5 Tempat Wisata Pangkal Pinang yang Recommended

Siapa bilang Pangkal Pinang tidak memiliki wisata alam yang menarik? Kamu bisa menikmati akhir pekanmu dengan bahagia di Pangkal Pinang.

Artikel ini terakhir di perbaharui November 3, 2020 by Rinaldi Syahran
5 Tempat Wisata Pangkal Pinang yang Recommended

Kata siapa pangkal pinang tidak memiliki tempat wisata alam yang menarik? Sekilas kalau melihat, mungkin kamu mengira kalau tidak ada apa apa di lokasi dalam negeri ini. Padahal di pangkal pinang yang terletak di kepulauan bangka belitung ini ada cukup banyak wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Terutama untuk kamu yang ingin pergi dari hiruk pikuk pekerjaan yang bikin penat kepala.

Pangkal pinang merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki wisata alam paling indah. Ada banyak hal yang bisa kamu temukan disini mulai dari deretan pantai indah menawah mata hingga waterpark untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Berikut ini adalah daftar 7 wisata alam tersembunyi di Pangkal Pinang yang bisa kamu kunjungi.

Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi
Wisata Alam Pangkal Pinang

Pantai pasir padi merupakan wisata alam yang dekat bandara pangkal pinang dengan pantai yang sangat luas. Bahkan jika Anda ingin sepakbola juga bisa. Biasanya banyak warga yang mencari pakan untuk memancing di sini. Mereka mengeruk sedikit permukaan pasir. Selain garis pantai pasir putih yang cantik, Anda juga bisa juga menikmati es kelapa muda sambil berteduh di bawah pohon-pohon pinus yang banyak berada di tempat ini

Air Biru atau Danau Kaolin

danau kaolin
Wisata Alam Pangkal Pinang

Air Biru ini banyak juga yang menyebut Danau Kaolin karena airnya yang jernih berwarna biru. Air biru berada di area perbatasan Bangka saat Anda menuju ke Toboali dari Bandara Pangkal Pinang. Air Biru menjadi wisata alam dekat bandara pangkal pinang yang sangat cantik untuk dikunjungi. Meski awalnya tercipta karena pertambangan yang tidak aktif lagi, tapi perpaduan kapur yang putih sempurna dan air yang berwarna biru bersih justru menciptakan keindahan yang luar biasa.

Pantai Batu Belubang

Pantai Batu Belubang
Wisata Alam Pangkal Pinang

Pantai Batu Belubang banyak dikunjungi wisatawan ini terletak di Desa Batu Belubang Kecamatan Pangkalan Baru yang jaraknya kurang lebih sekitar 60 km dari Ibukota Kabupaten Bangka Tengah, dan hanya berjarak sekitar 10 KM dari Bandara Depati Amir untuk sampai ke pantai batu belubang. Batu Belubang dinamakan karena sebuah desa yang berasal dari sebuah batu di pinggiran pantai. Batu ini dulunya memiliki lubang yg mirip seperti pintu masuk gua, namun saat ini batu tersebut mulai tertimbun tanah dan tidak kelihatan.

Selain memiliki keindahan pantai yang menarik pantai ini memiliki pasir putih yang sangat bersih dan halus, pantai ini juga memiliki panorama matahari terbit yang sangat indah cocok didatangi dan melihat sunrise. Di kawasan ini, terdapat Pelabuhan Penangkapan Ikan, sehingga banyak orang yang datang ke sini untuk mencari ikan yang ikannya sangat segar-segar.

Di kampung Batu Belubang, masyarakat juga mengawetkan ikan dengan cara di asin dan orang – orang dapat membeli ikan asin di kampung ini dengan harga yang terjangkau. Batu Belubang adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia sebagai wisata alam yang wajib dikunjungi.

TamanSari

Wilhelmina Park
Wisata Alam Pangkal Pinang

Tamansari atau Wilhelmina Park terletak pada sisi Barat rumah Residen (Residentshuis Te Pangkalpinang op Bangka) dan pada sisi Timur gedung pertemuan Panti Wangka (Societeit Concordia) yang bangunannya dirancang oleh Van Ben Benzenhorn, merupakan fasilitas pendukung dari rumah Residen yang berfungsi sebagai taman, konservasi tanaman, tempat berolahraga ringan dan tempat berangin-angin (zich onspannen).

Luas areal Tamansari saat ini 3.780 m². Pada lokasi taman dibangun Tugu Pergerakan Kemerdekaan yang diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Drs. Mohammad Hatta pada bulan Agustus 1949 dengan cara membuka selubung kain pada tugu taman sari yang sekarang mempunyai nilai sejarah. Bentuk tugu dibangun dengan arsitektur yang unik dan menarik terdiri atas 3 bagian, pada bagian bawah berbentuk punden berundak-undak berbentuk segi delapan dengan undakan sebanyak 17 undakan, yang memiliki makna, tanggal 17 saat diresmikannya Tugu Pergerakan Kemerdekaan.

Undak-undak bersegi delapan diartikan sebagai bulan delapan atau bulan Agustus saat diresmikannya Tugu Pergerakan Kemerdekaan oleh Bung Hatta. Saat ini nama wilhelmina park diubah menjadi Tamansari setelah kemerdekaan bersamaan dengan perubahan nama jalan Merdeka (resident straat). Tamansari juga dijadikan sebagai nama satu kecamatan di Pangkalpinang tempat lokasi taman berada

Pantai Sampur

wisata alam pantai sampur pangkal pinang
Wisata Alam Pangkal Pinang

Selain pantai pasir pagi, pantai sampur juga sangat cocok untuk melepas penatmu di akhir pekan. Lokasinya tidak jauh dari pantai pasir padi. Tempat ini sempat terganggu keindahannya karena aktivitas pertambangan, namun setelah aktivitas tersebut ditutup, kamu bisa kembali menikmati keindahan pantai ini kembali. Disini kamu bisa melihat hamparan pantai yang indah dengan pemandangan aktivitas nelayan yang banyak mencari ikan di tempat ini. Pantai Sampur terletak di Jalan Sampur (Pangkalan Baru), Pangkalpinang, Bangka-Belitung 33171, Indonesia.

Pantai Telapak Kaki Dewa

wisata alam pantai tapak dewa atau pantai anpu pangkal pinang
Wisata Alam Pangkal Pinang

Pantak tapak dewa juga sering disebut juga dengan pantai tapak antu. Salah satu daya tarik utama dari tempat ini adalah lubang yang menyerupai telapak kaki kanan manusia yang menurut mitos adalah telapak kaki hantu yang sering berjalan ke pantai. Apabila diteliti lebih jauh ada garis garis yang konon adalah bekas roda kereta mainan anak hantu yang sedang berjalan di tempat itu.

Pemandangan di tempat ini juga tidak kalah indah dengan pantai lain di Pangkal Pinang. Air yang sangat jernih dengan deretan batuan besar ditambah dengan pohon cemara yang menghiasi pinggiran pantai membuat tempat ini menjadi sangat indah.Pantai Telapak Kaki Dewa terletak di Jalan Batu Belubang, Bangka Tengah, Indonesia

Pantai Tanjung Bunga

pantai tanjung bunga

Pangkal pinang memiliki sangat banyak pantai yang wajib kamu kunjungi. Pantai tanjung bunga adalah salah satunya, memiliki kontur pantai yang landai dan banyak bebatuan berwarna kemerahan serta bentuk unik menjadi daya tarik utamanya. Dulunya tempat ini sempat dijadikan tambang ilegal oleh warga setempat, sehingga masih terlihat beberapa kerusakan akibat aktivitas tambang.

Namun kamu masih bisa menikmati keindahan di tempat ini dengan leluasa. Kamu disini bisa menyusuri pantai dan alam yang berbukit untuk menghabiskan waktu bersama teman ataupun keluarga. Di dekat tempat ini kamu juga dapat menemukan pura dan kelenteng yang jaraknya sangat dekat.

Kepulauan Bangka Belitung sangat dikenal dengan toleransi antar umat beragama yang sangat tinggi. Namun dibalik itu semua kamu ternyata bisa menemukan sangat banyak hal yang unik disini.

Nah guys, keindahan alam di tempat ini memang sangat sayang untuk dilewatkan. Itulah tadi wisata alam tersembunyi di Pangkal Pinang yang bisa kamu kunjungi untuk melepas penat di akhir pekan. Kamu sudah berkunjung ke mana saja? Untuk yang suka makan, jangan lupa lihat informasi tentang tempat wisata kuliner di Jakarta ya!

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.