Rumah Pocong Sumi Jogja: Cerita, Asal Usul dan Hantu Penunggu

Rumah Pocong Sumi Jogja: Cerita, Asal Usul dan Hantu Penunggu

Kota Gede menjadi salah satu ikon wisata di Yogyakarta, di daerah ini terdapat berbagai bangunan tradisional serta gedung kuno, Menyusuri  Kota Gede menjadi perjalanan yang menyenangkan. Ada salah satu rumah di sudut Jogja yang biasa disebut rumah pocong sumi, rumah ini memiliki alamat di RW02, RT09, Desa Jagalan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi ini seringkali dikunjungi para wisatawan, rumah ini sekilas nampak biasa saja, namun terdapat banyak cerita misteri di dalam rumah ini, biasa wisatawan yang datang untuk berfoto atau menyusuri  bangunan tua.  Bangunan ini sudah kosong selama 40 tahun, sempat juga beberapa kali disewakan, namun sekarang bangunan  ini tak ada penghuninya lagi.

Daftar Penghuni Rumah Pocong Sumi

Daftar Penghuni Rumah Pocong Sumi

Rumah Pocong Sumi  konon sosok yang sering menampakkan diri ke orang-orang sekitar. Tidak hanya pocong Sumi yang dianggap sebagai penghuni rumah angker di Yogyakarta itu, ada beberapa hantu lainnya, namun yang cuku terkenal adalah  pocong Sumi.

Makhluk penghuni tersebut digambarkan melalui bentuk ukiran yang dibuat oleh penjaga rumah itu.  Beberapa daftar makhluk astral lain yang konon menghuni rumah ini!

1. Hantu Ikon Rumah Pocong Sumi

Hantu Ikon Rumah Pocong Sumi

Karena hantu yang sering dilihat warga adalah pocong Sumi, maka yang terkenal di rumah itu adalah hantu pocong sumi. Sekilas cerita, Sumi atau sering dipanggil Sumini merupakan seorang wanita yang pernah menghuni rumah tersebut pada tahun 1935. Pada suatu hari, saat Sumi sendiri di rumah, rumah tersebut  didatangi tiga orang perampok  yang ingin mengambil  harta dan merenggut nyawanya. Bahkan Sumi diperkosa dan dicekik hingga tewas. Nah kisah memilukan inilah yang sering membuat pocong Sumi muncul.

2. Anak-anak Kecil

Anak-anak Kecil

Di halaman rumah pocong sumi terdapat sebuah meja lengkap dengan hiasan cangkir teh. Area ini juga dihuni oleh hantu anak-anak berwajah tua, ukuran tubuhnya sangat kecil dan perutnya buncit mereka suka berlari-lari dan meledek orang-orang yang berkunjung, tak heran kadang terdengar ada suara anak kecil yang sedang bermain, tertawa dan kadang ada juga yang ingin mengajak bermain para pengunjung.  Menakutkan bukan?

3. Mbah Putri

Mbah Putri

Rumah ini memiliki banyak kamar, salah satunya kamar yang terletak di tengah yang dihuni oleh seorang nenek-nenek yang dijuluki Mbah Putri, sosok hantu ini menyebarkan bau wangi bunga melati, Mbah Putri kerap menemani wisatawan yang berkunjung dan kehadiran Mbah Putri bisa dirasakan dari bau wangi melati yang mengikuti. Pasti bakalan merinding dibuatnya,  masih berani kalian buat masuk rumah ini? 

4. Ular Berkepala Manusia

Ular Berkepala Manusia

Sebenarnya, sosok yang satu ini memiliki wujud utuh ular, hanya saja jika hantu  tersebut marah kepalanya berubah menjadi kepala manusia. Jadi jangan coba-coba untuk mengganggunya ya. Wujud makhluk ini digambarkan pada sebuah mainan yang diletakkan di halaman belakang rumah pocong sumi ini.

5. Mbak Ayu

Mbak Ayu

Mbak Ayu adalah hantu wanita yang menghuni kamar depan dan dia adalah sosok yang pemalu. Menurut cerita, sebagian wajah Mbak Ayu rusak karena KDRT, oleh karena itu dia malu jika ada orang yang melihat di kamar depan tersebut,konon kalau siang-siang katanya ada bercak darah yang dapat dilihat di dinding kamar tersebut. Beberapa vlogger ingin mengabadikan kondisi kamar itu, namun sayangnya mereka selalu mengalami hal janggal saat ingin merekam, seperti baterai kamera mereka tiba-tiba habis.

6. Macan Rumah Pocong Sumi

Macan Rumah Pocong Sumi

Di bagian pintu masuk belakang rumah ini, terdapat dua ukiran topeng yang ditempelkan di masing-masing sisi dinding. Katanya topeng-topeng itu berperan sebagai penjaga rumah tersebut. Konon tepat di dekat pintu dihuni oleh seekor macan gaib yang disebut sebagai penjaga rumah tersebut.

Nah banyak makhluk astralnya bukan, siapkan mental kalian ya ketika memasuki rumah itu. Cek juga ya kisah urban legend lain dari penjuru indonesia seperti misteri rumah kentang ataupu misteri misteri di Indonesia yang belum terpecahkan hingga saat ini.

Gimana, tertarik berkunjung ke rumah ini?

 

Jesslyn Adelia
Hanya seorang anak muda yang suka makan dan travelling