Misteri Indonesia Yang Belum Terpecahkan Hingga Saat Ini

Artikel ini terakhir di perbaharui April 13, 2021 by Yoko Widito
Misteri Indonesia Yang Belum Terpecahkan Hingga Saat Ini

Kekayaan budaya dan keindahan alam Indonesia menjadikannya sebagai salah satu negara yang paling banyak dikunjungi di dunia. Namun selain itu, Indonesia juga memiliki sejumlah takhayul , ritual langka , kepercayaan unik , serta misteri yang hingga kini masih belum terpecahkan, meski sudah banyak penelitian dan penyelidikan. Beberapa dari hal-hal ini bahkan tidak dapat dijelaskan dengan logika.

Ingin tahu? Gulir ke bawah untuk mengetahui lebih banyak tentang misteri yang belum terpecahkan di Indonesia!

Batu Bleneng

Batu Bleneng

Jika Anda pernah melakukan perjalanan darat dari Jakarta ke bagian timur pulau Jawa menggunakan jalan darat, kemungkinan besar Anda pernah memilih jalan Tol Cipali (Cikopo-Palimanan). Jalan tersebut telah beroperasi selama dua tahun terakhir. Sekilas jalan ini tidak ada bedanya dengan jalan tol lain di Indonesia. Namun, ada satu benda unik dan misterius yang menjadi topik favorit seputar jalan tol ini. Sekitar kilometer 81 (dari Jakarta), di kiri jalan, ada sebuah batu besar di atas sebuah bukit. Warga sekitar jalan tol menamai batu ini “ Batu Bleneng ”.

Selama pembangunan Tol Cipali, para pekerja berusaha memindahkan batu tersebut namun tidak berhasil. Konon, Batu Bleneng adalah batu yang berasal dari puncak Gunung Ciremai. Dikabarkan bahwa terdapat mata air di bawah lokasi batu saat ini, dan Batu Bleneng digunakan untuk mencegah mata air tersebut membanjiri desa di sekitarnya.

Ada juga rumor bahwa Batu Bleneng sebenarnya adalah pusat kekuatan supranatural di Tol Cipali. Masyarakat percaya bahwa jika seseorang berusaha untuk memindahkan batu tersebut, maka akan menimbulkan kesialan bagi orang tersebut sendiri bahkan bagi jalan tol. Apakah Anda mempercayainya?

Dusun Karang Kenek

Misteri Indonesia Yang Belum Terpecahkan - Dusun Karang Kenek

Dusun Karang Kenek adalah sebuah desa kecil di Olean, Situbondo, Jawa Timur. Sekilas memang tidak ada yang aneh atau berbeda dengan desa ini. Namun, sebenarnya ada satu hal aneh tentang desa tersebut.

Sejak berdiri tahun 1980, jumlah kepala keluarga di Dusun Karang Kenek tidak pernah berubah. Hingga saat ini, jumlah KK yang ada di desa ini hanya 26 orang. Masyarakat Dusun Karang Kenek percaya bahwa desa ini dikutuk. Jika ada keluarga baru yang pindah ke desa ini, hampir dapat dipastikan akan ada hal yang tidak diinginkan terjadi pada keluarga tersebut — apakah mereka tidak suka tinggal di desa dan pindah atau sakit dan meninggal di desa. Itu sebabnya jumlah keluarga di desa itu tetap 26 hingga saat ini.

Kedengarannya aneh, ya?

Lukisan Dinding Misterius di Gua Kontilola, Papua

Misteri Indonesia Yang Belum Terpecahkan - Lukisan Dinding Misterius di Gua Kontilola, Papua

Di Lembah Baliem, Papua , terdapat sebuah gua menawan bernama Gua Kontilola. Pengunjung datang ke gua untuk melihat kerajaan kelelawar — sarang yang penuh dengan ratusan kelelawar dan hutan di dalam gua. Petualang sama-sama datang untuk menjelajahi sungai bawah tanah di dalam Gua Kontilola.

Selain keajaiban menakjubkan yang bisa Anda lihat di Gua Kontilola, ada pemandangan unik lain yang bisa Anda lihat di dalam gua. Di langit-langit tinggi gua, terdapat sejumlah lukisan prasejarah yang menggambarkan makhluk mitologi Matutuo. Para arkeolog percaya bahwa lukisan-lukisan itu dibuat oleh manusia purba ribuan tahun yang lalu. Namun, manusia purba sepertinya tidak mungkin bisa melukis di ketinggian 12 meter, kecuali jika dilengkapi dengan peralatan modern seperti crane. Itulah mengapa penduduk setempat percaya bahwa lukisan tersebut bukan hanya lukisan biasa, melainkan dibuat oleh kekuatan supranatural gua.

Hingga saat ini, masih belum jelas siapa yang sebenarnya membuat lukisan tersebut.

Peradaban Kuno Bawah Air

Peradaban Kuno Bawah Air

Pernahkah Anda mendengar tentang Atlantis? Atlantis adalah pulau fiksi yang disebutkan dalam alegori tentang keangkuhan negara-negara dalam karya Plato, Timaeus dan Critias. Beberapa penulis kuno memandang Atlantis hanya sebagai mitos fiksi atau metaforis; sementara yang lain percaya itu nyata. Banyak spekulasi yang beredar mengenai lokasi pasti Atlantis, dan di antara opini tersebut, ada yang meyakini bahwa Atlantik sebenarnya terletak di suatu tempat di Indonesia.

Pada tahun 2011, beberapa ahli geologi dan staf khusus Presiden Indonesia menemukan sisa-sisa peradaban kuno di bawah perairan Priangan hingga Banten bagian selatan. Tim peneliti percaya bahwa sisa-sisa itu sebenarnya adalah kota yang pernah dilanda bencana tsunami di masa lalu. Penemuan ini terkait dengan pernyataan Plato bahwa Atlantis sebenarnya adalah kota yang sangat indah dan canggih yang tenggelam ke laut oleh bencana alam. Meski Plato tidak pernah menyebut Indonesia, banyak ahli percaya bahwa kota yang dijelaskan Plato adalah Indonesia.

Namun, sampai saat ini tidak ada pernyataan resmi bahwa sisa-sisa bawah air itu sebenarnya Atlantik.

Pembicaraan tentang keajaiban misterius dan aneh di Indonesia sepertinya tidak mungkin untuk diakhiri. Alih-alih menjadikan Indonesia negara yang menyeramkan untuk dikunjungi, wisatawan domestik dan internasional justru tertarik untuk mengeksplorasi lebih jauh misteri yang belum terpecahkan tersebut. Apakah Anda tertarik untuk menjelajahinya?

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.