Tiga Bunga Nasional Indonesia Cantik yang Harus Kamu Ketahui

Artikel ini terakhir di perbaharui April 12, 2021 by Yoko Widito
Tiga Bunga Nasional Indonesia Cantik yang Harus Kamu Ketahui

Sudah menjadi kebiasaan di seluruh dunia bahwa suatu negara harus memiliki lambang bunga untuk mewakili citranya. Belanda dikenal sebagai negara Tulip. Jepang memiliki Sakura (ceri) sebagai simbolnya. Bagaimana dengan Indonesia? Apakah Indonesia punya bunga nasional yang bisa mewakili mereka seperti Tulip untuk Belanda?

Tentu saja Indonesia memilikinya, Negara ini mengumumkan pada 1993 tiga spesies bunga yang dipilih di antara ribuan spesies untuk menjadi Bunga Nasional Indonesia. Setiap bunga diberi nama tertentu sesuai dengan karakteristiknya. Berikut ini adalah 3 bunga nasional Indonesia yang sangat cantik

Bunga Bangsa

bunga melati bunga bangsa

Melati, Bunga yang indah dan harum ini termasuk sebagai bunga nasional Indonesia dan dijuluki sebagai “Bunga Bangsa” (Puspa Bangsa). Jenis Melati yang ada di Indonesia banyak sekali, namun secara khusus Indonesia memilih Jasminum Sambac untuk mewakili Indonesia sebagai bunga nasional.

Literatur menyebutkan bahwa spesies ini berasal dari kawasan selatan benua Asia, seperti India. Padahal bunga telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia sejak dahulu kala.

Anda bisa menemukan teh di Indonesia sering dicampur dengan daun bunga ini. Ini digunakan juga untuk campuran bunga yang biasanya disemai oleh orang-orang ketika mengunjungi kuburan orang yang mereka cintai. Banyaknya upacara adat di Indonesia tidak lepas dari pemanfaatan bunga melati sebagai ramuannya.

Bunga Pesona

bunga anggrek ngengat penuh pesona

Indonesia adalah negara yang penuh dengan keindahan. Oleh karena itu dipilihlah bunga terindah sebagai lambangnya. Anggrek Ngengat, Plaenopsis adalah simbol bangsa kita.Namun di Indonesia tidak disebut sebagai Anggrek Ngengat melainkan Anggrek Bulan.

Bunga yang indah tumbuh subur di bawah banyak sinar matahari di negara tropis kita. Jenis bunga yang ada di Indonesia banyak macamnya, merah muda, putih dan masih banyak lagi. Mana pun yang Anda pilih tidak menjadi masalah karena pesonanya sudah pasti tidak bisa disangkal.

Spesies tersebut ditemukan di hutan alam Indonesia oleh seorang pria bernama C.I. Blume. Pria tersebut adalah mantan direktur Lands Plantentuin de Buitenzorg atau yang sekarang dikenal sebagai Kebun Raya Bogor, Kebun Raya pertama di Asia Tenggara. Bunga ini termasuk sebagai bunga nasional Indonesia.

Bunga Langka

bunga langka rafflesia arnoldii

Indonesia memiliki banyak jenis tumbuhan langka yang tidak terdapat di belahan dunia lain. Salah satunya adalah Rafflesia Arnoldii yang menjadi ikon bunga langka di Indonesia. Saking langka, bahkan di Indonesia hanya ada tempat tertentu di mana bunga ini bisa ditemukan. Tempatnya berada di hutan alam Provinsi Bengkulu.

Ini pertama kali ditemukan oleh Dr. Joseph Arnold, seorang anggota tim ekspedisi yang dipimpin oleh orang Inggris terkenal, Sir Thomas Stamford Raffles, pendiri Kebun Binatang London. Pada tahun 1818, Dr Arnold mengunjungi provinsi Bengkulu dan menemukan spesies ini di dekat sungai di provinsi tersebut.

Nama bunganya, Rafflesia Arnoldii diambil dari nama Dr Arnold dan pemimpin ekspedisi, Raffles. Temuan itu juga memberi julukan bagi Provinsi Bengkulu sebagai Tanah Rafflesia. Bunganya sendiri sebesar itu untuk dianggap sebagai bunga terbesar di dunia. Diameternya bisa mencapai 1 meter dan beratnya bisa lebih dari 11 kilogram. Bunga tidak mekar terlalu sering dalam setahun. Itu hanya dapat ditemukan pada waktu dan musim tertentu.

Itu sebabnya bunga dipilih untuk mewakili semua spesies langka termasuk juga didalamnya adalah spesies hewan langka di Indonesia.

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.