini adalah 7,7 dengan fasilitas pendingin ruangan di kamarnya dan restoran di dalam hotel. Kamu bisa mendapatkan hotel dengan lokasi strategis di jantung Kota Jakarta. Sarapan prasmanan bisa kamu dapatkan setiap hari saat menginap di hotel ini. Ada juga layanan penukaran mata uang jika kamu adalah wisatawan asing. Kisaran harga yang perlu kamu bayar saat menginap di hotel ini adalah Rp450.000. 

Erian Hotel

Erian Hotel

Hotel yang satu ini terletak di Jalan Wahid Hasyim nomor 45. Rating yang didapatkan oleh Hotel ini sangat tinggi yaitu 8,9. Kamu bisa mendapatkan fasilitas ATM dan layanan pramutamu saat menginap di hotel ini. Sarapan prasmanan juga bisa kamu dapatkan saat menginap di hotel ini. Meskipun Erian Hotel adalah hotel bintang 3, fasilitas dan layanan yang diberikan tidak main-main. Untuk mendapatkan fasilitas dan layanan tersebut kamu perlu membayar mulai dari Rp350.000 per malamnya.

Cafe Tempat Nongkrong

Jalan Menteng, Jakarta Pusat tidak lepas dari yang namanya tempat tongkrongan. Di daerah ini terdapat banyak cafe yang bisa Anda pilih untuk bercengkrama dengan teman-teman. Banyak konsep yang ditawarkan oleh para pemilik tempat makan di area jalan ini mulai dari nongkrong sambil meracik kopi sendiri, hingga konsep toko kue yang menyajikan berbagai penganan manis bercitarasa tinggi. Berikut ini penjelasan lebih lanjutnya!

Giyanti 

Giyanti Coffee Roastery

Giyanti Coffee Roastery merupakan tempat yang sangat cocok untuk kamu datangi jika kamu tertarik dengan kopi racikan sendiri. Suasana yang sendiri sangatlah nyaman dan sejuk sehingga kamu bisa nyaman untuk ngopi di sini. Cafe ini terletak di Jalan Surabaya Nomor 20. Menunya sendiri sangatlah lengkap sehingga kamu tidak perlu takut untuk tidak mendapatkan apa yang kamu mau. Ada juga berbagai kue lainnya yang disediakan di cafe ini sebagai teman ngopi kamu. 

Menteng Hawkers

Menteng Hawkers

Jika kamu adalah pecinta kuliner maka kamu sangat wajib untuk datang ke tempat di kawasan Menteng ini. Kamu bisa menikmati berbagai jenis makanan dan minuman dengan rasa yang sangat lezat. Ada 13 tempat makanan yang bisa kamu pilih dengan pilihan makanan mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Bahkan untuk bersantai saja kamu juga sangat bisa datang ke tempat ini. Ada menu andalan yaitu bakmi karet seberat 1 kg yang bisa kamu coba jika kamu kuat memakannya.

Pigeon Hole Coffee

Pigeon Hole Coffee

Cafe yang satu ini merupakan cafe yang sangat cocok untuk kamu gunakan berfoto-foto bersama teman kamu. Cafe ini terletak di Jalan Teuku Cik Ditiro Nomor 36. Tempatnya sangatlah nyaman untuk kamu gunakan berkumpul sama teman-teman kamu. Meski tempatnya tidak terlalu luas tetapi kamu bisa mendapatkan suasana yang sangat nyaman. Ada berbagai pilihan kopi yang bisa kamu pilih, hingga menu yang bukan kopi sekalipun kamu dapatkan.

Exquise Patisserie

Exquise Patisserie

Cafe ini berada di Jalan HOS Cokroaminoto yang lebih tepatnya lagi di dalam Rumah Cokro. Kamu bisa mendapatkan berbagai hidangan menarik yang berupa kue. Pemandangan taman bunga di sini pun juga sangat menarik dan kamu pasti akan sangat berkah berada di sini lama-lama. Menu andalannya adalah kue yang terbuat dari coklat Belgia. Ada juga menu sup, pasta, dan hidangan menarik lainnya bisa kamu dapatkan disini. Untuk satu porsi minuman dan kue bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp100.000.

Upnormal Coffee Roaster

Upnormal Coffee Roaster

Warunk Upnormal ini memiliki konsep baru yaitu kedai kopi yang sekarang terletak di Jalan Kyai Haji Wahid Hasyim Nomor 79-81. Seperti yang kita ketahui Warunk Upnormal selalu memberikan tempat yang luas dengan parkir yang juga sangat luas. Suasana Warunk Upnormal yang bersahabat juga bisa kamu temukan di kedai kopi ini. Menu-menu yang biasa kamu temukan di Warunk Upnormal juga bisa kamu temukan di cafe ini.

Berrywell

Berrywell, Menteng

Tempat ini merupakan tempat yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Cafe yang satu ini menyajikan makanan sehat dengan harga yang terjangkau. Kamu perlu mencoba makanan andalannya yaitu Berrywell Signature. Terdiri dari buah-buahan dengan tekstur creamy. Ada juga makanan lainnya seperti martabak, salmon, dan makanan sehat lainnya. Untuk kamu yang pecinta makanan sehat kamu sangat wajib untuk datang ke tempat ini. 

Brownbag

Brownbag, Menteng

Cafe yang satu ini terkenal dengan sandwich-nya yang enak. Kamu akan ketagihan jika sudah mencoba sekali sandwich yang ada di kafe ini. Porsi Sandwich yang akan kamu dapatkan di cafe ini sangatlah besar sehingga kamu akan kenyang. Isinya mulai dari daging sapi, daging ayam, serta sayuran-sayuran. Ada juga chips sebagai makanan pendamping. Bukan hanya kopi kamu juga bisa menikmati es coklat yang sangat lezat di sini. Lokasi dari cafe ini terletak di Menteng Central lantai G. 

Saudagar Kopi

Saudagar Kopi, Menteng

Saudagar Kopi merupakan kedai kopi yang menyajikan makanan Indonesia. Kamu bisa makan nasi kuning bersama kopi lengkap dengan lauk pauk khas Indonesia. Rasanya pun juga sangat lezat. Menu signaturenya adalah Es Kopi Kocok Rum yang tidak akan bisa kamu temukan di tempat lain. Sensasinya sendiri sangatlah berbeda dengan kebanyakan es kopi lainya. Kedai kopi ini terletak di Jl. H. Agus Salim No. 26F.

BangiKopi

BangiKopi, Menteng

Jika kamu ingin ngopi tapi juga sekalian ingin makan berat, kamu sangat bisa untuk berkunjung ke Bangikopi. Hal itu karena kedai kopi satu ini menyediakan makanan khas Indonesia dengan berbagai menu kopi yang bervariasi. Menu yang paling terkenal adala kwetiau goreng. Rasanya sudah tidak perlu kamu ragukan lagi karena banyak orang yang terpukau dengan rasanya. Kamu juga bisa menikmati dessert seperti Malacca Portugese Toast yang terkenal cocok dengan Teh Tarik. Kedai kopi ini terletak di Gedung 57, Lantai G, Jl. H. Agus Salim No. 57.

Woollomooloo

Woollomooloo, Menteng

Kedai kopi ini bisa kamu temukan di MNC Tower. Kamu sangat wajib berkunjung ke tempat ini karena sajian makanannya yang sangat menarik. Menu andalan mereka sendiri adalah Beef with 3 Ways yang mengombinasikan 3 jenis daging dalam satu piring. Jika kamu tidak ingin makan berat, kamu bisa mencoba Roti Bakar Cokelat Pisang Keju. Untuk berkunjung ke kedai kopi ini kamu bisa datang ke MNC Tower yang ada di Kemang.

Liberica

Liberica, Menteng

Liberica merupakan tempat yang memiliki berbagai jenis menu sarapan. Jika ingin makan dengan porsi yang lengkap maka kamu bisa memilih Big Breakfast yang terdiri dari telor ceplok, sosis, sayuran, dan kentang. Ada juga latte yang terkenal sangat enak di sini. Kamu akan sulit untuk melupakan rasanya jika sudah pernah mencicipinya. Liberica terletak di Plaza Menteng, Lantai G.

Chicory European Patisserie

Chicory European Patisserie, Menteng

Cafe di kawasan Menteng yang terakhir dibahas adalah Chicory. Meski tempatnya bukan tempat yang mungil, kamu tetap bisa merasa nyaman untuk nongkrong disini bersama teman kamu. Ada sangat banyak varian kue yang bisa kamu cicipi disini. Ada juga Brescaola Sandwich yang terkenal lezat dari Chicory. Sajian ini berisi roasted peppers, arugula, juga ricotta. Cafe ini terletak di Jl. Sumenep No.9.

Demikian pembahasan mengenai objek rekreasi Jalan Menteng, Jakarta Pusat. Jangan lupa untuk terus mencari info wisata terbaik mengenai area jalan populer dan juga destinasi wisata kuliner di Jakarta hanya di KabarWisata. Oh iya, Kami juga berpartner dengan Qoala yang menyajikan berbagai produk dan informasi asuransi dan termasuk traveling. Anda bisa cek info dan produknya di Blog Qoala.

Rinaldi Syahran
Gamer addict yang mendikasikan hidupnya untuk menulis. Comeback is real!