55 Tempat Wisata di Bandung Paling Hits 2022

Panduan Tempat Wisata Bandung Paling Hits

Saat Anda ingin pergi dari hiruk pikuk kesibukan yang mengikat hari harimu, kami sangat merekomendasikan untuk Anda bepergian ke beberapa lokasi tempat wisata di Bandung. Dimana Anda bisa menemukan berbagai wisata alam dan juga beberapa kafe lucu (bahkan beberapa diantaranya adalah yang terbaik di Indonesia!), jalan-jalan yang sangat ikonik , tempat wisata belanja dan factory outlet murah serta industri lokal kreatif di pusat kota Bandung yang membuatnya semakin menawan!

Dan seperti semua destinasi menarik lainnya, Bandung juga menawarkan sebuah wisata kuliner yang sangat menarik mulai dari masakan modern yang menggugah selera hingga jajanan kaki lima atau street food yang sangat unik. Selain itu, Anda dapat menemukan berbagai macam akomodasi unik di sini. Dan yang pasti Anda bisa menikmati semuanya dalam suhu yang sejuk!

Jadi kalau Anda baru pertama kali ke Bandung dan bingung mau ke tempat wisata yang mana saja selain Rumah Ambulance, Anda bisa menyimak panduan lengkap berikut supaya perjalanan ke Bandung bisa menjadi lebih menyenangkan.

Gambaran Umum Daerah Utama di Bandung

Gambaran Umum Kota Bandung

Bandung adalah rumah bagi 2,5 juta orang, dan merupakan kota terbesar ke-3 di Indonesia dengan suasana yang hidup namun santai. Pada saat pertama kali datang ke kota ini, pastikan Anda membiasakan diri dengan empat koordinat utama kota.

Bandara ini terletak di titik Barat di mana sebagian besar kawasan industri dan pemukiman berada. Di sebelah utara terdapat universitas dan beberapa mall populer seperti Paris Van Java dan Bandung Trade Centre, beserta deretan factory outletnya. Lebih jauh ke utara dari pusat kota ini Anda akan mencapai wilayah Lembang (pinggiran kota yang subur dan dingin).

Di sebelah Timur dan Selatan Bandung, Anda akan menemukan daerah yang kurang terkenal dan juga pasar Saung Angklung dan kulit Cibaduyut yang terkenal. Tetapi untuk mempermudah, berikut ini adalah lokasi yang wajib Anda datangi saat melakukan perjalanan wisata ke Bandung

Hotel Unik di Bandung

Sudah bosan menginap di hotel yang begitu begitu saja? Atau ingin mencoba hotel yang tidak biasa? Mengapa tidak Anda mencoba untuk mencoba hotel unik untuk membuat liburan Anda menjadi jauh lebih menyenangkan di kota Bandung. Berikut ini adalah rekomendasi hotel yang unik dan bagus untuk tempat menginap Anda selama melakukan perjalanan wisata ke Bandung.

GH Universal Hotel

GH Universal Hotel

Terletak di jantung kota Bandung, hotel bergaya Eropa klasik ini akan membuat Anda merasa seperti sedang berada di Eropa! Dengan lantai keramik marmer dan kafe di puncak gedung bernama Belle Vue, perjalanan Anda ke Bandung tidak akan terasa lebih mewah. Istimewanya lagi, lokasi hotel ini berada di lokasi yang strategis dan tidak berada jauh dari lokasi tempat wisata yang akan Anda datangi di Bandung bersama keluarga.

Bahkan ada penginapan hewan peliharaan, di mana Anda bisa bermain dengan 60 anjing di kompleks. Yang membuat lebih menarik adalah anjing-anjing juga mendapatkan kolam khusus mereka sendiri untuk berenang! Lokasi ini merupakan hotel bintang 5 yang sangat menarik di Bandung!

Lokasi GH Universal Hotel

Alamat: Jl. Setiabudi 376, Setiabudi, Bandung, Indonesia

Sapulidi Sawah Cafe, Resort & Gallery

Sapulidi Sawah Cafe, Resort & Gallery

Dikelilingi oleh lereng tanaman hijau subur dan danau yang indah, Sapulidi adalah tempat terapi terbaik bagi Anda untuk menenangkan diri dari rutinitas pekerjaan sehari hari. Di mana lagi yang bisa lebih sempurna untuk liburan yang sangat dirindukan bersama orang yang Anda cintai?

Kamar-kamarnya sebagian besar terbuat dari kayu, dan bahkan setiap kamar memiliki nama yang unik – Putri No’ong, Kembang Desa, Congklak, dan banyak lagi dimana semuanya berasal dari budaya dan cerita rakyat Sunda.

Lokasi Sapulidi Sawah Cafe, Resort & Galeri

Alamat:  Jl. Sersan Bajuri, Kompleks Graha Puspa, Lembang, Bandung, Indonesia

Kamojang Green Hotel & Resort

Kamojang Green Hotel & Resort

Sedikit bergeser dari pusat kota, surga tersembunyi itu berada di Garut, Kamojang Green Hotel & Resort menawarkan pengalaman yang tiada duanya. Ada sesuatu yang sangat tidak bisa dijelaskan tentang tempat ini, mungkin auranya yang menyegarkan atau bau udara segar yang segar sangat memikat.

Staf di sini di Kamojang Green Hotel & Resort bersemangat tentang apa yang mereka lakukan dan percaya dalam memberikan layanan pelanggan yang berkualitas. Ramah dan penuh perhatian, mereka selalu bersedia bekerja ekstra untuk Anda. Untuk Anda yang suka dengan keindahan alam, tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan menginap terbaik saat melakukan perjalanan wisata di Bandung.

Di sini, Anda dapat membenamkan diri dalam gaya hidup desa tradisional Sunda, dengan pemandangan pegunungan sebagai latar belakang yang sempurna. Ada juga berbagai kegiatan rekreasi seperti memancing dan olahraga air yang bisa Anda nikmati.

Lokasi Kamojang Green Hotel & Resort

Alamat: Jl. Raya Kamojang KM. 3, Samarang, Garut, Jawa Barat, Indonesia

Tebing Gunung Hawu

Tebing Gunung Hawu

Bagi penggemar matahari terbit, Tebing Gunung Hawu menawarkan sudut pandang yang fantastis untuk menyaksikan matahari terbit untuk menjalankan tugas paginya. Tidak hanya itu saja, Anda dapat menyaksikan langsung matahari terbit itu dari hammock atau tempat tidur gantung Anda yang tergantung di antara dua sisi tebing yang menjulang tinggi yang akan membuat adrenalin Anda terpacu.

Hammocking dipopulerkan oleh sekelompok penduduk setempat dalam upaya untuk meningkatkan aktivitas wisata di daerah tersebut sekaligus mencegah para penambang batu kapur untuk terus merusak lingkungan Gunung Hawu. Gunung ini juga terkenal dengan “lubang” besar yang bisa Anda lihat di tengah gunung. Itu juga alasan mengapa gunung itu diberi nama “Hawu”, yang berarti “perapian” dalam bahasa Sunda.

Jika Anda beruntung, Anda juga dapat melihat sinar matahari yang masuk melalui lubang, menciptakan pemandangan yang sangat indah. Bagaimana mungkin Anda melewatkan tempat wisata yang sangat luar biasa di Bandung ini!

Lokasi Tebing Gunung Hawu

Tebing Gunung Hawu terletak di belakang Tebing Citatah, pegunungan kapur Singgalang, dan akan membutuhkan perjalanan 30 menit dari yang terakhir. Bisa juga melalui kendaraan roda empat.

Lokasi Camping / Kemping Asik di Bandung

Jadi, Anda telah merencanakan liburan super seru dengan teman-teman Anda dan ingin berkemah tetapi tidak terlalu yakin bisa mendapatkan lokasi camping yang sesuiai dengan yang Anda inginkan?

Bandung menawarkan berbagai pilihan lokasi kemping di berbagai tempat wisata yang memenuhi berbagai ekspektasi Anda dan wajib untuk dicoba bersama teman.

The Lodge Maribaya

Tempat Wisata di Bandung - The Lodge Maribaya

Salah satu keunggulan The Lodge Maribaya adalah glamping, dengan berbagai pilihan aktivitas outdoor di alam sekitar. Memanggil semua pecandu adrenalin di luar sana! Pernah bermimpi untuk melakukan petualangan yang menggabungkan trekking, flying fox, platform pohon, bersepeda zip, dan ayunan langit?

Sangat mungkin untuk Anda lakukan di The Lodge Maribaya! Selain tenda, pondok ini juga menawarkan serangkaian wahana dan aktivitas seru. Anda tidak akan punya waktu untuk mengeluarkan kartu bermain dan domino yang sudah Anda bawa, jadi bersiaplah untuk petualangan penuh aksi seumur hidup!

Apakah Anda ingin memulai dengan Sky Tree – platform yang ditinggikan di atas pohon, ideal untuk beberapa pemandangan hutan yang indah. Atau Anda lebih suka Zip Biking atau bahkan Sky Swinging

Apa yang kamu tunggu? Kunjungi tempat wisata di Bandung yang sangat luar biasa ini bersama teman teman dan dapatkan foto instagramable terbaik Anda!

Lokasi The Lodge Maribaya

Alamat : Jalan Maribaya No.149/252 / RT 03/RW 15 Kp Babakan Gentong – Cibodas Lembang

Ciwidey Valley Resort

Tempat Wisata di Bandung - Ciwidey Valley Resort

Tempat wisata ini terletak di Rancabali Ciwidey, Bandung. Pengalaman glamping ini dilengkapi dengan TV layar datar dan kamar mandi berperabotan dengan perlengkapan mandi.

Dihiasi dengan gaya Apache, pilih tipe Camping Ground Family dan nikmati kolam air panas, permainan percikan air, seluncuran, taman burung, taman bermain anak-anak, dan banyak lagi fasilitas menyenangkan lainnya!

Lokasi Resor Lembah Ciwidey

Alamat: Jl. Barutunggu KM. 17, Ciwidey, Alamendah, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973

Grafika Wisata Cikole

Tempat Wisata di Bandung - Grafika Wisata Cikole

Grafika Wisata Cikole terletak di kaki Gunung Lembang (sekitar 1.400 meter di atas permukaan laut), Anda akan menikmati kumpulan sabana berbukit di antara hutan pinus. Kamp-kamp di sini diamankan dengan baik dengan semen dan dilengkapi dengan listrik. Anda juga akan diberikan kantong tidur, kamp api, dan beberapa tusuk sate jagung untuk merasakan pengalaman berkemah yang menyenangkan.

Lokasi Grafika Wisata Cikole

Alamat: Jl. Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

Rumah Hobbit di Bandung!

Tempat Wisata di Bandung -Rumah Hobbit di Bandung

Tempat wisata ini terletak tepat di Jalan Raya Lembang, Bandung. Dan membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota untuk sampai ke sana. Rumah Hobbit menggabungkan pertanian, film, dan nafsu berkelana di satu tempat.

Dengan bangunan bergaya Eropa, dan rumah Hobbit yang mengingatkan pada Lord of the Rings. The Farm House adalah tempat yang cocok untuk seluruh keluarga. Anak-anak dapat bersenang-senang dengan berlarian di area taman yang luas, sementara orang tua menikmati udara pegunungan yang sejuk dan pemandangan yang indah saat mengambil foto.

Lokasi Rumah Hobbit Lembang

Alamat: Jl. Raya Lembang No. 108 Lembang, Bandung

Kota Mini

Tempat Wisata di Bandung -Kota Mini

Memimpikan arsitektur Eropa kuno dan lingkungan yang indah untuk membawa Anda kembali ke era yang sarat dengan budaya dan tradisi? Sekarang Anda tidak perlu lagi menanggung harga tiket pesawat ke Eropa yang mahal karena Kota Mini baru saja mendarat di Bandung !

Tempat wisata ini terletak di kawasan Grand Hotel Lembang, Bandung. Kota Mini adalah tempat di mana kesenangan dan kesenangan hidup berdampingan, sejak Juni 2017. Kecantikan mengalir di setiap sudut kota kecil. Bangunan flamboyan akan membawa Anda langsung ke adegan film nyata!

Ini adalah tempat yang sempurna untuk mempersiapkan anak-anak Anda untuk dunia dewasa juga! Dorong mereka untuk mengambil bagian dalam profesi paling impian mereka dengan bermain peran polisi, pemadam kebakaran, koki kecil, perawat boneka bayi dan banyak lagi!

Tempat Wisata di Bandung -Kota Mini

Dapatkan pemotretan keluarga yang berkesan bersama si kecil. Berdandan dengan pakaian yang terinspirasi Belanda dan berkeliaran di sekitar kota. Berapa banyak lagi suasana vintage yang bisa didapat? Selain itu Kota Mini adalah surga bagi pecinta kucing dan boneka beruang! Kami tidak akan mengatakan lebih banyak tetapi menjanjikan waktu terbaik untuk Anda!

Akhiri hari Anda dengan waktu bermain di Kota Mini Hobbit Playground bersama dengan tur kereta api yang tak terlupakan ke seluruh kota kecil, sebelum menuju untuk makan malam di restoran luar kota. Kami tidak berpikir hari yang menyenangkan untuk keluarga bisa menjadi lebih baik!

Lokasi Kota Mini

Alamat: Jl. Grand Hotel No.33, Lembang, Bandung, Jawa Barat 40222

Pecinan Bandung

Tempat Wisata di Bandung - Pecinan Bandung

Terletak di sekitar Kelenteng Cina terbesar di Bandung, Kelenteng Satya Budhi, Pecinan merupakan tambahan dari daftar panjang belanja dan atraksi kuliner di kota ini. Daerah ini padat dengan toko-toko kecil dan gerai makanan yang menjual makanan otentik dan barang-barang keturunan Cina.

Jika Anda tidak menyukai makanan Cina, jangan khawatir – Pecinan di Bandung juga didedikasikan untuk makanan asli Sunda. Harus dicoba: Camilan Bakso Goreng, Nasi Lengko (tradisional dari Cirebon) dan apa pun yang pedas! Bagaimanapun juga, saat ini Anda berada di Indonesia!

Baik untuk diketahui: Pecinan Bandung menjual makanan dan minuman halal, sehingga melayani pengunjung Muslim juga. Anda bahkan dapat mengunjungi museum di mana Anda dapat menemukan koleksi artefak kuno Tiongkok seperti mangkuk dan piring porselen.

Tempat Wisata di Bandung - Pecinan Bandung

Suasana umum ditingkatkan dengan lentera flamboyan di atas kepala yang tergantung di sepanjang jalan. Toko-toko di sini menawarkan koleksi pakaian, suvenir, dekorasi rumah, dan aksesori. Ini memang tempat yang bagus untuk melatih keterampilan tawar-menawar Anda!

Jangan lupa mampir ke toko merchandise untuk beberapa dekorasi rumah antik. Ya, inilah saatnya memberi ruang tamu Anda sedikit tampilan vintage!

Anda bahkan dapat menyewa pakaian tradisional Tiongkok yang layak untuk halaman media sosial Anda!

Lokasi Pecinan Bandung

Alamat: Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40182, Indonesia

Sungai Cikahuripan

Tempat Wisata di Bandung - Sungai Cikahuripan

Pernahkah Anda mendengar tentang ngarai tersembunyi sungai Cikahuripan yang terletak hanya satu kilometer dari pintu masuk tempat wisata Cikahuripan? Jalurnya didominasi bebatuan raksasa hingga ke dua tebing menjulang setinggi 10 meter, menyebar hingga lebar 100 meter dari satu sisi ke sisi lainnya. Kalau Anda suka dengan wisata alam, segera datangi lokasi menarik di Bandung ini yang akan membawamu ke dunia lain sepanjang perjalanan.

Terjepit di antara tebing fosil adalah sungai kecil Cikahuripan yang indah. Airnya berkilau di kejauhan, menciptakan kolam pirus kristal yang mengundang. Kedalaman air mencapai 4 meter, namun beberapa spot berbatu lebih dangkal, sehingga Anda dapat menikmatinya bersama keluarga.

Lokasi Sungai Cikahuripan

Alamat: Raja Mandala Cipongkor, Saguling, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Bandung Jawa Barat 40561.

Sampai di Rajamandala, Padalarang, lalu belok kiri ke Waduk Saguling. Belok kanan di pertigaan terakhir sebelum Waduk Saguling, dan Anda akan segera melihat warung kecil dengan tanda ‘Wisata Cikahuripan’. Lanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 1 km.

Kolam Renang Infinite Pool di Bandung

Kami tidak begitu yakin dari mana infinity pool berasal, tetapi mari kita bersyukur mereka ada.

Oh ya, waktu yang tepat untuk hidup! Ini adalah salah satu kolam renang terbaik dan paling menakjubkan di abad ke-20! Hebatnya lagi, di Bandung, beberapa penginapan dengan infinity pool disandingkan dengan pemandangan yang paling memesona!

Dulang Resort and Resto

Dulang Resort and Resto Bandung

Berenang di kolam renang dan bersantai dengan koktail, saat mata Anda menikmati pemandangan sawah dan lampu kota Bandung yang memukau di cakrawala. Anda masih bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan sambil bersantap di teras yang menggantung di tepi kolam renang.

Karena berada di dataran yang lebih tinggi, Anda akan disambut dengan kabut pagi saat bangun tidur. The Dulang Resort juga dirancang untuk menghadirkan kesan kabin kayu di antah berantah – tempat yang sempurna untuk recharge tenaga Anda untuk menghadapi hari.

Lokasi Dulang Resort and Resto

Alamat: Dulang Resort and Resto – Jl. Pabrik Gitar, Pagerwangi, Lembang, Bandung, Indonesia 40391

Art Deco Luxury Hotel and Residence

Art Deco Luxury Hotel and Residence Bandung

Jika Anda menyukai pemandangan kolam renang yang bagus dan sempurna di Bandung, ini adalah tempat di mana Anda akhirnya tidak perlu mengedit semua foto dan video Anda!

Kolam renang tanpa batas atau infinite pool yang disempurnakan dengan warna dan dekorasi putih bersih yang nyaman, ditambah dengan gazebo yang nyaman untuk Anda bermalas-malasan sepanjang hari selama Anda di Bandung. Meskipun hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah menuju ke area kolam renang, namun pasti Anda tidak akan mungkin melewatkan tur kamar yang sangat menawan.

Kami tahu beberapa dari Anda lebih suka berjalan-jalan daripada bersantai, namun Anda memiliki pilihan untuk melakukannya dengan gaya! Temukan keberadaan Bandung dengan Taksi London yang unik dari hotel. The Dining Room adalah restoran residen yang menawarkan pengalaman gastronomi terbaik yang disempurnakan dengan pemandangan panorama 360 derajatnya.

Lokasi Art Deco Luxury Hotel and Residence

Alamat:  Jl.Rancabentang No.2 Ciumbuleuit Bandung – Jawa Barat, Indonesia

SangRia Resort & Spa

SangRia Resort & Spa Bandung

Berkendara di jalan berliku menuju Lembang dan Anda akan menemukan tempat liburan romantis ini di lereng bukit, di mana pemandangan dari balkon setiap kamar adalah sebuah mahakarya. Cicipi segelas martini di tepi kolam renang, sambil menikmati pemandangan tanaman hijau subur di hutan yang membentang di luar cakrawala.

Terletak di jantung kota Lembang, resor ini hanya beberapa menit dari berbagai atraksi – ladang stroberi di mana Anda dapat memetik buah sendiri, De’ Ranch, dan Observatorium Bosscha. Belum lagi banyak restoran di mana Anda bisa mendapatkan sudut terbaik dari lembah.

Lokasi SangRia Resort & Spa

Alamat: SanGria Resort & Spa – Jl. Hortikultura No.88, Lembang, Bandung

Cafe dan Restoran Unik di Bandung

Anda pasti pernah mendengar bahwa café adalah hal yang lumrah di Bandung. Bagaimana jika kami memberi tahu Anda bahwa ada cukup banyak kafe dan restoran unik yang instagramabble di kota Bandung? Anda akan menyadari bahwa fantasi Anda menjadi kenyataan!

Segera temukan restoran bertema unik Bandung yang menonjol dari yang lain.

Goldstar 360 Cafe

Goldstar 360 Cafe Bandung

Ganti makan malam dengan cahaya  lilin yang mewah dengan makan dengan konsep gua yang unik. Berapa banyak lagi pengalaman makan di dunia dongeng yang bisa Anda dapatkan? Ini adalah salah satu theme cafe terbaik yang ada di kota Bandung, menyajikan banyak pengalaman unik dan menarik serta sajian restoran yang sangat epic!

Tepat di lantai tiga gedung multifungsi Goldstar Sport Resto, serangkaian gua serba putih yang saling berhubungan menunggu. Gua yang terinspirasi dari Yunani ini juga menawarkan konsep yang berbeda (outdoor, semi outdoor, dan indoor). Ada Megas Lakkos – area pribadi dengan lampu biru, Korydallos – area terpencil dengan tema penjara, dan Stravomyti, Mykonos dan Petralona yang merupakan bagian tengah dengan jendela kaca raksasa.

Gambar-gambar di dinding menggambarkan sketsa kuno dan pola simbolis lainnya menciptakan suasana eksotis itu. Bukankah itu hanya menambah suasana romantis? Makanan disini juga cukup terjangkau, enak dan halal. Nikmati makanan favorit seperti Nasi Goreng, steak ayam atau spaghetti dengan banyak minuman, termasuk alkohol.

Setelah selesai bersembunyi di gua, pergilah ke rooftop mereka di lantai 5 untuk melihat pemandangan 360 derajat Bandung.

Lokasi Bintang emas 360

Alamat: Jalan Dangdeur Indah No. 2B, Sukagalih, Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40163

Warkop Modjok

Warkop Modjok Bandung

Dahulu kala ada sebuah restoran kecil bernama Warkop Modjok yang tampak seperti berasal langsung dari dongeng mistis. Meskipun makanannya tidak memiliki taburan debu peri, mereka pasti akan menggoda selera Anda.

Jadi, duduklah, pesan hidangan nasi goreng khas Warkop Modjok atau nikmati beberapa makanan ringan mereka mulai dari Tahu Pedas hingga Keju Singkong dan nikmati pengalaman makan Anda yang bahagia selamanya!

Oh… dan buatlah permintaan saat Anda melakukannya, Anda tidak pernah tahu apakah peri sedang mendengarkan.

Lokasi Warkop Modjok

Alamat: West Raya Pinus No. 73B, Komplek Pondok Hijau Indah, Sersan Bajuri, Bandung

Nanny Pavillon Home

Nanny Pavillon Home Bandung

Salah satu cabang terbaru di blok Bandung (meskipun sudah memiliki banyak cabang di kota-kota lain di Indonesia), interior Nanny Pavillon sangat manis dengan furnitur cantik dan interior yang lucu. Di sini, Anda dapat memilih ‘kamar’ mana yang ingin Anda makan – baik itu Ruang Makan, Kamar Tidur, Taman, Ruang Bermain, atau bahkan Kamar Mandi (ya dan kursi Anda adalah dudukan toilet)!

Karena konsepnya berasal dari kepercayaan pemilik pada pertemuan keluarga dan suguhan yang nyaman, Anda tidak akan mengharapkan apa pun selain layanan yang ramah di sini, membuat Anda merasa seperti di rumah sendiri. Nanny Pavillon juga terkenal karena menyajikan pancake Prancis-Amerika yang lezat. Nilai tertinggi adalah panekuk persik dengan es krim vanila dan gulungan keju pancake blueberry.

Lokasi Rumah Nanny Pavillon

Alamat: RE Martadinata No.127, Cihapit, Bandung, Indonesia

Rainbow Garden di Pasar Terapung, Lembang

Rainbow Garden di Pasar Terapung, Lembang, Bandung

Anda pasti pernah mendengar tentang Pasar Terapung Lembang yang populer yang mirip dengan pasar terapung tradisional Thailand di mana Anda dapat mencicipi makanan lezat dan produk segar lainnya dari penduduk setempat. Namun tahukah Anda bahwa belakangan ini, kalau di lokasi tersebut ada Rainbow Garden dengan segala keunikan dan daya tariknya?

Mekar sepanjang tahun, Rainbow Garden menyambut pengunjung setiap hari. Dengan cuaca dingin yang ideal di Lembang, Anda pasti dapat mengagumi taman yang penuh dengan bunga-bunga yang semarak (lebih dari 100 spesies berbeda), yang sebagian besar, percaya atau tidak, sebenarnya dapat dimakan! Ini memastikan bahwa bunga-bunga itu juga aman untuk anak-anak.

Anda akan kagum dengan betapa indahnya bunga-bunga itu bermekaran sehingga Anda juga menginginkannya di taman Anda.

Lokasi Rainbow Garden di Pasar Terapung, Lembang

Alamat: Jl. Hotel Agung no. 33E – Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Restoran Dengan Pemandangan Alam Bagus di Bandung

Sudah bosan makan di tempat makan yang begitu begitu saja? Sudah saatnya Anda move on ke lokasi restoran berikut yang memiliki pemandangan alam sangat bagus dan cantik di kota Bandung. Lokasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melarikan diri dari rutinitas sehari hari atau sekedar ingin mencari suasana baru

Pinisi Resto

Pinisi Resto Bandung

Pernah mendengar tentang Resto Pinisi Legok Kondang? Pinisi Resto berada di atas kapal raksasa yang berlabuh di samping danau dan dikelilingi oleh pemandangan pegunungan yang indah.

Anak-anak akan senang naik ke atas kapal dan memiliki salah satu pengalaman makan paling tak terlupakan yang pernah ada. Menyajikan pesta BBQ, Pinisi Resto adalah tempat yang tepat untuk menjalin ikatan dengan keluarga atau teman sambil berpesta dan bermain sebagai bajak laut!

PS: Tempat wisata Pinisi Resto berlokasi di family glamping site Legok Kondang, Bandung silahkan reservasi terlebih dahulu jika ingin makan disini!

Lokasi Pinisi Resto

Alamat: Jalan Situ Patengan, Patengan Rancabali, Ciwidey, Bandung

Gubug Makan Mang Engking

Gubug Makan Mang Engking Bandung

Bayangkan bersantap di gubuk tradisional Indonesia di tepi danau – tempat terbaik untuk beristirahat setelah belanja di kota Bandung. Restoran ini memiliki beberapa cabang di Indonesia, termasuk di Jakarta, tetapi salah satu yang terbaik di Bandung adalah salah satu yang terbaik.

Ketika Anda dapat melepaskan diri dari pemandangan yang indah, jangan lupa untuk mencoba salah satu ciri khasnya – udang berlapis madu. Ada juga kolam ikan dan taman bermain anak-anak untuk menghibur si kecil sambil menikmati makan siang yang panjang.

Lokasi Gubug Makan Mang Engking

Alamat: Jl. Kopo Bihbul no.45 | Kopo Square, Bandung, Indonesia

Tafso Barn

Tafso Barn Bandung

Bagaimana Anda ingin menikmati hari keluarga di kafe yang indah dengan tempat unik dan makanan lezat untuk melengkapi perjalanan wisata Anda di Bandung? Di kawasan Ciumbuleuit, Tafso Barn menjadi headline sebagai tempat kuliner yang wajib dikunjungi. Dengan pemandangan kota Bandung yang indah, kafe cantik ini memiliki lapangan golf mini, sangkar burung putih berukuran manusia yang dihias, ayunan antik, dan tenda mini yang nyaman.

Area yang luas ini juga dibagi menjadi beberapa bagian kafe yang terpisah dengan konsep yang berbeda. Pilih dari meja teduh di taman atau pengaturan pedesaan dengan tong tua sebagai penyangga. Dengan menu yang beragam mulai dari masakan Indonesia, Barat hingga Jepang, pastikan ponsel Anda terisi penuh – Anda akan menghabiskan terlalu banyak waktu sebelum Anda menyadarinya.

Lokasi Tafso Barn

Alamat: Jl. Baru Laksana No.75, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Kebon Awi Kaffee

Kebon Awi Kaffee Bandung

Di sini, Anda dapat menikmati pengalaman bersantap di udara terbuka yang tersembunyi di “hutan bambu” dari 25 spesies berbeda. Kafe ini juga berkomitmen terhadap keberlanjutan dan konservasi sumber daya alam. Dengan koleksi spesies bambu yang luar biasa, Kebon Awi Kaffee juga menawarkan wisata edukasi, workshop dan galeri patung di Bandung. Ini adalah cara lain untuk mempromosikan bakat lokal melalui konsep keberlanjutan.

Tergantung pada ukuran kelompok Anda, Anda akan ditampung di sebuah pondok kecil dengan sofa empuk dan meja yang nyaman. Gubuk terbesar dapat menampung hingga 20 orang sedangkan yang lebih kecil ideal untuk 4-6 orang untuk bersantap dengan nyaman.

Sementara spesialisasi restoran terutama masakan tradisional Indonesia, mereka juga melayani selera yang berbeda dan memiliki pilihan Barat. Harus dicoba: Panna Cotta dengan topping blueberry dan ceri!

Lokasi Kebon Awi Kaffee

Alamat:  Jl. Bukit Pakar Timur No. 29, Dago Pakar, Bandung

The 18 Restaurant and Lounge, Trans Luxury Hotel

The 18 Restaurant and Lounge, Trans Luxury Hotel Bandung

Mencari tempat istimewa saat wisata, di mana Anda bisa santai menikmati wine dan bersantap dengan pemandangan kota Bandung yang indah dari ketinggian? Jangan lewatkan 18 Restaurant and Lounge di Trans Luxury Hotel.

Di sini, kami merekomendasikan ikan barramundi, chicken parmigiana, dan pasta tortellini – semuanya disajikan dengan layanan yang sangat baik. Ini adalah tempat yang sempurna untuk makan malam romantis dengan pasangan tercinta Anda sambil menikmati lampu-lampu kota yang indah tersebar di bawah Anda.

Lokasi The 18 Restaurant and Lounge, Trans Luxury Hotel

Alamat: Jl. Gatot Subroto 289, Bandung

Kawah Putih

Kawah Putih Bandung

Danau Kawah yang terbentuk setelah Gunung Patuha meletus ini dianggap mistis – burung-burung yang terbang di dekat daerah itu akan mati, yang membuat orang enggan untuk mencari tahu apa yang sebenarnya ada di sana, hingga abad ke-19 ketika seorang ahli botani Jerman menjelajahi daerah itu dan menemukan danau kawah yang indah.

Perairannya yang berwarna biru kristal berubah dengan kondisi cuaca, dan dilapisi dengan pasir putih halus, memberikan pengunjung pengalaman dunia lain. Bahkan vegetasi di sekitar area ini sangat berbeda dengan yang di bawah. Meskipun terletak di puncak kawah gunung, fasilitas penting seperti toilet dan tempat parkir, serta tempat makan kecil.

Lokasi Kawah Putih

Alamat: Jl. Raya Soreang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat

Dusun Bambu Leisure Park

Dusun Bambu Leisure Park Bandung

Bosan dengan pemandangan kota yang itu-itu saja? Terletak di atas bukit di Lembang, Dusun Bambu Leisure Park menawarkan pemandangan tanaman hijau subur dan udara pegunungan yang segar, semuanya dalam kenyamanan arsitektur modern. Di atas lahan seluas 15 hektar, anak-anak dan remaja dapat berkeliaran dengan bebas di taman dan taman bermain yang terawat indah atau mengikuti banyak kegiatan mulai dari tembikar, golf mini, balon udara, dan bahkan lapangan tembak!

Baru-baru ini, mereka juga menambahkan The Labyrinth – atraksi baru yang dirancang untuk membuat anak-anak Anda benar-benar bermain di tanah berkarpet di seluncuran, rumah mini, terowongan, dan lainnya sesuka hati mereka!

Dusun Bambu Leisure Park Bandung

Untuk makanan, keluarga memiliki tiga restoran untuk dipilih – Anda dapat menikmati makan siang pribadi di Lutung Kasarung di kabin ‘sarang burung’ yang tergantung di pohon pinus, mencicipi masakan tradisional Sunda di Purbasari di gazebo tepi danau, atau bersantap dengan pemandangan Gunung Burangrang di Kafe Burangrang .

Dusun Bambu Leisure Park Bandung

Tidak cukup waktu untuk menjajal semua atraksi di Dusun Bambu? Bagaimana kalau bermalam di Kampung Layung Villas lengkap dengan butler sendiri? Jika Anda ingin sedikit lebih berani, pergilah ‘glamping’ di Sayang Heoulang (Eagle Camp) – lebih dekat dengan alam bebas dengan nyaman!

Lokasi Dusun Bambu Leisure Park

Alamat: Jl. Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Bandung Barat 40551

Cafe Instagramable di Bandung

Bandung menyembunyikan beberapa kafe yang instagramable. Kami telah membuat daftar beberapa yang paling eksklusif sehingga Anda tidak perlu mencarinya. Mulai dari makanan berseni dengan pancaran warna hingga konsep paling eksklusif, Anda harus mengosongkan sebagian memori di ponsel agar dapat memotret tanpa henti!

Kalpa Tree Cafe

Kalpa Tree Cafe Bandung

Makan di tepi kolam renang itu keren, tapi meja tepat di tengah kolam? Itu bahkan lebih istimewa!

Sebuah kolam renang biru yang indah terletak indah di area outdoor Kalpa Tree Cafe. Tepat di tengah, ada bukaan dengan tangga yang mengarah ke bawah ke ruang makan melingkar. Suasana uber chic terbentang dari luar hingga ruang nyaman yang hangat di dalamnya. Anda akan menyukai kombinasi pintu berbingkai kaca, tangga spiral hitam yang bergaya, dan bar terbuka dengan perapian Barat.

Di sini, Anda dapat menemukan masakan Barat dan Indonesia. Jangan lewatkan Nasi Goreng Kalpa, Dory Singapore Sauce, dan Spaghetti Carbonara yang ekstra cheesy. Pastikan untuk membawa pakaian ganti jika Anda ingin berenang di kolam yang mengundang. Beli saja voucher berenang seharga Rp80.000 (sekitar USD 6) yang juga bisa Anda gunakan untuk belanja makanan.

Lokasi Kalpa Tree Cafe

Alamat: Jl. Kiputih No.37, Ciumbuleuit, Cidadap, Bandung, Jawa Barat 40142

One Eighty Coffee

One Eighty Coffee Bandung

Baru dibuka pada tahun 2016, One Eighty Coffee menyediakan restoran ramah keluarga yang memukau di mana orang tua mendapatkan pilihan untuk bersantap di air sementara anak-anak bermain-main di kolam dangkal.  Selain area kolam renang restoran, ada 2 lantai dengan tangga spiral naik.

Ada masakan Indonesia dan Barat di menu seperti Iga Garang Assam, dan favorit yang sudah dikenal seperti Aglio Olio dan English Breakfast – dan memang terlihat menggugah selera. Tempat ini memang sangat sempurna untuk Anda yang ingin bersantai di tempat unik saat melakukan perjalanan wisata ke Bandung.

PS: Air di kolam dangkal sedikit di atas mata kaki. Pakailah sandal dan celana pendek jika Anda berniat untuk bersantap di area perairan restoran, dan bawalah satu set pakaian cadangan untuk anak-anak jika perlu!

Lokasi One Eighty Coffee

Alamat: Jl. Ganesha No. 3 Bandung 40132

Gunung Batu, Lembang

Gunung Batu, Lembang, Bandung

Lembang menjadi tujuan yang sempurna bagi para pendaki gunung karena terletak di dataran tinggi Bandung. Jadi jika Anda menyukai adrenalin, maka Gunung Batu mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Seperti namanya, Gunung Batu atau Gunung Batu didominasi dengan permukaan berbatu besar hingga ke puncaknya.

Sebagai salah satu gunung tertinggi di Lembang, Anda dapat menyaksikan pemandangan gunung-gunung lain di sekitarnya seperti Tangkuban Perahu, Gunung Putri, Bukit Tunggul dan Palasari. Semuanya meningkatkan keindahan Gunung Batu secara keseluruhan. Itu juga menjadi tempat berkemah terbaik untuk mendapatkan pemandangan matahari terbit yang sempurna.

Lokasi Gunung Batu, Lembang

Pergi ke Pasar Lembang dengan bus atau angkutan umum dimana Gunung Batu sudah terlihat, Anda hanya berjarak 3 km darinya. Anda dapat melanjutkan dengan angkutan umum yang lewat setiap 15 menit, sepeda motor ( ojek) atau kereta kuda ( delman). Setelah Anda mencapai area “kaki”, naiklah ke atas selama sekitar 20 menit untuk mencapai puncak.

Restoran Romantis di Bandung

Pengalaman makan dan harga yang mahal biasanya adalah hal yang tidak terpisahkan. Tahukah Anda di luar sana ada banyak orang yang menghabiskan uang hingga jutaan hanya untuk sekali makan? Dan berikut ini adalah daftar yang harus Anda coba minimal satu kali dalam seumur hidup karena Bandung menawarkan banyak restoran dengan kualitas terbaik dan suasana romantis untuk melengkapi acara spesial Anda..

Belle Vue French and Italian Bistro

Belle Vue French and Italian Bistro Bandung

Teman kencan Anda akan senang diperlakukan seperti raja atau ratu di Belle Vue French and Italian Bistro. Restoran romantis ini menawarkan tamu kemewahan Eropa yang sesungguhnya lengkap dengan lampu gantung dan pemandangan gunung.

Suasana romantis tidak terbatas pada sekitaran saja. Setiap detail diperhatikan saat koki mempersiapkan sajian hidangan lezat untuk kesenangan Anda. Poulette A ‘A Bierre, Tenderloving Beef, dan Chocolate Zagablione tidak akan mengecewakan.

Pastikan untuk datang pada sore hari untuk menikmati pemandangan matahari terbenam sambil bersantap layaknya bangsawan di atas kastil bergaya Jerman ini.

Lokasi Belle Vue Bistro Prancis dan Italia

Alamat : GH Universal Hotel Bandung. Jl. Setiabudhi No.376, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Bilbao Brasserie

Bilbao Brasserie Bandung

Apa yang lebih romantis dari suasana bertema Prancis yang lembut dan lapang dilengkapi dengan keju yang meleleh sempurna, steak yang empuk, dan lampu yang redup? Selamat datang di Bilbao Brasserie, restoran bertema unik dan terjangkau untuk dinner paling romantis bersama pasangan Anda. Melarikan diri dari restoran yang penuh sesak untuk menikmati makan malam impian Anda untuk dua orang.

Bilbao Brasserie dengan sempurna menggambarkan brasserie tradisional Prancis, suasana santai, dan menu sepanjang hari dengan fokus pada keju French Raclette. Hidangan yang paling direkomendasikan adalah steak mereka dengan tambahan Raclette. Seorang pelayan akan datang dengan lembut mengikis tumpukan keju besar yang mengalir di atas steak empuk Anda disertai dengan kentang panggang.

Lokasi Brasserie Bilbao

Alamat: Jalan Cimanuk No. 12, Citrus, Bandung Wetan Kota Bandung, Jawa Barat

Restoran Keluarga di Bandung

Jika Anda seorang pecinta kuliner, kami memahami saat Anda bersama pasangan dan anak untuk memanjakan diri. Ada beberapa tempat dengan konsep indoor dan outdoor yang indah di restoran Bandung saat melakukan perjalanan wisata yang menyambut anak-anak dengan tangan terbuka.

Lereng Anteng

Lereng Anteng Bandung

Untuk orang tua yang mencari tempat makan yang ramah anak dengan panorama Bandung yang menakjubkan, udara pegunungan yang segar, dan kopi yang nikmat – pergilah ke area wisata Lereng Anteng yang masih terletak di Bandung.

Duduklah di kursi beanbag berwarna-warni, dan nikmati cuaca sejuk yang menyegarkan dan pemandangan gunung yang berkabut. Di menu, pilih dari favorit lokal mulai dari hidangan Indonesia hingga Sunda. Untuk kopi, Anda mungkin senang mendengar bahwa kopi Vietnam Drip juga tersedia di sini!

Lokasi Lereng Anteng

Alamat:  Pageurmaneuh, Punclut, Ciumbuleuit, Bandung

Le Delice Café and Bakery

Le Delice Café and Bakery Bandung

Pusat kota Bandung adalah tempat di mana Anda bisa menemukan salah satu cafe bertema piknik yang paling menarik. Memperbaiki pengalaman bersantap keluarga tradisional, kafe ini terletak di atas rumput dengan sepetak taman rumput sintetis yang dipercantik dengan alat piknik yang sebenarnya – kain piknik kotak-kotak tradisional serta keranjang piknik terbaik yang diisi dengan pilihan roti.

Anda bisa menemukan pilihan menu yang ramah anak, pasta favorit anak Anda, kentang goreng, sayap ayam, dan es krim!

Lokasi Le Delice Café and Bakery

Alamat: Jl. Guntur No.22, Malabar, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40262

Dago Dream Park

Dago Dream Park Bandung

Dago Dream Park Bandung bukan sembarang taman keluarga, namun ditata dengan nuansa khas Bali yang akan langsung membuat Anda dalam suasana santai saat berada di tempat wisata ini. Pohon-pohon dan patung-patung di sekitar dihiasi dengan kain kotak-kotak hitam putih yang ikonik, sementara pintu masuk jembatan besar di atas sungai yang mengalir berdiri kokoh dan bangga.

Terletak di Lembang yang berbukit dan dingin, Dago Dream Park menyambut Anda dengan atraksi keluarga yang tidak boleh Anda lewatkan:

Temukan dunia baru dari karpet Aladdin terbang Anda

Dago Dream Park Bandung

Dengan hutan pinus tak berujung sebagai latar belakang Anda, rasakan aliran adrenalin saat karpet Aladdin membawa Anda naik dari satu ujung ke ujung lainnya. Anda akan berhenti sebentar di tengah perjalanan, tetapi perlengkapan keselamatan yang aman akan membuat Anda tetap aman saat berpose untuk foto. Jika Anda membeli foto cetakan yang diambil secara profesional, kabelnya diedit untuk efek ekstra “mengambang di udara”

Selfie dengan awan selama Skybike

Dago Dream Park Bandung

Mengayuh bersama saat Skybike membawa Anda melintasi lanskap Lembang yang indah. Bukankah panorama hutan hijau zamrud dan gunung di kejauhan tampak begitu nyata dalam kabut?

Lokasi Dago Dream Park

Alamat: Jl. Dago Giri Km 2.2, Mekarwangi, Lembang, Pagerwangi, Lembang, Jawa Barat 40135

107 Garage Room

107 Garage Room Bandung

Baik untuk reuni sahabat, makan saat weekend atau waktu sendirian, 107 Garage Room adalah ruang kreatif dengan suasana ramah yang hangat ditambah dengan menu makanan ringan favorit Anda, kopi nikmat, dan merek fashion lokal.  Semua ini di bawah satu atap!

Siapa yang bisa menolak tempat hipster dengan beanbag di mana Anda bisa bersantai dengan nyaman, mengobrol dengan teman, kopi di satu tangan, dan burger di tangan lain? 107 Garage Room adalah rumah bagi gerai favorit Bandung mulai dari burger terkenal bersama Brother Jonn & Sons hingga kedai kopi yang tak terhindarkan – Two Hands Full Coffee.

107 Garage Room Bandung

Anda juga bisa mendapatkan potongan pakaian unik di pusat perbelanjaan yang menawarkan berbagai merek dan bakat lokal. Semua ini sejalan dengan misi 107 Garage Room, yaitu mendukung brand-brand start-up di industri lokal.

Poin bonus: Dengan konsep minimalis, truk makanan boho, dan tempat duduk flamboyan, ruang ini pasti akan menjadi fitur di feed Instagram Anda!

Lokasi 107 Ruang Garasi

Alamat: Jalan Ciumbuleuit No. 107 Hegarmanah, Cidadap Bandung, Jawa Barat 40142

Dago Pakar

Dago Pakar Bandung

Baik Anda ingin berjalan-jalan sebentar untuk menikmati pemandangan hijau di rutinitas sehari-hari, atau menjelajahi 2.500 spesies fauna, ada banyak hal yang dapat dilakukan di petak hutan di utara pusat kota ini. Dago Pakar merupakan tempat wisata di Bandung yang berisi dua taman yang berdekatan dipisahkan oleh Jl. Maribaya, dan kedua taman tersebut menawarkan pemandangan yang berbeda namun sama-sama menarik untuk dilihat.

Terowongan bersejarah dan tebing yang Instagramable: Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Tebing Keraton

Hanya 30 menit berkendara dari pusat kota terdapat Taman Hutan Raya, atau disingkat ‘TaHuRa’. Membentang di atas lahan seluas 590 hektar, Taman Hutan Raya dibangun untuk melestarikan keanekaragaman tumbuhan dan bunga Bandung. Dinamakan setelah Perdana Menteri ke-10 Indonesia, sebuah museum yang memamerkan Ir. Kenangan H. Djuanda beserta artefak yang ditemukan di kawasan tersebut dapat ditemukan di Taman Hutan Raya.

Ada tempat di taman yang oleh penduduk setempat disebut sebagai ‘Tebing Keraton’, sebuah tebing dengan pemandangan pohon pinus yang menakjubkan di bawahnya, yang sangat instagramable. Taman ini juga memiliki dua air terjun terpisah, Curug Lalay, dan Curug Omas.

Lokasi Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Alamat: Komplek Tahura Ir.H.Djuanda No.99, Dago Pakar, Bandung

Air terjun dan mata air panas: Maribaya Natural Hot Spring Resort

Maribaya Natural Hot Spring Resort Bandung

Tempat wisata ini di kenal sebagai rumah bagi Curug Maribaya, Maribaya Natural Hot Spring Resort Bandung terletak tepat di utara Taman Hutan Raya. Taman ini mudah diakses melalui Lembang, tetapi ada juga jalan setapak dari Taman Hutan Raya. Mendapatkan ke air terjun Maribaya adalah suatu kegembiraan tersendiri; berjalan melalui treks hutan sambil menghirup udara pegunungan yang segar adalah cara yang bagus untuk meremajakan tubuh dan pikiran.

Saat mencapai air terjun, pengunjung bahkan dapat merasakan tetesan air saat mendinginkan kulit, dan menikmati aromanya yang menyegarkan. Untuk mengistirahatkan kaki yang lelah setelah seharian trekking, Maribaya Natural Hot Spring Resort juga menawarkan kolam air panas alami yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Lokasi Resor Pemandian Air Panas Alami Maribaya

Alamat: Jalan Maribaya, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat

Ranca Upas, Ciwidey

Ranca Upas, Ciwidey - Tempat Wisata di Bandung

Tahukah kamu bahwa selain Danau Putih di Ciwidey, kamu juga bisa mengunjungi Taman Konservasi Rusa dan Camping Ground di Ranca Upas? Di Ranca Upas, Anda bahkan dapat membeli sayuran atau wortel untuk memberi makan rusa (~Rp. 5.000) atau sekadar melihat mereka merumput dengan tenang.

Ada juga taman petualangan luar ruangan dan wahana air di mana anak-anak Anda bisa bersenang-senang sambil berendam di sumber air panas. Jika Anda secara spontan ingin bermalam di sini, peralatan berkemah juga tersedia untuk disewa di toko-toko terdekat.

Lokasi Ranca Upas, Ciwidey

Alamat:  Jl. Raya Ciwidey – Patenggang KM 11, Desa Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kampoeng Tulip

Kampoeng Tulip Bandung

Bandung dikenal sebagai Paris Van Java, tetapi Kampoeng Tulip adalah tentang gaya hidup keluarga Belanda. Kampoeng Tulip akan mengejutkan Anda dengan tamannya yang luas lengkap dengan pemandangan alam yang paling Instagramable dan fasilitas yang menarik. Berjalan-jalanlah di sekitar tempat-tempat cantik yang dihiasi dengan kincir angin Belanda yang ikonik dan rumah-rumah kecil lusuh yang chic.

Lokasi Kampoeng Tulip

Alamat: Komplek Banyu Biru Blok H No. 17, Ciwastra, Mekarjaya, Rancasari, Bandung, Jawa Barat 40292

Taman Lembah Dewata

Taman Lembah Dewata - Tempat Wisata di Bandung

Tempat wisata ini merupakan lokasi terbaik untuk mencari ketenangan di Bandung. Taman Dewata terletak di wilayah Lembang dan merupakan negeri fantasi, mirip dengan Taman Eden, dengan danaunya yang megah. Pemandangan taman yang indah diperkuat oleh angin sejuk menyegarkan yang membuatnya sempurna untuk hari yang jauh dari keramaian dan hiruk pikuk pusat kota.

Mendayung perahu di sekitar danau untuk membenamkan diri dalam pengaturan alam dan jangan lupa untuk mengabadikan momen ini. Lagi pula, tidak selalu Anda bisa berjalan-jalan di Taman Para Dewa! Taman Dewata adalah lokasi yang pas untuk pemotretan pasangan romantis atau pemotretan pre-wedding, dan merupakan alternatif damai dari Kawah Putih Ciwidey

Butuh sedikit lebih banyak keajaiban? Naik paket kuda pony di Taman Lembah Dewata memungkinkan Anda memilih antara 3 rute yang berbeda (rute pendek, Rute Danau atau rute Danau dan Bukit). Ambil rute yang lebih panjang agar Anda mengetahui mengapa Taman Dewata mendapatkan hak membanggakan karena pemandangannya yang seperti Zen.

Lokasi Taman Lembah Dewata

Alamat: Jalan Raya Tangkuban Perahu , Cibogo Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Danau Wakadobol

Danau Wakadobol - Tempat Wisata di Bandung

Siap untuk salah satu pengalaman paling ajaib di Bandung? Anda harus mengalami Danau Wakadobol, salah satu rahasia terbaik Bandung! Danau Wakadobol bukanlah oasis danau khas Anda di tengah hutan lebat; itu adalah danau tadah hujan alami yang terletak di area tambang.

Dikelilingi oleh lanskap berbatu yang cantik, Danau Wakadobol adalah salah satu tempat yang kurang dikenal terutama karena pembatasan yang diberlakukan oleh pihak berwenang dan potensi bahaya tempat ini, karena merupakan area pertambangan aktif. Bahkan, Anda juga akan melihat tanda peringatan di lokasi tersebut. Jadi begitu Anda berada di sana, Anda disarankan untuk waspada karena buldoser datang dan pergi dengan pasir dalam jumlah besar (yang mungkin berbahaya).

Namun demikian, pada hari yang cerah, lensa Anda akan menangkap campuran warna yang bercahaya yang menjadikan Danau Wakadobol tempat yang sempurna untuk duduk, mengklik, mengklik, dan…. Klik.

Momen mistis yang nyata dari tempat itu menyala pada hari yang suram ketika lanskap berbatu ditutupi oleh kabut, mengubah Danau Wakadobol menjadi pemandangan langsung dari adegan pertempuran dari Game of Thrones!

Lokasi Danau Wakadobol

Alamat: Giriasih, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40561, Indonesia

Situ Cisanti

Situ Cisanti - Tempat Wisata di Bandung

Hari hari Anda melelahkan di tempat kerja? Istirahatkan pikiran Anda dan pergilah ke Situ Cisanti untuk detoks digital. Terletak dua jam dari kota, Situ Cisanti pasti akan membuat Anda menyadari dan menghargai keajaiban Alam.

Berjalan-jalan di sekitar mata air Situ Cisanti yang tenang dan perkebunan teh karena suara menenangkan dari air yang tercurah ditambah dengan aroma teh pasti akan menenangkan pikiran Anda. Dengan sinyal telepon yang redup dan langit yang cerah, Situ Cisanti adalah tempat yang tepat untuk mengambil langkah mundur dari kehidupan dan sekadar terhubung dengan batin Anda.

Jika Anda terlalu terpikat untuk pergi dulu, pastikan untuk mengemas tenda di kendaraan Anda karena Situ Cisanti mengizinkan berkemah di dalam lokasi.

Lokasi Situ Cisanti

Alamat: Neglawangi, Kertasari, Bandung, Jawa Barat 40386

Rute yang direkomendasikan adalah melalui Ciparay. Berkendara menuju Terminal Ciparay. Dari terminal, belok kanan ke jalan Awi-Ciparay, dan teruskan sampai masuk jalan raya. Setelah melewati pasar Cibeureum, Anda akan mendekati danau.

Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan Bandung

Perjalanan melalui persawahan dan perkebunan teh akan membawa Anda ke tempat wisata yang relatif terpencil di Bandung ini. Yang membuatnya sulit untuk diakses adalah kurangnya petunjuk arah, tetapi begitu Anda melewati jalan yang sempit, Anda akan dapat menikmati pesona dan keindahan kolam jernih alami ini.

Meski tidak kaya akan biota laut, pesona mata air yang sesungguhnya adalah di bawah air. Untuk menenangkan pikiran Anda dari hiruk pikuk kota, penduduk setempat telah mendirikan warung makan serta fasilitas lainnya termasuk ruang ganti.

Kami yakin Anda tidak ingin meninggalkan tempat itu!

Lokasi Sendang Geulis Kahuripan

Alamat: Ganjarsari, Cikalong Wetan, Ganjarsari, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40556, Indonesia

Dari Jakarta, keluar di pintu tol Cikamuning (Tol Cipularang). Kemudian, ikuti jalan Cikampek-Padalarang hingga tiba di jalan raya Cikalong. Setelah melewati perbatasan Cikalong timur, berkendara sekitar 3 km, dan Anda akan menemukan pertigaan dengan gapura berbentuk nanas. Berkendara sejauh 4 km lagi dan Anda akan mencapai Talaga Kahuripan (juga dikenal sebagai Geulis Kahuripan). Meski jalan menuju lokasi tidak dalam kondisi yang sangat baik, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah berupa perkebunan dan persawahan.

Curug / Air Terjun Cantik di Bandung

Selain memiliki atraksi buatan manusia yang luar biasa, Bandung juga dipenuhi dengan keajaiban alam yang menakjubkan. Hanya dengan berkendara jauh dari hiruk pikuk kota Bandung, Anda akan menemukan air terjun yang paling megah . Anda hanya perlu meninggalkan kamera sejenak dan menikmati pengalaman unik ini!

Curug Malela

Curug Malela

Berdiri dengan tinggi 70 meter dan lebar 50 meter, Curug Malela bisa dibilang sebagai air terjun terbesar di Bandung. Entah itu jaraknya (sekitar tiga jam perjalanan dari kota), atau medan yang berat (banyak yang harus ditaklukkan untuk sampai ke sana!), Curug Malela adalah jenis tempat yang banyak dibicarakan orang tetapi cukup sulit untuk dijangkau.

Lokasi Curug Malela

Alamat: Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Curug Batu Templek, Bandung

Curug Batu Templek, Bandung

Anda mungkin akan kesulitan menanyakan arah ke Curug Batu Templek kepada penduduk setempat jika Anda berada di Bandung Tengah. Meski curug ini tidak terlalu sulit dijangkau, namun lokasinya yang tak terduga di dekat tambang batu membuat Curug Batu Templek terdengar asing di telinga.

Sebuah fenomena geologi yang langka, batuan Curug Batu Templek sebenarnya adalah lekukan kecil di lempeng bumi yang terbentuk oleh gerakan tektonik. Hal ini menyebabkan air bawah tanah mengalir secara ajaib dari celah-celah ke bebatuan.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah selama musim hujan (biasanya antara September dan Maret) ketika aliran air tinggi dan berwarna coklat muda – warna yang sempurna untuk melengkapi warna batu yang lebih gelap.

Karena jalan menuju Curug Batu Templek adalah jalan semi aspal yang sempit, salah satu cara terbaik untuk sampai ke sana adalah dengan kendaraan roda dua. Setelah melewati pengrajin batu Pasar Impun, pengendara harus melakukan perjalanan mendaki beberapa bukit. Pendakian berakhir dengan pemandangan Bandung Timur yang indah dari atas. Jangan kaget mengetahui bahwa Anda adalah satu-satunya pengunjung di sana!

Sementara itu, suara gemericik air dari kejauhan merupakan pertanda bahwa Anda sedang menuju ke arah yang benar.

Lokasi Curug Batu

Dari Bandung Pusat, ke arah Timur di Jl. AH Nasution. Belok kiri ke kanan setelah ‘Lapas Sukamiskin’ ke Jl. Pasir Impun. Lurus terus hingga mencapai Jl. Cisanggarung, tujuan Anda akan berada di sisi kiri jalan.

Air Terjun Pelangi Tertinggi di Bandung, Curug / Air Terjun Cimahi

Curug / Air Terjun Cimahi Bandung

Meskipun air terjun ini terletak tepat di pinggir jalan raya, begitu sampai di sana, Anda akan merasa seperti berada di tengah hutan. Ini adalah lokasi yang menakjubkan bagi pasangan untuk menghabiskan waktu bersama – berpegangan tangan dan menikmati sedikit pembicaraan dari hati ke hati.

Pada ketinggian 87 meter, ini adalah salah satu air terjun tertinggi di Bandung dan pertama yang memiliki lampu warna-warni terintegrasi – dilakukan untuk meningkatkan pariwisata malam hari, sehingga Anda dapat menghabiskan sepanjang hari mengagumi kecemerlangan setelah matahari terbenam.

Lokasi Curug / Air Terjun Cimahi

Alamat: Curug Cimahi Parongpong Kab. Bandung Bar. 40559, Indonesia

Bamboo Village by Villa, Lembang

Bamboo Village by Villa, Lembang, Bandung

Di sini, itu berkemah tetapi dengan lebih nyaman. Rumah pohon di Villa Lembang ini tidak jauh dari kota, namun begitu dekat dengan alam, Anda dapat merasakan udara segar mengangkat semangat Anda – cocok untuk Anda yang menginginkan liburan santai jauh dari hiruk pikuk kota.

Luas vila lebih dari 10.000 meter persegi, ada banyak ruang untuk berjalan kaki untuk memakai sepatu penjelajah Anda dan menikmati Alam. Lembang juga merupakan rumah bagi pasar terapung yang menakjubkan jika Anda berencana untuk berwisata keliling. Tempat ini adalah tentang melengkapi lingkungan – ramah lingkungan dengan akar yang kuat dan atap yang kokoh. Anda dapat yakin bahwa rumah-rumah ini cukup kuat untuk tidak mudah terguncang.

Bamboo Village by Villa dikenal ramah anak, dan juga memiliki vila alternatif jika Anda takut ketinggian. Sebagai bonus tambahan, itu juga jarak mengemudi ke Tangkuban Perahu, jalan gunung berapi yang memesona.

Lokasi Bamboo Village by Villa, Lembang

Komplek Vila Istana Bunga, Jl. Kolonel Masturi KM 9, Parongpong, Lembang, Bandung, Indonesia, 40559

Peternakan di Bandung

Terkadang, kehidupan di antara hewan adalah yang dibutuhkan anak-anak! Membawa anak-anak keluar untuk bersenang-senang menggali tanah, makan buah-buahan dan sayuran yang baru dipetik dan belajar tentang bertani bisa menjadi salah satu tamasya pendidikan yang paling bermanfaat bagi seluruh keluarga.

Lactasari Mini Farm, Paris Van Java Bandung

Lactasari Mini Farm, Paris Van Java Bandung

Setelah Anda selesai berbelanja di beberapa jaringan toko ritel Paris Van Java, pastikan untuk meluangkan waktu satu atau dua jam di permata tersembunyi di atap ini. Sempurna untuk mendidik anak-anak tentang merawat hewan, taman atap di Paris Van Java memiliki dua atraksi terpisah – Peternakan Mini Lactasari dan Taman Burung.

Bersiaplah untuk disambut oleh burung tropis berwarna kaleidoskopik! Saat memasuki kandang burung, Anda akan diberikan jangkrik dalam cangkir untuk dimakan burung. Taman burung ini menampung beberapa burung langka Indonesia, seperti Burung Kakatua Nusa Tenggara dan Burung Rangkong Kalimantan.

Di sisi lain atap terdapat Lactasari Mini Farm, sebuah peternakan kecil tempat hanya lima spesies hewan dipelihara – kambing, domba, sapi, kelinci, dan Siberian Huskies. Anda akan dilengkapi dengan celemek, sayuran, dan sebotol susu untuk memberi makan hewan.

Peternakan ini terpelihara dengan baik dan bersih, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang kotoran dan noda hewan – Anda dapat mengunjunginya dengan nyaman.

Lokasi Paris Van Java

Alamat: Jl. Sukajadi no.131-139, Bandung, Jawa Barat 40162, Indonesia

Kebun Jendela Alam

Kebun Jendela Alam Bandung

Ada beberapa tempat wisata di Bandung yang menawarkan aktivitas pertanian, yang memungkinkan pengunjung berinteraksi langsung dengan hewan atau menanam dan memanen hasil pertanian. Namun peternakan Jendela Alam adalah salah satu yang pertama dan terlengkap dari semuanya.

Terletak di Jl. Sersan Baijuri, Lembang, di mana peternakan sebenarnya berada, Anda dapat menjelajahi lahan pertanian di lereng bukit ini bersama anak-anak Anda dan bertemu dengan hewan yang biasa dan tidak biasa, dengan beberapa dari negara tetangga! Pengunjung juga mendapat kesempatan untuk membersihkan, memberi makan, dan bahkan memerah susu hewan.

Pelajari tentang metode pertanian tradisional menggunakan sekop dan garu sementara tangan Anda benar-benar kotor, dan bahkan teknik pertanian modern seperti hidroponik dan aquaponik. Siapa tahu, Anda bahkan bisa terinspirasi untuk menanam sayuran sendiri di rumah, dan Anda akan belajar bagaimana melakukannya!

Lokasi Kebun Jendela Alam

Alamat: Jl. Sersan Bajuri Km 4.5 Ledeng, Lembang, Bandung, Jawa Barat

Situ Patenggang

Situ Patenggang Bandung

Hanya 10 menit dari ‘Kawah Putih’ yang terkenal terletak sebuah danau yang pasti sayang untuk dilewatkan. Legenda bercerita bahwa Pangeran Putra Prabu dari abad ke-15 Jawa Barat dan Putri Titisan Dewi bertemu di sebuah pulau berbentuk hati di tengah Situ Patenggang, setelah berpisah selama bertahun-tahun karena perbedaan keyakinan.

Pemandangan di sekitarnya benar-benar menakjubkan – perkebunan teh mengelilingi area tersebut, sehingga tampak seolah-olah seseorang telah membentangkan karpet wol hijau di seluruh lanskap. Bahkan ada rumah tepat di atas air terjun alami!

Lokasi Situ Patenggang

Alamat: Patengan, Rancabali, Bandung 40973 (10 menit dari kawah terkenal Kawah Putih)

Natural Resto dan Strawberry Land

Tempat Wisata di Bandung - Natural Resto dan Strawberry Land

Dibawa ke Bandung oleh Belanda selama era kolonial, buah beri, paling umum stroberi, ditemukan tumbuh dengan baik di Bandung. Alhasil, jalan menuju Lembang dan Ciwidey ditumbuhi perkebunan strawberry sehingga para tamu bisa datang dan memanen sendiri.

‘Natural Resto and Strawberry Land’ menawarkan 1,5 ha kebun stroberi di pedesaan Lembang, semuanya ditanam menggunakan pupuk organik. Selain memetik stroberi, restoran ini juga tampil di beberapa acara televisi, menyoroti menu bertema stroberi. ‘Gourame Goreng Strawberry’ dan ‘Nasi Liwet Strawberry’ adalah dua menu yang wajib dicoba di sini!

Lokasi Natural Resto dan Strawberry Land

Alamat: Jalan Tangkuban Parahu 109, Ciburial – Lembang – Bandung Barat

De’Ranch, Lembang

Tempat Wisata di Bandung - De'Ranch, Lembang,

Sebelumnya lokasi ini adalah peternakan yang dirubah menjadi taman rekreasi pada tahun 2007, dan sejak itu lokasi ini telah menjadi salah satu atraksi yang harus dilihat di Bandung. Para tamu diberikan kostum koboi dan menunggang kuda untuk menjelajahi 5 hektar tanaman hijau. Ada 22 aktivitas yang dapat dipilih, dengan biaya antara Rp 20.000 – 200.000, termasuk memanah dan berburu emas.

Selain itu, para tamu juga dapat mempelajari cara merawat kuda dan sapi – mulai dari memberi makan, memandikan, hingga memerah susu sapi. Anda bahkan dapat membeli susu dan daging – dijual segar dari ternak yang sebenarnya!

Lokasi De’Ranch

Alamat: Jl. Maribaya No 17, Lembang, Jawa Barat 40791

Saung Angklung Udjo

Tempat Wisata di Bandung - Saung Angklung Udjo

Memasarkan dirinya sebagai ‘workshop budaya satu atap’, Saung Angklung Udjo adalah tujuan yang sempurna bagi pengunjung yang mencari pengalaman hiburan edukatif di Bandung. Terbuat dari tabung bambu yang diukir untuk menghasilkan nada tertentu, Angklung menghasilkan suara yang tidak seperti alat musik lainnya, dan dianggap sebagai identitas unik budaya Sunda.

Anda dapat menghadiri kelas pembuatan angklung dan melihat bagaimana angklung berpadu dengan pertunjukan tari tradisional dan pertunjukan wayang.

Udjo Ngalegana, seorang pengrajin tradisional, membangun tempat itu pada tahun 1966 sebagai sarana untuk memberi kembali kepada masyarakat. Semua hasil Saung Angklung Udjo digunakan untuk pendidikan siswa lokal, yang sebagian besar adalah anak-anak kurang mampu di daerah tersebut.

Lokasi Saung Angklung Udjo

Alamat: Jl. Padasuka No. 118, Bandung, Jawa Barat 40192

Verde Resto & Lounge

Verde Resto & Lounge Bandung

Tidak peduli berapa banyak Anda makan, selalu ada ruang untuk pencuci mulut. Kita harus setuju bahwa makanan penutup tidak masuk ke perut. Makanan penutup masuk ke hati! Terletak di Jl. Dago, Verde adalah salah satu tempat nongkrong paling populer di Bandung. Ini adalah restoran dan bar, dan Anda juga bisa minum teh sore. Verde juga terkenal dengan makanan penutupnya.

Lokasi Verde Resto & Lounge

Alamat:  Jl. Ir. H. Juanda No. 177, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Situ Cileunca

Tempat Wisata di Bandung - Situ Cileunca

Dikelilingi oleh perkebunan teh, Situ Cileunca (Danau Cileunca) terletak 1500m di atas permukaan laut dimana udaranya sejuk dan segar.

Di sinilah Anda bisa naik perahu di sekitar danau dan mengagumi keindahan pemandangannya. Awalnya dibangun untuk meningkatkan perdagangan antara kedua desa, itu juga telah menyatukan banyak pasangan. Oleh karena itu, tepat dinamakan Jembatan Cinta.

Lokasi Situ Cileunca

Alamat: Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung 40378.

Resor Pemandian Air Panas Sari Ater

Tempat Wisata di Bandung - Resor Pemandian Air Panas Sari Ater

Terletak di dekat gunung berapi, mata air panas alami telah berkembang selama bertahun-tahun dan telah digunakan oleh penduduk setempat sebagai metode relaksasi. Itu ditambah dengan kepercayaan bahwa berendam di sumber air panas akan mempercantik penampilan fisik, dan juga menyembuhkan masalah rematik, otot dan sistem saraf.

Anda dapat memilih dari lima kolam pemandian, dan Anda tidak nyaman mandi di tempat umum, Anda dapat menyewa kamar pribadi. Kegiatan lain juga tersedia – Anda dapat menyewa perahu kayuh biasa untuk trek off-road!

Lokasi Resor Pemandian Air Panas Sari Ater

Alamat: Jl. Raya Ciater, Subang, Jawa Barat

Perkebunan Teh Cukul, Pangalengan

Tempat Wisata di Bandung - Perkebunan Teh Cukul, Pangalengan

Perkebunan teh telah lama menjadi salah satu pilihan rekreasi paling menarik saat berkeliling Bandung. Dengan angin sepoi-sepoi yang segar dan semerbak wangi daun teh yang berlama-lama di udara, pengalaman berada di tengah-tengah wilayah teh hijau benar-benar menyenangkan.

Lantas, apa yang membedakan Perkebunan Teh Cukul dengan belasan perkebunan teh lainnya di daerah tersebut? Salah satunya, perkebunan teh ini terletak di dataran tinggi yang berarti udaranya sejuk dan nyaman. Kedua, kolam yang brilian dan menenangkan, Situ Cukul berada tepat di dekatnya.

Di sepanjang perkebunan teh, ada juga vila pribadi bergaya Eropa yang menambah keindahan keseluruhan Perkebunan Teh Cukul. Terakhir, jalan kecil di antara ladang teh akan membawa Anda ke puncak salah satu bukit yang akan membuatmu bahagia.

Lokasi Perkebunan Teh Cukul, Pangalengan

Perkebunan Teh Cukul terletak di Malabar, Wargi Bandung, yang berjarak 3 jam perjalanan dari kota. Ambil rute sebagai berikut: Tol Moh Toha – Dayeuhkolot – Banjara – Pangalengan, lalu belok kanan ke Cisanti. Ikuti jalan tersebut hingga tiba di area Perkebunan Teh Cukul. Koordinat disini

Waktu terbaik untuk bepergian

Tempat Wisata di Bandung

Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan perjalanan wisata di Bandung, musim kemarau yang biasanya berlangsung dari bulan Juni hingga September adalah pilihan yang tepat untuk liburan Anda. Bulan-bulan musim panas ini menawarkan cuaca yang cukup hangat dengan kemungkinan hujan yang lebih sedikit. Hindari musim hujan dari Oktober hingga Maret.

Mei hingga Juni dianggap sebagai high season karena merupakan masa libur sekolah setempat, tak terkecuali Idul Fitri. Jika tidak ingin berdesakan dengan keramaian, hindari juga musim liburan seperti Natal dan Tahun Baru Imlek.

Akhir pekan umumnya lebih ramai di Bandung, karena pelancong dari Jakarta akan berbondong-bondong untuk liburan akhir pekan, sehingga lalu lintas akan lebih padat.