5 Destinasi Pilihan Wisata Kuliner di Jakarta

Jakarta tidak hanya terkenal dengan gedung gedung tingginya saja, kamu juga bisa loh wisata kuliner di beberapa tempat kuliner lezat ini

Artikel ini terakhir di perbaharui November 1, 2020 by Rinaldi Syahran
5 Destinasi Pilihan Wisata Kuliner di Jakarta
Wisata Kuliner di Jakarta

Bukan hanya bangunan dan monumen saja yang menjadi penanda dari Provinsi DKI Jakarta sebagai kota metropolitan. Aneka kuliner lezat dan nikmat juga menjadi ciri khas dari Ibu Kota Negara Indonesia ini yang beragam. Sebagai salah satu tempat dengan keberagaman yang tinggi, Jakarta menawarkan berbagai tempat kuliner nikmat yang menyajikan makanan khas dari seluruh pelosok Indonesia dari sabang sampai merauke. Beragam sajian kuliner tersebut di antaranya dapat ditemukan di 5 tempat wisata kuliner di Jakarta di bawah ini

Gado-Gado Cemara

Gado-Gado Cemara
Wisata Kuliner di Jakarta

Mengusung makanan khas Indonesia, Gado-Gado Cemara merupakan salah satu tempat kuliner di Jakarta yang wajib Anda datangi. Salah satu warung gado-gado favorit yang ada di Jakarta adalah Gado-Gado Cemara yang ada di Tanah Abang yang banyak dikunjungi. Tempat kuliner Jakarta yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1947 dan kini dikelola oleh generasi ketiga saat ini. Rahasia kelezatan dari Gado-Gado Cemara ada pada bumbu kacangnya yang terasa gurih dan nagih banget.

Bumbunya juga tidak terlalu kental karena menggunakan kacang tanah sebagai bahan utama bumbunya dengan campuran sedikit kacang mete sebagai penguat rasa dan aroma yang sedap. Kelezatan bumbu kacang tersebut dipadu dengan sayur-sayuran yang direbus dengan tingkat kematangan yang sesuai jadi tidak terlalu lembek.

Lokasi: 

JL. Tanah Abang V No. 36, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Soto Padang H. St. Mangkuto

Wisata Kuliner Soto Padang H. St. Mangkuto Jakarta
Wisata Kuliner di Jakarta

Dari dulu, kuliner khas minangkabau memang sudah terkenal kelezatannya sebagai tempat makan yang wajib dicoba. Selain rendang, sambal balado, dan gulai pakis, masakan minang yang juga tidak kalah nikmat adalah soto padang yang khas kuahnya. Orang-orang di luar masyarakat minang biasa menyebutnya dengan nama soto Padang dan kedai soto Padang yang terkenal di Jakarta adalah Soto Padang H. St. Mangkuto.

Soto padang yang merupakan tempat wisata kuliner Jakarta favorit ini biasanya disajikan dalam mangkok kecil yang bersisi sohun, irisan daging sapi yang digoreng kering, perkedal kentang, dan taburan daun bawang yang disiram dengan kuah bening yang segar yang wajib banget Anda coba. Jika rasanya masih kurang mantap, Anda bisa mencampurkan sambal ke dalam soto agar terasa lebih pedas dan nikmat.

Lokasi: 

JL. Pintu Air Raya No. 26, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Bubur Kwang Tung

Wisata Kuliner Bubur Kwang Tung Jakarta
Wisata Kuliner di Jakarta

Daerah Pecenongan memang merupakan tempat Kuliner di Jakarta yang banyak dikunjungi. Terdapat lusinan restoran dengan aneka menu lezat yang siap untuk dicicipi di Pecenongan. Pada pagi hingga siang hari pun kawasan Pecenongan juga terdapat banyak aneka kuliner.

Tempat makan ini menyajikan berbagai menu khas Hong Kong, seperti misalnya steamed seafood dan tentu saja bubur sebagai menu andalannya dengan aneka olahan bubur tersedia di restoran ini, mulai dari bubur ayam biasa hingga bubur ikan kerapu khas Hong Kong yang nagih. Bubur Kwang Tung buka selama 24 jam setiap hari dan halal untuk dikonsumsi.

Lokasi:

JL. Pecenongan No. 67I, Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat.

Pondok Djaja

Pondok Djaja
Wisata Kuliner di Jakarta

Kenikmatan saat bersantap tidak hanya dipengaruhi oleh kelezatan makanan saja ketika berwisata kuliner di Jakarta. Suasana dan atmosfir tempat makan yang menggugah selera juga sangat berpengaruh dalam menyantap makanan. Pondok Djaja misalnya, rumah makan yang berada di kawasan Petojo Utara, Jakarta Pusat ini memiliki suasana klasik dan otentik yang unik. Pondok Djaja ini merupakan rumah makan Padang pertama yang ada di Jakarta dan sudah berdiri sejak tahun 1969 sampai sekarang. ciri khas dari rumah makan terkenal ini yang selalu laris diburu oleh pengunjung adalah ayam goreng serundeng yang biasa dimakan dengan sambal goreng petai yang enak banget.

Lokasi: 

JL. Hasyim Asyari No. 13B, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat.

Huize Trivelli Heritage Resto & Patisserie

Wisata Kuliner Huize Trivelli Heritage Resto & Patisserie Jakarta
Wisata Kuliner di Jakarta

Konsep rumah makan unik dan menarik juga dapat ditemui di Jakarta. Salah satu restoran yang menawarkan konsep tersebut adalah Huize Trivelli Heritage Resto & Patisserie yang banyak dikunjungi. Tongkrongan ini ramai dikunjungi, bukan hanya karena gaya bangunannya saja yang unik, tetapi juga karena menu-menu yang tersaji di restoran ini nikmat.

Menu makanan yang ada di Huize Trivelli dikenal dengan menu fusion food, yang merupakan perpaduan masakan Indonesia dan Belanda dengan resep yang digunakan juga merupakan resep turun temurun warisan dari keluarga Huize Trivelli khas tempo dulu. Menu-menu yang ada di tempat kuliner Jakarta ini di antaranya adalah Trivelli Insulinde pastel, Trivelli Risoles Chicken Ragout, Trivelli Tartar Biesftuk, dan Triveli Chicken Wiener unik sekali bukan jika makan disini?

Lokasi:

JL. Ciujung No. 36, Gambir, Jakarta Pusat.

Nah guys, itulah daftar wisata kuliner di Jakarta yang wajib kamu coba, ada banyak menu yang direkomendasikan loh. Kamu sudah coba yang mana saja?

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.