21 Destinasi Tempat Wisata Jogja Terhits, Recommended

Artikel ini terakhir di perbaharui November 6, 2020 by Yoko Widito
21 Destinasi Tempat Wisata Jogja Terhits, Recommended

Wisata Jogja Terhits – Siapa yang kangen dengan Yogyakarta (Jogjakarta)? Tempat yang sering disingkat menjadi Yogya atau Jogja ini akan selalu menjadi magnet bagi siapapun untuk datang ke tempat ini. Suasana keakraban warga, tongkrongan merakyat di alun alun hingga tempat wisata yang menarik akan selalu membuat siapapun yang datang ke Yogyakarta ingin kembali lagi. Kamu sekarang sudah merasa kangen Jogja lagi?

Selain wisata dengan pemandangan alam yang menakjubkan, Yogya juga memiliki beragam tempat hiburan yang memanjakan. Sehingga Anda dapat menikmati berbagai jenis wisata dengan rasa yang berbeda hanya dengan berada di satu tempat. Agar tidak bingung mau kemana nantinya ketika berlibur ke Yogya, kami akan berikan rekomendasi tempat wisata yang perlu Anda kunjungi.

Tebing Breksi

Wisata di Yogyakarta : Tebing Breksi
Wisata Jogja Terhits

Pada awalnya lokasi ini adalah area bekas tambang, yang kemudian disulap menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Yogya. Keindahan yang ditawarkan dari ketinggian ketika menuju tebing adalah salah satu yang terbaik selain Anda dapat berpetualang di sekitaran tempat ini. Ada banyak spot foto menarik disini yang bisa menghiasi halaman Instagram kamu.

AlamatSambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman.
Harga Tiket
Jam Buka05.00 – 18.00
No Kontak

Spot Riyadi

Wisata Yogyakarta: Spot Riyadi
Wisata Yogya Paling Hits

Kamu adalah tipe orang yang menyukai wisata pemandangan dan ingin menikmati pemandangan desa, Gunung Merapi hingga gemerlap lampu perkotaan di Yogya? Maka tempat yang satu ini bisa dijadikan pilihan. Keindahannya tak terhalang waktu, kamu bisa datang kapan saja, baik pagi ataupun malam. Kamu juga bisa menikmati indahnya sunrise ataupun sunset di tempat ini dengan secangkir kopi hangat.

AlamatSambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman
Harga Tiket
Jam Buka05.00 – 23.00
No Kontak0852-9233-8177

Jurang Tembelan

Wisata Yogyakarta: Jurang Tembelan
Wisata Jogja Terhits

Meskipun namanya terdengar agak berbahaya, tetapi Jurang Tembelan sangat aman dan recommended untuk dikunjungi. Anda dapat menikmati keindahan pepohonan dari ketinggian bukit. Fasilitas yang disediakan pengelola juga lengkap, mulai dari tempat ibadah hingga warung. Salah satu daya tarik utamanya adalah spot foto yang berbentuk seperti perahu dan menghadap ke arah sunset . Jangan sampai ketinggalan bikin foto keren di sini ya.

AlamatMangunan, Dlingo, Bantul
Harga Tiket
Jam Buka24 Jam
No Kontak0818-0409-6352

Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur
Wisata Yogya Paling Hits

Menikmati sunrise ataupun sunset dapat Anda dapatkan ketika berada di destinasi satu ini. Beragam properti penunjang keindahan alam untuk dipotret pun juga tersedia banyak. Selain itu, jika berkunjung ketika matahari akan terbit, spotnya cocok sekali untuk mendapatkan foto yang indah karena adanya kabut pagi yang menyisir pepohonan.

AlamatMangunan, Dlingo, Bantul
Harga TiketRp. 2.000
Jam Buka24 Jam
No Kontak0878-3987-9069

Pantai Parangtritis

Wisata Yogya: Pantai Parangtritis
Wisata Jogja Terhits

Rasanya tak lengkap kalau ke Jogja tidak menyempatkan ke pantai yang satu ini. Parangtritis merupakan tempat wisata di Yogya yang sanga ikonik dan menjadi salah satu destinasi populer wisatawan. Bersantai bersama keluarga di pantai bisa menjadi momen yang tepat melepas penat. Tentu beragam fasilitas sudah lengkap disediakan di pantai ini, kamu juga bisa menikmati indahnya pantai ini dengan menggunakan andong yang tersedia di tempat ini.

AlamatDesa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul
Harga Tiket
Jam Buka24 Jam
No Kontak

Bukit Paralayang

Wisata Yogyakarta : Bukit Paralayang
Wisata Jogja Terhits

Tak jauh dari Pantai Parangtritis, sempatkan juga ke Bukit Paralayang. Santai sejenak menikmati keindahan alam dari puncak bukit dan angin segar adalah kenikmatan, terutama kalau kamu adalah anak senja yang sangat menyukai indahnya sunset ditemani pasangan. Kelengkapan fasilitas juga tak perlu dikhawatirkan. Cukup menempuh perjalanan kurang lebih 10 menit dari Parangtritis untuk sampai ke sini.

AlamatGiricahyo, Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul
Harga TiketRp. 10.000 per orang
Jam Buka05.00–18.30
No Kontak

Merapi Park

Merapi Park
Wisata Yogya Terhits

Saatnya mengeskplor keindahan kota di Jogja. Salah satu tempat hiburan yang menarik adalah Merapi Park. Disini Anda akan mendapati berbagai landmark negara dari belahan dunia dengan bentuk yang lebih kecil. Cocok untuk mengajak anak-anak berlibur. Jadi kalau kamu belum sempat menginjakkan kaki di luar negeri, kamu bisa kok menikmati landmark terkenal di luar negeri di tempat ini.

AlamatJalan Kaliurang KM 25, Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman
Harga TiketWeekdays Rp. 15.000/orang | Weekend Rp. 20.000/orang
Jam Buka09.00–17.00
No Kontak

Upside Down Jogja

Upside Down Jogja
Wisata Jogja Terhits

Kini hunting foto unik bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke Upside Down Jogja. Sebuah tempat wisata di Yogya yang akan membuat dunia terasa terbalik dengan beragam tata ruang yang ciamik. Ada cukup banyak spot foto menarik di tempat ini untuk bersenang senang bersama keluarga. Anda juga akan dibantu fotografer untuk mendapatkan hasil terbaik.

AlamatJalan Ring Road Utara, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman
Harga TiketDewasa Rp. 80.000 | Anak Rp. 40.000
Jam Buka10.00–18.00
No Kontak

Candi Prambanan

Candi Prambanan
Wisata Yogya Paling Hits

Setelah asyik menikmati segala keindahan alam, mari menikmati keindahan peninggalan peradaban. Candi Prambanan masih menjadi primadona wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Tempat ini juga merupakan spot wisata yang sangat terkenal di Yogya. Bisa dikatakan kalau belum ke Candi Prambanan, liburan kamu ke Jogja berasa ada yang kurang. Sisi historis dan nama yang sudah terkenal, menjadi daya tarik yang tak akan terelakkan.

AlamatBokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman
Harga TiketDewasa Rp. 50.000 | Anak Rp. 20.000
Jam Buka24 Jam
No Kontak

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan
Wisata Jogja Terhits

Kebun buah mangunan atau yang juga dikenal dengan negeri diatas awan. Destinasi wisata di Jogjakarta yang satu ini akan mengajak Anda seolah-olah berada di antara awan-awan. Terlebih jika Anda mengunjunginya ketika pagi hari atau subuh. Menikmati keindahan alam dari ketinggian dengan indahnya tebing dan pepohonan tentu akan merelaksasikan pikiran. Walaupun membutuhkan sedikit perjuangan untuk ke tempat ini, tapi semua terbayarkan saat kamu sudah berada diatas.

AlamatMangunan, Dlingo, Bantul
Harga TiketRp. 5.000/orang
Jam Buka05.00–18.00
No Kontak

Pura Pakualaman

pura pakualaman

Selama ini kebanyakan orang hanya mengenal Kraton Kasultanan Yogyakarta sebagai bangunan istana rumah raja, namun sebenarnya masih ada lagi satu istana raja yang berdiri di Jogja. Pura Pakualaman adalah satu dari dua istana yang berdiri di Daerah istimewa Yogyakarta. Seperti Kraton Kasultanan Yogyakarta, ada alun-alun, masjid, dan museum di dalam kompleks Pura Pakualaman.

Di kompleks Pura Pakualaman tidak hanya ada bangunan pendapa, melainkan juga ada bangunan-bangunan lain seperti Dalam Ageng Proboyeksa dengan arsitektur yang indah, Bangsal Sewarengga, Bangunan Maerakaca, serta ada banyak lagi. Untuk yang menginginkan tahu semakin banyak tentang histori Pura Pakualaman bisa mendatangi museum serta perpustakaan yang ada didalam istana. Di dalam perpustakaan ada koleksi naskah narasi histori serta karya sastra, sedangkan di museum wisatawan dapat melihat daftar silsilah keluarga Paku Alam, dokumen kesepakatan, atribut kerajaan, photo, koleksi senjata, serta juga koleksi baju.

AlamatJl. Sultan Agung, Kecamatan Pakualaman, Yogyakarta
Harga TiketSukarela
Jam BukaSenin, Rabu, Jumat, Sabtu 08. 00–17. 00 WIB

Minggu, Selasa,  Kamis jam 09. 00–13. 30 WIB

No Kontak

Kompleks Istana Ratu Boko

Kompleks Istana Ratu Boko

Lokasinya yang berada di ketinggian, membuat Candi Ratu Boko jadi tempat paling popular untuk fotografer untuk berburu lanskap senja. Sesuai sama nama awalannya, Abhayagiri Vihara atau yang memiliki arti biara di bukit yang penuh kedamaian, tempat ini menjanjikan keheningan senja yang menenteramkan. Diantara reruntuhan gerbang candi, Anda dapat melihat mentari yang bergulir turun. Sedang dari kejauhan tampak siluet Merapi Merbabu yang berdiri gagah.

AlamatJl. Raya Piyungan – Prambanan No.KM.2 Gatak, Bokoharjo

Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga TiketRp 40.000 (dewasa)
Rp 20.000 (anak)
Diskon 50% (pelajar/mahasiswa, minimal 20 orang)
Jam Buka06.00 – 17.00
No Kontak

Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran

Permukaan air telaga yang tersepuh bias senja bakal jadi panorama yang melenakan mata siapapun yang memandangnya. Pas di depan mata, matahari bulat dengan warnanya yang sangat cantik turun perlahan-lahan. Sedang di segi kanan, gugusan Gunung Nglanggeran mulai tertutup kabut. Senja di Embung Nglanggeran memanglah penuh pesona. Bila malam datang, jejeran lampu yang melingkari telaga bakal bikin situasi makin syahdu serta romantis.

AlamatNglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk

Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862

Harga TiketRp. 10.000 /orang
Jam Bukajam 08. 00–17. 00 WIB. Minggu, Selasa,  Kamis jam 09. 00–13. 30 WIB
No Kontak

Bukit Bintang

Bukit Bintang

Berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan kota Jogja serta Gunungkidul, Bukit Bintang senantiasa ramai didatangi anak muda yang menginginkan nikmati senja. Dari tempat ini Anda dapat melihat Merapi Merbabu dari kejauhan dan bentang alam Jogja. Waktu malam mendekati, kerlip lampu kota yang serupa lautan sinar bakal jadi panorama yang indah.

AlamatArea Kebun, Srimulyo, Kec. Patuk

Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Harga Tiket
Jam Buka24 Jam
No Kontak

Kawasan Titik Nol

Kawasan Titik Nol

Duduklah di kursi-kursi beton yang ada di sekitaran kawasanTitik 0 kurang lebih jam 5 sore, jadi Anda bakal lihat muka Jogja sebenarnya. Riuh rendah kendaraan serta orang waktu lalu lalang di jalanan bakal jadi panorama yang menenteramkan. Pada pukul ini juga umumnya gerombolan burung bakal berterbangan serta hinggap di pohon-pohon besar yang ada di Bangunan Agung. Bila ingin, naiklah ke atas Benteng Vredeburg serta pandanglah ke arah barat, pasti Anda dapat lihat mentari yang mulai tergelincir dibalik mega.

AlamatTitik nol Yogyakarta
Harga Tiket
Jam Buka24 Jam
No Kontak

Yogyatorium

Yogyatorium

Siapa sih yang tidak mengenal Dagadu? Inilah kaos plesetan cerdas khas Jogja yang sudah menjadi ikon dan bagian dari kota Jogja. Disinilah kamu bisa menemukan produk asli Dagadu Djokdja sekaligus mencicipi beragam kuliner Jogja ala Kolega Cafe. Seakan tidak mau mengulangi kekeliruan, banyak wisataawan yang mulai mencari info mengenai kaos kaos Dagadu Djokdja yang asli. Dan akhirnya informasi mengatakan kalau merchandise otentik Jogja ini cuma dapat dibeli di 3 tempat yang menyebar di Yogyakarta : Posyandu (Pos service Dagadu) di lower ground Malioboro Mall, Posyandu 2 di sudut Alun-alun Utara, dan yang terakhir Yogyatourium di lokasi Gedong Kuning.

Tempat terakhir yang disebutkan tadi adalah lokasi yang baru, tapi di tempat ini sangat ramai dikunjungi karena di dalamnya ada juga kafe dan berbagai sarana hiburan lainnya. Rencana one-stop shopping inilah yang kemudian membuat banyak orang tertarik untuk mendatangi Yogyatourium, sembari berburu sebagian oleh-oleh otentik dari Dagadu yang legendaris.

AlamatJl. Gedongkuning No.128, Rejowinangun

Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55172

Harga Tiket
Jam Buka09.00 – 21.00
No Kontak(0274) 375591

Kampung Wijilan

Kampung Wijilan

Kampung Wijilan merupakan pusat pecinta wisata kuliner Gudeg Jogja, Wijilan disebut juga Kampung Sentra Gudeg karena terdapat banyak warung-warung penjual Gudeg, lokasi Wijilan tidak jauh dari kawasan Prawirotaman. Di Wijilan ini dapat ditemui beberapa penjual Gudeg yang sudah terkenal sampai keluar Yogya antara lain Gudeg Yu Djum dan terdapat pula penjual gudeg pertama kali di Wijilan Warung Gudeg Bu Slamet.

AlamatWijimulyo, Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga Tiket
Jam Buka24 Jam
No Kontak

Tugu Jogja

Tugu Jogja

Tugu Jogja merupakan landmark terkenal di Jogja, bila anda bertanya dimana letak Tugu Jogja kepada setiap orang di sekitaran kota pasti mereka akan mengetahui letak lokasi tersebut. Tugu Jogja ini telah berusia sekitar 3 abad dan menyimpan banyak sekali makna dan sejarah kota Jogja.

Tugu Jogja dibangun oleh Hamengku Buwono I yang beliau juga pendiri Keraton Jogja, Tugu ini menurut dunia spiritual adalah sebuah penghubung antara Laut Selatan, Keraton dan Gunung Merapi.

Tugu Jogja ini terletak di tengah perempatan Jl Pangeran Mangkubumi – Jenderal Sudirman , Jl AM Sangaji dan Jl Pangeran Diponegoro dan sangat mudah diakses karena terletak di tempat strategis untuk melihat Tugu Jogja tidak dikenakan biaya atau gratis.

AlamatGowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233
Harga Tiket
Jam Buka24 Jam
No Kontak

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur sebenarnya sudah berada diluar kota Jogja tepatnya di Magelang, tetapi termasuk kategori tempat wisata di sekitar Jogja. Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di dunia yang dibangun pada abad ke-9 dibawah kekuasaaan Dinasti Syailendra. Candi ini dibangun dalam arisitektur Gupta secara arsitektur terpengaruh oleh budaya India.

Candi Borobudur ini letaknya sekitar 40 km dari Jogja dan sampai sekarang Candi Borobudur masih tetap dikunjungi oleh biksu dari berbagai belahan penjuru dunia untuk berziarah.

AlamatJl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur

Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Harga TiketTiket Dewasa Lokal Rp50.000
Tiket Anak Lokal (3-10 tahun) Rp25.000
Guide Fee Rp100.000
Tiket Rombongan Minimal 20 Orang Rp25.000
Jam Buka06.00–17.00
No Kontak

Malioboro

Malioboro

Jalan yang paling terkenal di Jogja adalah Jalan Malioboro, jalan yang terletak di pusat kota Jogja ini sudah terkenal sebagai tempat pariwisata dan tempat belanja berbagai macam oleh-oleh.

Jalan Malioboro pada waktu siang dipenuhi oleh pedagang pakaian, berbagai macam kerajinan,tas, sandal dan gantungan kunci dll . Pada waktu malam hari akan berganti dipenuhi oleh pedagang makanan lesehan berbagai macam menu yang enak.

AlamatJl. Malioboro Yogyakarta
Harga Tiket
Jam Buka24 jam
No Kontak

Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga

Walaupun tempatnya yang sedikit tersembunyi bukan berarti koleksi museum ini sedikit, museum ini memiliki lebih dari 10.000 koleksi dan terus bertambah dari waktu ke waktu yang terdiri dari mainan, poster, buku cerita, gambar dan masih banyak lagi. Dan uniknya sang pemilik mengatakan kalau koleksinya ini tidak hanya dari dalam negeri saja melainkan juga dari berbagai negara di luar negeri.

Dan yang membuat lebih unik lagi, mainan yang ada di tempat ini bukanlah mainan hasil buatan pabrik namun mainan tradisional yang memang benar benar handmade dan kental akan nuansa budaya asli dan cukup terkenal di jamannya. Mainan tradisional yang ada di tempat ini sangat banyak mulai dari kuda kudaan kayu, motor kayu, rumah rumahan dan masih banyak lagi.

AlamatJl. Tirtodipuran No.26, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron

Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143

Harga TiketRp. 4.000
Jam Buka09.00–16.00
No Kontak0811-2633-977

Nah guys, itulah daftar tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di Jogja. Kalau kamu berada di tempat ini kamu wajib berfoto, karena tempatnya instagramable banget loh. Jangan lupa juga guys, saat berada di Jogja selain datang ke tempat tempat wisata ini kamu juga bisa berwisata belanja di banyak spot belanja.

Apalagi di musim liburan ada banyak diskon, kamu wajib deh untuk menghitung diskon sebelum belanja supaya budget belanja kamu tidak membengkak. Untuk kamu yang berada di kota bogor kamu juga bisa membaca rekomendasi wisata di Bogor untuk menghiasai liburan kamu atau kamu juga bisa menikmati indahnya wisata alam di Pangkal Pinang yang menawan hati.

Happy Holiday!

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.