Little Tokyo, Keajaiban Kecil Jepang di Jakarta

Artikel ini terakhir di perbaharui April 17, 2021 by Yoko Widito
Little Tokyo, Keajaiban Kecil Jepang di Jakarta

Buat yang belum pernah berkunjung ke Kota Jakarta pasti bingung menentukan tempat liburan yang paling recommended untuk dijelajahi di sana. Jangan khawatir, kamu bisa melakukannya sesederhana mengunjungi Little Tokyo Blok M, yang okasinya ada di Desa Menteng Dalam dan masuk Kecamatan Tebet, Jakarta.

Seperti yang diharapkan wisatawan, lokasinya terkenal dengan kedai makanan Jepang dan fasilitas lain yang mewakili suasana Jepang. Dengan demikian, pengunjung akan merasa seperti menghabiskan waktu di Kota Tokyo yang terkenal! Selain kuliner, tempat ini juga cocok untuk belanja dan tentu saja foto karena sangat instagramabble..

Nuansa Little Tokyo

Nuansa Little Tokyo

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, situs tersebut menawarkan nuansa Tokyo-like. Waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi tersebut adalah pada malam hari. Pada saat itu, situs tersebut menampilkan banyak lampu yang berkilauan dan lebih banyak fasilitas termasuk penjual makanan. Apa yang lebih? Hal menakjubkan berikutnya terkait dengan arsitektur.

Hampir semua bangunan menerapkan arsitektur mirip Jepang. Oleh karena itu, wisatawan akan merasa ingin menjelajahi Tokyo. Apalagi, tempat ini menjadi cukup ramai saat acara-acara khusus seperti cosplay, kuliner, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, setiap orang harus mempertimbangkan untuk mengunjungi Little Tokyo selama acara-acara tersebut saja!

Menjelajahi Little Tokyo

Menjelajahi Little Tokyo

Layak untuk mempelajari sejarah tentang Little Tokyo selama kunjungan. Wisatawan hanya perlu berbicara dengan mereka yang tinggal di daerah itu atau pemandu lokal nanti. Konon perkembangan dan popularitasnya dimulai pada tahun 1990. Saat itu banyak ekspatriat (terutama orang Jepang) yang tinggal di Blok M. Mengetahui kebutuhan akan makanan tradisional Jepang, banyak penjual makanan memutuskan untuk membuka restoran Jepang di kawasan tersebut. Belum lagi banyak toko dan layanan dibuka secara bertahap sejak saat itu.

Saat ini, bagi wisatawan atau orang luar jakarta, mereka dapat menikmati nuansa berbeda saat mengunjungi atau menjelajahi Little Tokyo. Selain menikmati suasana unik itu, wisatawan juga bisa menikmati hal-hal lain. Misalnya terkait kuliner. Selama penjelajahan, wisatawan akan menemukan banyak restoran Jepang asli! Ini datang dengan konsep klasik dan modern. Ini tipnya. Setiap orang tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengunjungi restoran tertua bernama Izakaya Taichan. Makanan dan arsitektur restoran ini cukup memuaskan!

Selanjutnya, selain menikmati makanan, pengunjung bisa memanfaatkan nuansa fotografi. Dalam hal ini, wisatawan hanya perlu mencari spot dan bangunan yang menakjubkan sebagai background. Selain itu, disarankan untuk datang hanya selama cuaca bagus. Waktu lain yang direkomendasikan untuk mengunjungi Little Tokyo Blok M adalah selama Acara Jepang khusus. Yang paling populer mungkin adalah festival cosplay di mana banyak orang mengenakan kostum unik yang berasal dari Manga atau Anime.

Bagaimana menuju ke sana

Bagaimana menuju ke sana

Little Tokyo terletak di pusat kota, namun wisatawan harus mencapai Kota Jakarta terlebih dahulu. Bagi orang luar, cara terbaik menuju ke sana memang dengan pesawat terbang. Mereka hanya perlu mencapai Bandara Internasional Soekarno – Hatta terlebih dahulu. Selanjutnya, wisatawan harus melalui Jalan Lingkar Dalam Jakarta dan langsung menuju ke Little Tokyo. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 52 menit, karena jaraknya 33,8 km.

Kota Jakarta juga dapat dicapai dengan kereta api. Dalam hal ini tujuannya adalah Stasiun Kereta Api Jakarta Kota. Nanti, begitu turis tiba di stasiun, mereka dapat menggunakan Jalan Hayam Wuruk dan langsung menuju Little Tokyo. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 46 menit, karena jaraknya 11,9 km.

Wisatawan juga dapat menggunakan jasa bus untuk menuju Kota Jakarta dan hanya perlu mencapai Terminal Grogol terlebih dahulu. Nanti, dari terminal, mereka bisa menggunakan Layang – Kampung Melayu – Jalan Tanah Abang untuk mencapai Little Tokyo. Jaraknya 11,3 km, jadi perjalanan bisa memakan waktu setidaknya 43 menit.

Kamu sudah pernah ke tempat ini?

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.