17 Tempat Belanja di Bandung yang Murah dan Lengkap

Artikel ini terakhir di perbaharui December 31, 2020 by Rinaldi Syahran
17 Tempat Belanja di Bandung yang Murah dan Lengkap

Musim liburan jika tidak diisi dengan jalan-jalan atau berbelanja rasanya tidak lengkap, dan Anda bisa menemukan sangat banyak pilihan tempat belanja di Bandung dengan berbagai pilihan dan produk khas Indonesia yang menarik. Nah, dalam artikel kali ini ini, kita akan mengulas secara lengkap dimana saja tempat belanja di Bandung yang menarik. Yuk kita simak beberapa pilihan toko, pusat belanja, butik, factory outlet, distro, dan pasar yang ada!

Jalan Cibaduyut

tempat belanja di Jalan Cibaduyut bandung

Pasti Anda setuju kalau Kota Bandung yang selama ini mendapat julukan Kota Paris Van Java,  juga dikenal sebagai kota kreatif dan sekaligus menjadi surga wisata belanja bagi yang hobby belanja atau shopping terutama para wanita.

Nah, salah satu tempat yang sangat terkenal di Kota Bandung, dan siapa saja yang liburan ke Bandung pasti tidak akan melewatkan saat berbelanja di kawasan Cibaduyut, yang merupakan salah satu tempat belanja di Bandung yang sangat terkenal.

Daerah Cibaduyut memang sampai saat ini masih menjadi salah satu pusat dan kiblat produksi berbagai produk fashion dalam negeri bahkan tempat ini namanya sudah mendunia dan populer sebagai salah satu sentra kerajinan tangan atau homemade. Bahan kulit dan produksi sepatu dan tas di sini sudah diakui bisa disejajarkan dengan merk terkenal lainnya yang sudah punya nama.

Pasar Baru Bandung

tempat belanja di Pasar Baru Bandung

Satu lagi destinasi yang tidak kalah terkenalnya sebagai pusat tempat belanja di Bandung adalah Pasar Baru Bandung. Kalau Anda ke Bandung pasti tidak akan melewatkan berbelanja disana.

Pasar Baru Bandung memang menarik dan merupakan Pasar terbesar bahkan tertua di Bandung, karena lokasinya tepat di tengah kota. Sehingga selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, baik itu lantai dasar sampai ke lantai atas. 

Rata-rata para pengunjung senang berbelanja disana karena lokasinya yang mudah dijangkau dari arah mana saja, selain itu beragam produk fashion sampai oleh-oleh tersedia disana. Bisa dibeli secara eceran atau grosir jika Anda ingin jual kembali di daerah Anda. 

Pasar Baru Trade Centre Bandung, meski sudah dibangun secara modern dan makin luas, suasananya masih sangat asri dan bersih, sehingga Anda akan merasa nyaman berbelanja disana. Namun jangan keasyikan belanja ya, tetap harus memperhatikan keamanan agar tidak tertipu atau kecopetan.

Jadi kalau Anda ingin berbelanja sepuasnya dengan beragam pilihan, serta membeli oleh-oleh khas Bandung yang bervariasi, jangan lupa untuk berkunjung ke Pasar Baru Trade Centre Bandung. Selamat berbelanja.

Gasibu

tempat belanja di Gasibu bandung

Anda termasuk saya pasti setuju jika Kota Bandung memang sering dijadikan tujuan wisata, baik itu wisata kuliner, wisata alam maupun wisata surga belanja bagi kaum wanita. Nah, kalau Anda sering jalan-jalan ke Kota Bandung, pastinya merasa kurang lengkap jika belum berkunjung ke Lapangan Gasibu Bandung. 

Kalau Anda yang belum pernah ke Bandung, perlu Anda ketahui bahwa lapangan yang terletak di depan Gedung Sate Bandung ini,  bukan sekedar lapangan biasa, namun adalah tempat yang bersejarah.  Sampai saat ini lokasi Lapangan Gasibu masih menjadi pusat berbagai aktivitas masyarakat Bandung. Karena lokasinya yang lumayan strategis, membuat lapangan Gasibu sering dipakai untuk berbagai kegiatan musik, acara pemerintahan bahkan sering juga dipakai untuk acara Bazar.

Dulunya sebelum ada peraturan larangan memakai lapangan Gasibu untuk area berjualan, setiap hari minggu dan hari libur lainnya, area lapangan Gasibu, disulap menjadi pasar dadakan oleh pedagang kaki lima dan menjadi salah satu tempat belanja di Bandung yang cukup menarik atau sering juga disebut “ pasar kaget”.

Jalan Cihampelas

Jalan Cihampelas

Selain sebagai kawasan wisata daerah Cihampelas juga menjadi destinasi tempat belanja di Bandung yang legendaris. Di Cihampelas ini pengunjung tidak hanya menemukan beragam model fashion tetapi juga bisa menemukan berbagai macam aksesori. Asyiknya lagi, banyak pilihan yang ditawarkan mulai jenis hingga harga. Ada berbagai merek lokal dengan kualitas yang bagus, dari pakaian rajut hingga berbahan kulit.

Tidak hanya wisata belanja fashion dan aksesorisnya yang menarik dengan beragam pilihan, bahkan di Cihampelas banyak tempat Wisata kuliner dan oleh-oleh. Banyak sekali pilihan jajanan khas Bandung yang bisa dinikmati bersama keluarga. Jajanan pedagang kaki lima maupun kedai di dekat pertokoan. Selain itu di Teras Cihampelas pelancong bisa menikmati berbagai kuliner di antaranya siomay dan batagor. Ragam suvenir bisa menjadi pilihan untuk oleh-oleh.

Setelah puas berbelanja, dan Anda ingin santai sejenak melepas lelah, Anda bisa menyempatkan waktu berkunjung ke Teras Cihampelas. Di tempat tersebut Anda bisa bersantai di jembatan yang berada di atas Jalan Cihampelas, sambil memandangi suasana kota Bandung. Fasilitas yang ada dekat Teras Cihampelas yang memiliki panjang sekitar 450 meter dan lebar 9 meter lumayan lengkap dengan fasilitas toilet dan musala. Ada juga lift untuk pengunjung disabilitas dan lanjut usia.

Nah, kalau Anda penasaran ingin merasakan jalan-jalaan dan belanja di kawasan Cihampelas, Bandung, aksesnya cukup mudah hanya tinggal mengarahkan laju kendaraan menuju Jalan Cipaganti.

Gang Tamim

Gang Tamim

Sebagai kota yang dijuluki Paris van Java, Bandung menjadi pusat fashion di Indonesia,  otomatis menjadi pusat tempat belanja. Sehingga wajar saja jika memiliki sebuah tempat yang menjadi ikon tempat belanja.

Mungkin kalau dizaman sekarang ini, ikon pusat belanja di Bandung adalah sederatan Factory Outlet disepanjang jalan daerah pasar di Bandung. Di zaman dulu, ternyata icon pusat belanja adalah di Gang Tamin, yaitu sebuah gang kecil yang terletak dibelakang Pasar Baru, yaitu pasar tekstil yang kabarnya adalah terbesar kedua setelah Pasar Tanah Abang, jakarta. Kabarnya menurut cerita sejarah,  Gang Tamim dahulunya terkenal sebagai pusat kain dan bahan denim.

Kalau Anda kebetulan mampir ke Kota Bandung, jangan lupa mampir ke Gang Tamin, tidak sulit mencari tempat belanja di Bandung ini karena hampir semua orang di Pasar Baru tahu letaknya Gang Tamim, jadi pasti tidak akan tersasar. Untuk ke sana, kalau naik kendaraan pribadi sih mudah, bisa akses dari Jalan Jenderal Sudirman, atau Jalan Otista. Jika naik kendaraan umum bisa dengan angkot yang melewati Pasar Baru, seperti angkot jurusan Cicadas – Elang, St. Hall – Gedebage atau Damri Dago – Leuwipanjang.

Pasar Kota Kembang

Pasar Kota Kembang

Pasar yang terletak ditengah kota bandung ini, hampir sulit ditemukan karena lokasinya yang tepat berada di belakang Alun-alun, Kota Bandung. Pasar yang sudah berdiri dari tahun 1963 ini memang termasuk pasar legendaris dan sangat tradisional.

Pasar tradisional yang diberi nama Pasar Tradisional Kota Kembang ini, sampai saat ini masih menjadi tempat  belanja yang banyak diminati di Bandung. Di Pasar Kota Kembang ini, banyak menjajakan berbagai macam fashion, serta beragam model Sepatu, sandal, tas, dan baju. Tidak hanya itu, dulunya di pasar tersebut banyak yang berjualan kios-kios kain, namun saat ini setelah setelah adanya tempat lain penjual kain tersebut pun sudah banyak yang pindah.

Sejak dahulu keberadaan Pasar ini tidak pernah mati, namun sayangnya perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat, banyak sekali pelanggan atau masyarakat yang memilih berbelanja melalui online shop. Hal tersebut membuat pendapatan para pedagang pasar kembang turun drastis.

Meski tidak seramai dulu, Pasar Tradisional Kota Kembang masih tetap ada. Jika Anda penasaran dengan tempat belanja di Bandung ini, silahkan datang langsung Jalan Dalem Kaum, Nomor 17, Balonggede, Regol, Bandung.

Pasar Gedebage

Pasar Gedebage

Satu lagi pusat fashion dan tempat belanja di bandung yang sering menjadi bahan rekomendasi, tempat penjualan pakaian di Bandung yang cukup populer yaitu Pasar Cimol Gedebage, singkatan dari Cibadak Mall, Pasar Cimol–Cibadak Mall. Pasar yang sangat populer sebagai tempat untuk berburu berbagai macam variasi busana secondhand atau pakaian bekas.

Meski banyak menjual barang second, ternyata tidak hanya masyarakat biasa yang berbelanja disana, bahkan kabarnya penggemar fashion dari Artis terkenal pun tidak sedikit yang berbelanja di Pasar Cimol Gedebage ini. Bahkan banyak pula pembeli yang berasal dari luar negri seperti Malaysia karena Pasar Cimol menawarkan harga yang murah dengan kualitas barang masih bagus.

Selain itu Pasar Cimol Gedebage ini juga menjadi tempat belanja di Bandung untuk para mahasiswa, karena barang yang dijual relatif murah, dan mereka bisa mendapatkan busana yang modis sesuai style mereka. Hanya dengan budget 5 ribu rupai saja, Anda sudah bisa mendapatkan satu barang. Wow, kalau Anda bawa uang hanya 150 ribu rupiah bisa-bisa Anda kalap memilih barang yang banyak, murah dan modis.

Nah, kalau Anda penasaran dan ingin berlibur ke tempat belanja di Bandung ini, silahkan mampir ke Pasar Cimol Gedebage, lokasinya terletak di belakang Pasar Induk Gedebage, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung.

Pasar Jumat Pusdai

Pasar Jumat Pusdai

Pasti Anda sering mendengar istilah Pasar Kaget, pasar yang biasanya menjajakan berbagai kebutuhan rumah maupun jajanan. Selain itu juga menjajakan pakaian, celana, dan sepatu, baik itu barang baru ataupun bekas.

Barang-barang yang dijual disana, sangat beragam dan rata-rata produk impor, sehingga kualitas barang tidak kalah dengan kualitas barang-barang yang dijual di Outlet-outlet ternama. Namun harga yang dijual di pasar kaget Pusdai ini rata-rata sangat terjangkau.

Seperti kita ketahui jumlah pasar kaget di Bandung memang sudah tak terhitung. Salah satu pasar kaget yang sering dijumpai adalah Pasar Jumat yang terletak di sepanjang Jalan Dipenogoro hingga Jalan Pusdai dan menjadi salah satu alternatif tempat belanja di Bandung yang murah meriah. Tempat belanja di Bandung ini beroperasi sejak pukul pagi sampai sehabis waktu Shalat Jumat.

MD Plaza

MD Plaza

Sudah sejak lama Bandung mendapat julukan Kota Paris Van Java. Alasannya karena tempat belanja di Bandung dikenali sebagai surga fashion yang kaya akan model dan kreasi.

Salah satu tempat belanja di Bandung yang bisa menjadi alternatif adalah distro, yaitu tempat yang banyak menjajakan produk fashion lokal karya anak-anak Bandung sendiri. Tempat yang rekomended untuk berbelanja dan yang menjadi pusat distro adalah MD Plaza yang alamatnya di Jalan Otto Iskandar Dinata, Kelurahan Balonggede, Kecamatan Regol.

Lokasi MD Plaza sendiri berada tepat di sebelah Plaza Parahyangan, kedua tempat ini merupakan pusat perbelanjaan yang cukup ternama di kota Bandung. Selain itu karena lokasinya yang strategis membuat MD Plaza mudah dijangkau dari berbagai arah, sekitar 1,3 km dari  alun-alun kota Bandung di Jalan Asia Afrika.

Sentra Rajut

Sentra Rajut

Sudah sejak tahun 1960 an tempat belanja di Bandung ini sangat terkenal. Karena tempat ini adalah pusat produksi pakaian hangat yang berbahan rajutan. Tempat yang bernama Sentra Rajut Binong Jati Bandung ini, sering dikunjungi oleh para traveller atau pemburu pakaian hangat dari lokal atau mancanegara.

Jika Anda berkunjung kesana, jangan heran karena lokasinya yang berada didalam gang yang tidak terlalu besar, namun jaraknya tidak terlalu jauh dari perempatan jalan Ibrahim jati dan jalan kiaracondong.  Di depan jalan masuk lokasi Anda akan disambut dengan tulisan “Selamat datang di Sentra Rajutan Binong Jati”. Disana Anda kan menemukan rumah-rumah yang dijadikan home industri pakaian hangat rajutan, baik itu syal,  sweater, jaket, maupun Cardigan.

Meski karya homemade, namun hasil produksinya tidak kalah dengan barang branded lainnya, dan untuk harganya kisaran antara 50 ribu rupiah sampai 100 ribu rupiah, cukup murah kan ?

Pasar Palasari

Pasar Palasari

Bandung tidak hanya identik dengan beragam produk fashion ternama di Indonesia, bagi yang hobi baca buku dan suka sekali mencari buku terbitan lama ternyata disana ada pasar khusus  penjualan buku yaitu pasar Palasari. Lokasi ini menjadi tempat belanja di Bandung yang memiliki koleksi buku yang cukup lengkap.

Para pembeli yang datang tidak hanya warga Bandung, tetapi juga orang-orang dari berbagai daerah lainnya, bahkan luar negeri. Tidak hanya menawarkan harga buku-buku yang lebih murah saja, tetapi juga memiliki koleksi yang lengkap dari bermacam bidang, agama bahkan sampai ilmu pengetahuan. Tidak hanya itu buku-buku fiksi seperti novel dan komik juga bisa ditemukan di sini.

Meskipun buku-buku yang ada disana tidak semuanya baru,  ternyata buku-buku bekas dan terbitan lama juga menjadi incaran pembeli yang datang.

Jalan Dago

Jalan Dago

Jika Anda sering ke kota Bandung pasti tahu Jalan Ir. H. Juanda atau yang lebih dikenal dengan nama Jalan Dago. Tempat yang menjadi ikon terkenal dari kota Bandung. Bagaimana tidak, kawasan ini memang sangat nyaman untuk jalan-jalan santai karena memiliki penataan taman yang asri dan rapi dengan sederetan pohon rindang disisi jalannya.

Selain itu Jalan Dago terkenal sebagai tempat belanja di Bandung, karena ada berbagai macam factory outlet. Selain itu ada restoran, kafe, dan hotel, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum lainnya, seperti rumah sakit, bank dan money changer, mini market, apotek, dan perguruan tinggi.

Oleh karena itu kawasan Dago ini atau Jalan Ir. H. Juanda ini juga menjadi kawasan ‘one stop holiday’ dan sering diburu oleh para wisatawan dari Jakarta, maupun para wisatawan dari luar negeri.

Pada hari libur dan saat akhir pekan, tempat belanja di Bandung ini, biasanya ramai oleh para anak muda. Disana Anda bisa melihat berbagai kios makanan yang menjual pisang dan jagung bakar, komunitas sepeda motor yang hang out di pinggir-pinggir jalan, sekelompok anak muda atau bahkan terkadang artis terkenal juga ikut mengamen di lampu-lampu merah Jalan Dago.

Gang Nata

Gang Nata

Jika Anda suka wisata shopping, terutama aneka barang produk fashion seperti sepatu, baju, tas, celana jeans, jacket dan lainnya. Tidak ada salahnya mampir ke salah satu tempat belanja di Bandung yang sangat populer ini.

Toko baju atau Outlet yang ada di Kawasan Wisata Belanja di Gang Nata ini sebenarnya adalah merupakan rumah warga Gang Nata-nya sendiri yang disulap menjadi mirip Factory Outlet pada umumnya. Para penjual pakaian ini mendapat stock pakaian dari Jakarta dan Singapura.

Sehingga meskipun harganya murah namun tidak murahan, karena pakaian yang ada disana semuanya berkualitas produk impor. Selain itu belanja di Gang Nata kopo sayati bandung meskipun sudah ada bandrol harganya, jika Anda pandai menawar harga, dengan hanya bermodalkan uang Rp 150.000, maka Anda sudah bisa dapatkan dua hingga empat potong t’shirt buatan luar negeri atau sepasang sepatu sport merek luar negeri.

Satu lagi, daya tarik kawasan wisata belanja Gang Nata ini bisa terhubung ke sejumlah objek wisata di kabupaten Bandung, yaitu seperti Kawah Putih, Ciwidey Valley Resort, Taman Kelinci, Barusen Hill atau glamping lakeside situ patenggang dan yang lainnya.

Pasar Andir

tempat belanja di Pasar Andir Bandung

Satu lagi tempat belanja di Bandung yang sangat murah harganya, dan bisa menjadi surga belanja bagi para pedagang dan pemburu produk fashion. Pasar Andir, satu dari sekian banyak pusat belanja murah yang ada di Bandung. Meskipun kondisi Pasar Andir lumayan becek dibagian luar pasar, namun terlihat ramai didalam dan banyak sekali kios-kios pakaian yang bisa Anda temukan.

Menurut para pembeli yang juga memiliki toko ditempat lain, pasar Andir sangat murah bahkan kabarnya banyak pedagang pasar baru yang terkenal karena perlengkapan fashionnya, sering membeli dagangannya langsung di pasar Andir. Memang jika diperhatikan kesibukan di sana, Pasar Andir merupakan opsi bagi pembeli yang hendak berdagang. Terpantau beberapa kios penuh dengan karyawan yang sibuk mengemas baju. Tak jarang di rolling doornya ditempel kertas bertuliskan nama akun instagram.

Jika Anda ingin berkunjung ke pasar Andir Bandung, lokasinya arah Jalan Kebonjati menuju ke Waringin hingga disana akan menemukan Pasar Andir.

ITC Kebon Kelapa

tempat belanja di ITC Kebon Kelapa Bandung

Pusat perbelanjaan ITC Kebon Kalapa adalah salah satu tempat belanja di Bandung yang sangat lengkap dari berbagai model pakaian sampai kebutuhan rumah tangga, bahkan alat-alat elektronik dan eksesoris. Disana Anda juga bisa berbelanja secara eceran atau grosir.

ITC Kebon Kalapa berlokasi di kawasan Regol, Bandung, dimana pada awalnya merupakan sebuah terminal, namun telah diresmikan menjadi sebuah pusat perbelanjaan pada tahun 2002. Lokasinya yang strategis dekat terminal, membuat ITC Kebon Kelapa banyak dikunjungi pembeli. Selain itu fasilitas yang lengkap juga menjadi daya tarik pengunjung yang datang kesana. DItambah lagi tempat kulinernya yang menyajikan makanan khas Bandung, seperti Tempe Mendoan, Pempek Piyo-Piyo, dan Fresco Potato. Atau Anda bisa coba masakan yang disajikan oleh Ampera Bandung, RM Saraso, Kantin Mirah, Kantin Pak Kumis, hingga Soto Sulung dan Ayam Penyet atau Ayam Cobek.

Nah, jika Anda ingin berbelanja di ITC Kebon Kelapa Bandung, tidak ada salahnya Anda mengajak keluarga atau teman Anda, agar acara belanja Anda lebih seru, karena semua fasilitas belanja tersedia pada tempat belanja di Bandung ini.

King Shopping Center

King Shopping Center

King Shopping Center adalah tempat belanja di Bandung yang sudah dikenal sejak tahun 1990-an, meski pernah mengalami musibah kebakaran, namun justru semenjak direnovasi, bangunannya lebih megah dan modern. Lebih bagus dibandingkan dengan bangunan mall sebelumnya.

Pusat belanja King Shooping Center sangat lengkap terdiri dari 6 lantai dimana setiap lantainya memiliki nuansa dan suasana yang berbeda. Karena banyak sekali toko-toko yang terkenal dan tersebar di pusat perbelanjaan kota Bandung, yang juga memiliki toko disana.

Tidak hanya perlengkapan fashion yang bisa Anda temukan disana, di King Shopping Center ini, Anda juga bisa dimanjakan dengan makanan yang enak di pusat kuliner yang tersedia disana. Selain itu di tempat belanja di Bandung ini ada fasilitas bermain untuk anak-anak, sehingga anak-anak tidak jenuh saat menunggu orang tuanya berbelanja.

Sentra Kaos Suci

Sentra Kaos Suci

Pusat belanja produk fashion yang satu ini, memiliki nama yang religius dan mudah diingat, yaitu SUCI. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya, istilah Suci adalah berdasarkan nama singkatan yaitu gabungan jalan Surapati dan Jalan Cicaheum.

Berbelanja produk kaos pada tempat belanja di Bandung ini cukup memuaskan karena hasil karya masyarakat sekitar dan produk yang dihasilkan berupa kaus, jaket, sweater, training, spanduk, plakat, dan barang cetakan lainnya. Sehingga kaos yang Anda pesan bisa memilih sendiri kreasinya.

Di Sentra kaus Suci para perajin tak hanya buka di tepi Jalan Surapati, tapi juga merambah ke gang-gang yang ada di kawasan tersebut. Karena Pesanan juga berdatangan dari pengusaha distro dan factory outlet (FO) di Kota Bandung yang memesan pembuatan kaus oblong. Hasil perajin di Suci tidak hanya memasok untuk kebutuhan di Bandung dan sekitarnya saja, tapi juga menyebar ke seluruh Indonesia. Produk yang dihasilkan berupa kaus, jaket, sweater, training, spanduk, plakat, dan barang cetakan lainnya

Demikian tadi beberapa informasi tempat belanja di Bandung, yang bisa menjadi rekomendasi untuk Anda yang ingin berbelanja sekaligus liburan di kota kembang.  Jangan lupa juga baca artikel objek rekreasi perihal wisata alam lainnya seperti Menteng: Sejarah, Hotel, hingga Cafe Nongkrong dan Tempat Wisata Pangkal Pinang recommended.

Melia Kusumawati
Content Writer berpengalaman yang telah membuat konten di berbagai macam media online di Indonesia.