Kereta Bandara Luncurkan KAI Bandara Premium, Mulai Dari Rp5.000

Artikel ini terakhir di perbaharui April 10, 2021 by Yoko Widito
Kereta Bandara Luncurkan KAI Bandara Premium, Mulai Dari Rp5.000

PT Railink, operator kereta api bandara Jakarta, telah memulai uji coba untuk layanan yang lebih murah bernama KAI Bandara Premium.

Kereta bandara sendiri diluncurkan pada akhir tahun 2017, menghubungkan jalur kereta ke dan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang ke pusat kota Jakarta dalam 55 menit, memangkas waktu perjalanan menggunakan mobil hingga setengahnya atau lebih.

Harga KAI Bandara Premium lebih murah karena pengaturan tempat duduk yang disesuaikan menyerupai KRL Commuterline dan MRT, di mana tempat duduk diletakkan sejajar dan saling berhadapan. Kereta untuk jalur Premium juga dilengkapi dengan colokan listrik USB dan pegangan tangan untuk penumpang yang berdiri. Sehingga mempermudah penumpang yang ingin mengecas handphone mereka selama perjalanan.

Tarif akomodasi sekali jalan ka bandara Premium ke semua tujuan kecuali Bandara Internasional Soekarno-Hatta dikenakan biaya Rp5.000 per orang; Sedangkan Batu Ceper untuk bandara dibandrol dengan harga Rp25.000 pulang pergi. Ongkos naik dari Duri, Sudirman Baru (juga dikenal sebagai BNI City), dan Manggarai ke bandara biayanya Rp30.000 pulang pergi.

Kalau Anda ingin naik kereta dari Bekasi-Bandara Soekarno Hatta, Anda bisa mengakses kereta ke Manggarai terlebih dahulu untuk melanjutkan perjalanan ke Bandara dengan menggunakan KAI Bandara Premium. Tarif ini jelas masih jauh lebih murah dibandingkan menggunakan layanan transportasi lain.

Sementara itu, tarif sekali jalan dengan layanan KAI Bandara Executive, dari dan ke bandara bisa mencapai Rp70.000. Perbedaanya dengan KAI Bandara Premium, layanan ini menawarkan privasi lebih baik hal pengaturan tempat duduk, sehingga penumpang dapat beristirahat lebih baik sebelum melakukan perjalanan.

Anggoro Tri Wibowo, pelaksana tugas direktur utama PT Railink, mengatakan uji coba layanan Premium akan dievaluasi secara berkala untuk menyesuaikan dengan kebutuhan penumpang. Apabila mendapatkan respon yang baik dari masyarakat, tidak menutup kemungkinan layanan ini akan dipermanenkan dan mendapatkan fasilitas yang lebih baik, termasuk biaya langganan kereta bandara.

Tiket untuk kereta bandara Premium dapat dibeli secara online melalui situs web resmi Railink atau langsung di stasiun, sehingga mempermudah penumpang yang ingin melakukan keberangkatan.

Dengan diluncurkannya layanan KAI Bandara Premium ini diharapkan penumpang yang akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat ke berbagai tempat wisata seperti pangkal pinang, lombok ataupun tempat lain dapat lebih menjangkau bandara dengan tarif yang lebih murah dan waktu yang lebih cepat.