Orchid Forest Cikole Lembang Bandung, Ada Apa Saja Di sana?

Orchid Forest Cikole Lembang Bandung, Ada Apa Saja Di sana?

Satu lagi tempat wisata alam yang keren di Bandung, Orchid Forest Cikole dengan harga tiket terjangkau mulai dari Rp. 30ribu.  Walaupun namanya sama-sama Cikole dan sama-sama punya hutan pinus yang cantik, Orchid Forest ini beda tempat dengan Grafika Cikole. Jika Anda suka sekali bunga anggrek, liburan ketaman anggrek yang satu ini bisa menjadi pilihan. Tempatnya bernama Orchid Forest Cikole Lembang, lokasi ini buka mulai pukul 8 pagi sampai jam 6 sore. Taman anggrek yang disebut merupakan taman anggrek terluas di Indonesia, berada di tengah kawasan hutan lindung dan terbentang seluas 12 hektar. Tidak kurang ada 157 jenis bunga anggrek beraneka macam dikembangkan disini.

Ada Apa Saja di Orchid Forest Cikole?

Ada Apa Saja di Orchid Forest Cikole?

Berjalan-jalan disekitar pegunungan wilayah Lembang, selain udaranya yang sejuk tentu akan lebih berkesan karena ada Orchid Forest Cikole, taman anggrek yang berisi puluhan ribu tanaman anggrek.  Selain itu dihiasi jajaran pohon pinus yang akan menemani langkah anda mengeksplorasi eduwisata yang berdiri di lahan seluas 10 hektar tersebut.

Taman wisata anggrek yang memiliki koleksi sekitar 20 ribu angrek di sini, cukup menarik kita budidayakan anggrek phavio yang merupakan anggrek langka asli Jawa Barat. Kita juga punya anggrek argentina, peru, filipina dan 80 umbi lebih bunga bangkai.

Setelah puas menengok aneka bunga anggrek, pengunjung akan dimanjakan berbagai fasilitas rekreasi. Salah satu yang menarik adalah Wooden Brige, jembatan kayu sepanjang 125 meter yang menggantung di atas ketinggian sekitar 23 meter. Selain cukup memacu adrenalin, anda bakal merasakan sensasi berjalan di atas rapatnya pohon pinus. Jika tak takut ketinggian, anda bisa mencoba turun menggunakan flying fox untuk menambah keseruan liburan. Keseruan sesungguhnya baru dimulai menjelang petang. Kerlap-kerlip lampu hias menyambut pengunjung selepas mentari pulang ke peraduannya.

Wooden Brige pun berubah menjadi taman lampu yang indah. Di tengah selimut kabut, butiran bohlam warna-warni memberi nuansa unik dan instagenik di tengah rapatnya hutan Lembang. Para pengunjung pun rela antre demi mendapat swafoto terbaik.

Suasana dingin cukup membuat perut keroncongan seusai menjelajahi beragam fasilitas Orchid Forest. Namun, anda tak usah khawatir, sebab pengelola juga menyediakan kafetaria yang menyajikan beragam hidangan dari mulai kopi hingga kudapan.

Taman Orchid Forest Cikole Bandung, fokusnya adalah untuk memperkenalkan dan membudidayakan berbagai tanaman anggrek. Menggunakan metode lokal maupun internasional. Tidak hanya berasal dari Indonesia yang merupakan negara kedua terbanyak varian anggrek. Tanaman anggrek di Orchid Forest juga berasal dari negara lain, seperti Venezuela, Argentina, Filipina, Peru, dan Amerika serikat.

Alamat Orchid Forest Cikole

Alamat Orchid Forest Cikole

Kalau Anda ingin mengunjungi Orchid Forest Bandung berlokasi kurang lebih 20 kilometer dari kota Bandung.Alamat lengkap taman yang eksotis ini tepatnya berada di Jalan Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

Lokasinya berdekatan dengan Tempat Outbound di Bandung terkenal yaitu Terminal Wisata Grafika Cikole, Bandung Treetop Adventure Park dan Cikole Jayagiri Resort, juga tidak jauh dengan kawasan Wisata Hutan Pinus Cikole PAL 16 dan tentu saja dengan kawasan Pemandian Air Panas Ciater dll.

Rute Menuju Lokasi

Untuk mencapai ke lokasi Anda hanya mengambil rute ke arah Tangkuban Perahu, setelah itu silahkan mengikuti petunjuk arah menuju ke taman Orchid Forest Cikole, para pengunjung atau wisatawan bisa menggunakan transportasi umum. Angkutan umum yang bisa digunakan adalah angkot Ciroyom-Lembang dan berhenti di Jalan Panorama. Namun sangat disayangkan dari titik ini tidak ada kendaraan umum yang bisa digunakan hingga mencapai tujuan. Wisatawan harus rela berjalan sekitar 3 km menuju Jalan Tangkuban Perahu atau menggunakan alat transportasi tradisonal baik itu secara langsung atau melalui aplikasi ponsel.

Alternatif lainnya adalah menggunakan angkot St.hall – Lembang dan turun di perempatan Lembang, Maribaya, Tangkuban Perahu. Perjalanan dilanjutkan dengan angkot jurusan Lembang-Cikole, namun lagi-lagi wisatawan harus melanjutkan dengan berjalan kaki atau membayar lebih jika ingin diantarkan ke tempat tujuan dengan cara negosiasi dengan pengemudi angkot.

Harga Tiket Masuk Orchid Forest Cikole

Informasi Harga Tiket Masuk Orchid Forest Cikole Lembang tentu akan bermanfaat bagi wisatawan yang akan berkunjung. Berikut ini HTM Orchid Forest Cikole Lembang :

  • Tiket Masuk Wisata Rp 30.000,-
  • Beberapa wahana berbayar sekitar Rp 10.000,- sampai Rp 25.000,-
  • Tarif Parkir Orchid Forest Cikole Rp 3.000.- motor
  • Berfoto di jembatan yang ada lampunya Rp. 15.000/orang
  • Harga paket outbound cikole Rp. 50.000
  • Jembatan gantung + flying fox Rp. 15.000
  • Tiket masuk Rp. 25.000 saat weekday, dan Rp. 30.000 saat hari libur.

Harga tersebut dapat sewaktu – waktu berubah. Sebagai wisata hits bandung Harga Tiket Masuk Orchid Forest Cikole Lembang masih terbilang cukup terjangkau.

Jam Buka

Jika Anda sekeluarga ingin mengunjungi Objek Wisata Hutan Pinus Anggrek di Cikole-Lembang, Bandung ini, perlu Anda ketahui bahwa jadwal buka setiap hari mulai dari pagi sampai sore. Jam buka dari pukul 09.00 sampai 18.00 WIB., untuk hari biasa 09.00 – 18.00 WIB sementara itu untuk akhir pekan 09.00 – 18.00 WIB.

Menariknya jika Anda berkunjun diakhir pekan, biasanya pengunjung bisa menikmati suasana malam hari dengan berbagai hiasan lampu. dan jangan lupa ada informasi penting di Orchid Forest Cikole yaitu tidak boleh membawa makanan atau minuman dari luar, dan datang saat sore untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal.

Fasilitas di Orchid Forest Cikole?

Fasilitas di Orchid Forest Cikole

Wilayah atau kawasan Bandung Utara memang tidak pernah ada habisnya menyajikan tempat wisata yang kerap menarik hasrat kita untuk berlibur. Taman Wisata Orchid Forest Cikole salah satunya, hadir menambah daftar destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi saat berlibur, karena disana tidak hanya Taman Anggrek dan Pinusnya yang terkenal, tetapi juga wahana dan spot-spot foto yang instagramable.

Pasti Anda setuju jika tempat wisata di Bandung yang satu ini menyediakan berbagai wahana, atraksi, dan aktivitas yang dapat memanjakan wisatawan. Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang menjadi daya tarik di Orchid Forest Cikole Bandung, yaitu :

1. Sky Bridge

Sky Bridge

Anda pasti penasaran dengan wahana jembatan yang bergoyang-goyang ini, yaitu jembatan yang dibuat dari kayu dan tali tambang berwarna putih. Jembatan ini memanjang kurang lebih sepanjang 50 meter. Ketika malam hari, otomatis lampu-lampu di tempat ini akan menyala karena telah dipasangi sensor cahaya. Seketika suasana menjadi kian romantis di tempat ini.

Untuk bisa menaiki jembatan bernama Sky Bridge ini, wisatawan diharuskan membayar uang sebesar Rp15.000 per orangnya. (Namun harga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan dari Orchid Forest Cikole Bandung).

2. Kegiatan Outbound

Kegiatan Outbound

Kegiatan yang tidak kalah menarik dan serunya adalah mencoba kegiatan outbond di ruang terbuka hijau. Disana disediakan wahana Flying fox. airsoft Gun, high rope, panahan, dan lain-lain yang bisa menjadi pilihan untuk menguji andrenalin Anda.

3. Spot Foto

Spot Foto

Namun pasti Anda merasa tidak lengkap jika saat Anda sedang berkunjung ke Taman Orchid Forest Cikole ini,  tidak mengabadikan momen-momen indah disana. Karena taman anggrek ini selalu menyajikan spot-spot foto yang instagramable.

Karena di tempat ini terdapat spot-spot foto menarik yang akan memanjakan mata wisatawan, misalnya saja tersedianya panggung terbuka, rumah pohon, dan rumah kelinci. Di tempat-tempat ini, wisatawan dapat mengabadikan momen berwisata ke dalam kamera atau smartphone Anda.

5. Toko dan Konsultasi

Fasilitas

Tidak hanya bisa menikmati keindahan Taman Wisata bunga anggrek dan pohon pinus. Bagi para wisatawan yang ingin membawanya pulang, dapat membeli langsung bunga anggrek yang disediakan, namun jangan heran ya karena Anda harus merogoh dompet cukup dalam untuk bisa memiliki bunga Anggrek disana.

Tidak hanya bisa membeli bunga Anggrek dari sana, Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan para mentor di Taman wisata Orchid Forest Cikole. Seperti misalnya saja berdiskusi perihal cara merawat bunga anggrek dengan baik, sampai permasalahan bunga anggrek yang sakit atau tidak berkembang dengan benar.

Wah, sangaat menarik ya, berjalan-jalan di Taman Anggrek dan Pinus sekaligus bisa belajar cara menanam Anggrek.

6. Wahana lain

wahana lain

Tidak kalah menariknya dengan beragam fasilitas di tempat ini, yaitu terdapat rumah kaca berbentuk kubah. Selain itu ada juga spot foto dimana wisatawan juga bisa sekalian langsung memberi makan kelinci.

Nah, bagi yang suka berolahraga terdapat tempat untuk tenis meja, tetapi bagi wisatawan yang enggan berjalan kaki mengitari hutan anggrek yang sangat luas Orchid Forest Cikole menyediakan mobil golf. Wisatawan dapat menaiki mobil golf ini untuk berkeliling dan diantarkan ke tempat-tempat indah yang ada di sini. Jangan khawatir, wisatawan tidak ditarik biaya lagi untuk menaikinya alias gratis.

Fasilitas lain yaitu tempat dimana terdapat kursi berundak dari kayu yang membentuk tribun stage. Tempat ini bisa juga dijadikan sebagai tempat pagelaran musik dan acara lain yang bertemakan alam, tempat ini disebut teras paphio.

Hotel dan Penginapan di Sekitar Orchid Forest Cikole

Penginapan di Sekitar Orchid Forest Cikole

Penginapan murah yang ada disekitar taman wisata Orchid Forest Cikole, tidak hanya bangunan hotel atau guest house, namun juga bisa berkemah di camping Ground. Tempat terbuka yang cocok untuk Anda yang suka suasana alam terbuka.

Selain itu para wisatawan bisa menikmati serunya berkemah di alam terbuka dengan biaya yang cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp450.000 untuk empat orang, dan Rp950.000 untuk 9 orang per malamnya. Biaya ini sudah termasuk biaya makan pagi, api unggun, dan jagung bakar.

Jika diakses dari arah kota Bandung, Orchid Forest Cikole berjarak hanya sekitar 20 KM, dan bagi anda yang sedang menginap di sejumlah Hotel Dekat Bandara Husein Sastranegara, lalu berjarak sekitar 21 KM dari tempat penginapan Hotel Dekat Stasiun Bandung dan 25 KM jika anda berangkat dari Penginapan Dekat Terminal Leuwi Panjang.

Selain itu ada penginapan murah di dekat Orchid Forest Cikole ini, salah satunya Pondok Kulawarga yaitu salah satu pilihan populer untuk menginap berdasarkan data traveler kami.  Hotel ini menawarkan parkir gratis. Berjarak 2,2 km (1,4 mil) dari Orchid Forest Cikole.Pilihan tepat lainnya dalam jarak 8 km adalah OYO 1541 Puri Cikole Asri dan OYO 677 Rianes Family Guest House.

Sementara itu ada hotel di dekat Orchid Forest populer di Lembang yang memiliki kolam renang antara lain:
Puteri Gunung Hotel, Sandalwood Boutique, Green Forest Resort

Seruni Guest House

Seruni Guest House

Penginapan murah namun nyaman yang berada disekitar Orchid Forest Cikole ini, adalah Seruni Guest House yang beralamat di Jalan Raya Maribaya No. 12 (50 Meter Sebelum De Ranch), Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Tidak kalah dengan beragam fasilitas hotel berbintang lainnya, fasilitas Seruni Guest House antara lain ranjang yang nyaman, kamar mandi, area parkir, layanan kamar 24 jam, AC, hingga Sarapan Gratis & Free Wi-Fi dll.

Sementara itu untuk harga Sewa Kamar Guest House Seruni di Lembang Bandung ini ditawarkan dengan tarif permalam termurah mulai dari Rp 151.000. Cukup murah bukan ?

Airy Eco Lembang Raya Tangkuban Perahu 168 Bandung

Airy Eco Lembang Raya Tangkuban Perahu 168 Bandung

Selain dekat Orchid Forest Cikole, hotel ini juga dekat De Ranch, Pasar Panorama Lembang, dan Tempat Prewedding di Bandung yakni Taman Lembah Dewata. Alamat Airy Eco Lembang Raya di Jl. Raya Tangkuban Parahu No.168, Cibogo, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391 [ Peta Lokasi ], Phone 0804 111 2479

Fasilitas Airy Eco Lembang Raya antara lain ranjang yang nyaman, kamar mandi, area parkir, layanan kamar 24 jam, AC, hingga Wi-Fi. Untuk tarif sewa kamar hotel Airy Eco Lembang Raya Tangkuban Perahu 168 Bandung ini ditawarkan dengan harga inap permalam termurah mulai dari harga Rp 160.000. Hmm…sungguh cukup terjangkau..

Jayagiri Guest House

Jayagiri Guest House

Penginapan yang berada disekitar Taman Wisata Orchid Forest Cikole, lokasinya dekat Dusun Bambu, Bandung Treetop Adventure Park, Grafika Cikole ( Grafika Bird Park ) dan Kampung Gajah Wonderland, beralamat di Jl. Jayagiri No.54, Jayagiri, Lembang, Bandung Barat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Tempat menginap yang nyaman dengan fasilitas yang ada di Jayagiri Guest House ini menawarkan ranjang yang nyaman, kamar mandi, area parkir, layanan kamar 24 jam, hingga Wi-Fi.Untuk harga sewa kamar hotel jayagiri Guesthouse ini ditawarkan dengan Tarif menginap permalam termurah di agoda mulai Rp 200.000an.

Nur Alam Hotel Lembang

Nur Alam Hotel Lembang

Satu lagi tempat penginapan yang terletak didekat Forest Orchid Cikole, yaitu Nur Alam Hotel Lembang beralamat di Jl Raya Tangkuban Perahu No.67A, Waktu untuk check-in di Nur Alam Hotel Lembang adalah mulai dari pukul 14:00-23:59 dan waktu check-out paling lambat pukul 12:00.

Fasilitas yang tersedia dan bisa kamu gunakan di hotel ini adalah (beberapa fasilitas mungkin perlu biaya tambahan): tiket CLEAN, Kolam Renang, Wifi, Parkir, Restoran.

Cikole Jayagiri Resort

Cikole Jayagiri Resort

Hotel yang berada didekat Orchid forest cikole ini, menawarkan akomodasi berkualitas Cikole Jayagiri Resort menyediakan tempat yang kondusif untuk melepas penat dari kesibukan Anda. Hanya berjarak 22.1 km, hotel bintang 3 ini dapat dengan mudah diakses dari bandara. Dengan lokasinya yang strategis, hotel ini menawarkan akses mudah.

Fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan oleh Cikole Jayagiri Resort menjamin kenyamanan serta sejumlah pilihan fasilitas kelas atas seperti layanan kamar 24 jam, resepsionis 24 jam, Wi-fi di tempat umum, tempat parkir mobil, layanan kamar dapat dinikmati di hotel ini.  

Pesona Taman anggres Orchid Forest Cikole memang pantas jadi pilihan liburan dan berwisata bersama keluarga, teman atau pasangan Anda. Karena menawarkan berbagai fasilitas yang tentu saja sangat disukai oleh para pengunjung Taman Wisata Anggrek ini. Dimana para wisatawan atau pengunjung Taman bisa berekreasi sekaligus uji nyali andrenalin Anda dengan beragam wahana yang menarik dan menantang. Penasaran ? silahkan Anda datang langsung ya ke Bandung.

Selepas dari Orchid Forest Cikole, Anda bisa meneruskan perjalanan Anda ke wisata belanja di Bandung yang seru. Sebagai alternatif wisata alam, selain ditempat ini Anda juga bisa berjalan jalan ke Pangkal Pinang yang memiliki banyak wisata alam menarik.

Rinaldi Syahran
Gamer addict yang mendikasikan hidupnya untuk menulis. Comeback is real!