7 Destinasi Wisata Indah di Karimunjawa yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

7 Destinasi Wisata Indah di Karimunjawa yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Karimunjawa termasuk dalam destinasi favorit di Jawa Tengah. Terletak di kepulauan yang terdapat di Kabupaten Jepara, Anda dapat berkunjung ke berbagai lokasi yang ada disana. Ada 2 jenis wisata yang bisa Anda kunjungi di Karimunjawa, yaitu wisata darat dan laut.

Diperlukan waktu tempuh sekitar 4 hingga 6 jam untuk menuju Karimunjawa menggunakan kapal motor dari Jepara atau Semarang. Terdapat 29 pulau dengan 5 diantaranya berpenghuni, sehingga dapat dijadikan tujuan wisata dengan fasilitas lengkap.

Inilah tempat-tempat wisata Karimunjawa yang memiliki keindahan bentang alam yang harus Anda kunjungi.

1. Pantai Tanjung Gelam

Wisata Pantai Tanjung Gelam - Karimunjawa

Memiliki hamparan pasir dan pohon kelapa pada setiap sisinya, Tanjung Gelam rasanya cocok untuk dijadikan tempat tujuan wisata pelepas penat di Karimunjawa. Selain itu, terdapat pula fasilitas di sekitaran spot yang membantu Anda untuk mengisi perut.

2. Mangrove Tracking

Mangrove Tracking

Ingin menikmati petualangan menyusuri pepohonan mangrove? Terdapat jalan kayu sepanjang 2 km yang membentang pada area hutan mangrove. Sehingga Anda dapat berwisata sambil berjalan menyaksikan keindahan pepohonan dan beragam satwa khas karimunjawa yang tiba-tiba muncul disana.

3. Bukit Love

Bukit Love

Tak jauh dari pusat kota, sekitar 10 menit waktu tempuh, Anda akan menemui bukit yang menawarkan keindahan pemandangan dan sunset tak terlupakan. Bukit Love akan sangat indah terlebih jika Anda datang ketika pagi hari. Lokasi ini adalah salah satu lokasi wisata paling favorit di Karimunjawa.

4. Pantai Batu Topeng

Wisata Pantai Batu Topeng - Karimunjawa

Pada destinasi yang satu ini, Anda dapat bersantai dengan tenang karena masih rimbunnya pepohonan yang menaungi di sepanjang pantai. Selain itu, tempat istirahat berupa gazebo juga sangat disayangkan untuk dilewatkan. Kalau Anda suka wisata yang instragramable, maka Anda tidak boleh melewatkan tempat yang satu ini di karimunjawa.

5. Pulau Cilik

Pulau Cilik

Pulau Cilik menawarkan beragam keindahan bawah laut yang dapat dieksplor. Cocok untuk dijadikan spot snorkling dan menyelam. Menikmati keindahan terumbu karang tentu akan membuat perjalanan wisata Anda di Karimunjawa lebih berkesan.

6. Pantai Anora

Pantai Anora

Pantai Anora terletak di Desa Kemloko dengan sebuah pesona pantai dan bukit yang menyatu. Merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur di Karimunjawa. Menikmati panorama alam dari berbagai posisi, seperti bukit kecil dan pinggiran pantai. anda tidak akan pernah bisa melupakan pemandangan yang ada di tempat ini.

7. Pulau Cemara Kecil

Wisata Pulau Cemara Kecil -Karimunjawa

Berdasar namanya, Anda pasti sudah bisa menebak pemandangan alam apa yang ditawarkan oleh pulau ini. Pulau ini berukuran cukup kecil dan dapat di kelilingi hanya dengan berjalan kaki untuk menikmati keindahan laut dan pepohonan cemara.

Itulah berbagai destinasi wisata Karimunjawa yang mesti dikunjungi ketika menapakkan kaki disana. Kalau Lombok, Pangkal Pinang dan Raja Ampat dirasa terlalu jauh, Anda bisa menjadikan lokasi ini ataupun Pantai Parangtritis mejadi destinasi wisata lokal yang wajib Anda coba.

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.