10 Makanan Khas Indonesia Paling Terkenal di Dunia

10 Makanan Khas Indonesia Paling Terkenal di Dunia

Tak hanya budaya dan hewan asli Indonesia saja yang beragam hingga dikenal dunia, namun Indonesia juga memiliki makanan khas yang terkenal ke seantero dunia bahkan diakui akan kelezatannya. Seperti halnya tempat wisata, ada banyak makanan khas Indonesia yang bisa kamu coba dan sayang jika dilewatkan. Berikut adalah 10 makanan khas Indonesia paling terkenal di dunia yang perlu kamu tahu.

Gudeg

Makanan Khas Indonesia Gudeg

Gudeg adalah makanan tradisional khas Indonesia yang berasal dari Yogyakarta. Terbuat dari nangka muda, makanan ini biasa dihidangkan bersama sambel krecek, opor ayam lengkap dengan tahu atau tempe bacem. Gudeg memiliki cita rasa manis pedas serta gurih yang pas disajikan dengan nasi hangat.

Sate

Makanan Khas Indonesia - Sate

Makanan ini mengingatkan kita dengan sosok mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Hussein Obama yang sempat menghabiskan masa kecilnya di Indonesia. Di masa kecilnya Obama sangat familiar dengan beberapa makanan khas Indonesia, seperti sate, nasi goreng dan bakso.

Ada banyak jenis sate yang dapat dinikmati sebagai makanan khas Indonesia. Maka tak heran, bukanlah perkara sulit bagi kita menemukan makanan yang satu ini. Sate sendiri sangat cocok dinikmati bersama lontong maupun nasi hangat.

Sop Buntut

Sop Buntut

Meski tak sedikit orang yang menaruh rasa jijik, di Indonesia sop buntut menjadi makanan favorit banyak orang. Layaknya sop pada umumnya, makanan ini disajikan bersama dengan irisan  wortel, kentang, daun seledri lengkap dengan bawang goreng. Sementara untuk lauk pendamping, penikmat sop buntut menambahkan kerupuk atau tempe.

Sayur lodeh

Sayur lodeh

Bila berkunjung ke Jerman, tepatnya di Kota Hamburg, jangan sampai kamu melewatkan makanan khas Indonesia Sayur lodeh. Meski hanya masakan rumah, faktanya sayur lodeh sangat digemari di negara tersebut. Perpaduan aneka sayuran dengan kuah santan kental menghasilkan cita rasa tersendiri.

Nasi Goreng

Makanan Khas Indonesia - Nasi Goreng

Siapa sangka, campuran nasi dan aneka bumbu yang kemudian digoreng ini mampu menjadi makanan khas Indonesia paling lezat dan terkenal di dunia. Penyajiannya yang sederhana namun dapat menggugah selera makan ini berhasil memikat hati mantan Presiden AS Barrack Obama. Tak hanya di Indonesia,kamu juga dapat dengan mudah menemukan makanan ini dii berbagai negara.

Bakso

Bakso

Satu lagi makanan asli Indonesia paling enak dan terkenal yang menjadi buruan wisatawan asing, bakso. Makanan berbahan dasar daging yang dicampur dengan tepung ini dikenal memiliki cita rasa pedas, gurih dan segar. Dalam satu porsi, bakso biasa disajikan dengan bihun, tetelan, potongan sawi dan pangsit yang kemudian di siram kuah panas.

Gado-gado

Gado-gado

Jika kamu mencari makanan khas Indonesia yang sehat, maka gado-gado jawabannya. Tak hanya di Indonesia, salad yang terbuat dari aneka sayuran dengan tambahan bumbu kacang, tempe, tahu serta emping ini juga laris di Australia. Jadi, kamu bisa cukup bangga dengan makanan yang sangat dicari oleh para wisatawan ini.

Tempe

Makanan Khas Indonesia - Tempe

Tempe merupakan makan yang dapat diolah dengan banyak cara, bisa digoreng, direbus, dibuat sayur bahkan di bikin sambal. Popularitas tempe juga sudah sampai ke negara Inggris lho. Tepatnya ketika ada salah seorang warga negara Inggris yang datang ke Indonesia pada tahun 1995 silam kemudian jatuh cinta dengan olahan tempe.

Soto

Soto

Soto merupakan makanan dengan kuah berwarna kuning hasil campuran beragam bumbu dengan kunir. Di Indonesia, setidaknya ada 12 jenis soto yang dapat dinikmati. Makanan ini biasanya dijual di pagi hari, namun kini ada juga pedagang yang menjualnya pada malam hari. Rasanya yang gurih segar sangat cocok dinimati kala cuaca dingin.

Rendang

Makanan Khas Indonesia - Rendang

Tanpa perlu berdebat rasanya semua orang akan setuju bila rendang dinobatkan menjadi salah satu makan paling lezat di dunia. Jika dulu rendang hanya dijual di warung-warung nasi padang, kini makanan khas Indonesia paling terkenal di dunia itu dapat dengan mudah ditemukan di hotel dan restoran ternama. Satu hal yang membuat rendang menjadi sangat lezat yakni karena banyak rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu.

Jesslyn Adelia
Hanya seorang anak muda yang suka makan dan travelling