Kuliner Tersembunyi di Jogja, Makin Mblusuk Makin Dicari

Artikel ini terakhir di perbaharui November 11, 2020 by Yoko Widito
Kuliner Tersembunyi di Jogja, Makin Mblusuk Makin Dicari

Kalau kata orang jawa, makin mblusuk itu biasanya makin enak. Kenikmatan makan di tempat yang seperti ini bukanlah lokasi yang asik dan enak dibuat nongkrong, tapi sensasi mencari lokasi makanan yang tersembunyi itu nikmat tiada tara. Kuliner yang akan kami bahas berikut lokasinya memang sedikit tersembunyi dan tidak terlalu mudah dijangkau apalagi kalau kamu bukan berasal dari sekitar Jogja.

Namun soal rasa jangan ditanya deh, benar benar nikmat! 12 lokasi kuliner berikut ada yang benar benar berada di tengah kampung dan untuk kesana kamu harus melewati gang sempit. Namun semua kelelahan kamu saat mencari akan terbayarkan saat sudah berada di lokasi tersebut.

Sate Klatak Pak Bari

Sate Klatak Pak Bari

Sate klatak Pak Bari menjadi semakin populer sejak muncul pada film AADC 2 yang dibintangi Dian Sastro dan Nicholas Saputra. Namun sebenarnya sebelum muncul di film ini, kuliner ini sudah sangat terkenal di Jogja karena rasanya yang gurih dan tidak bau prengus. Kalau sate lain menggunakan bambu sebagai tusuk sate, sate ini menggunakan jeruji sepeda. Dijamin deh satenya benar benar empuk dan rasanya mantap!

Lokasi: Imogiri, Wonokromo, Bantul, Jogja, DIY

Mangut Lele Mbah Marto

Kuliner Tersembunyi di Jogja - Mangut Lele Mbah Marto

Mangut lele mbah marto sudah sangat terkenal, menggunakan bahan dasar mengut lele atau lele yang diasap lalu dimasak dengan berbagai bumbu rempah yang sangat lengkap. Sama seperti gudeg pawon, cara memasak mangut lele ini masih menggunakan teknik tradisional jadi citarasa kuliner ini masih khas dan tetap terjaga dan tidak berubah sama sekali setelah puluhan tahun lamanya berjualan di Jogja.

Lokasi : Dusun Ngireng-ireng, Saraban, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta, Indonesia

Gudeg Pawon

Kuliner Tersembunyi di Jogja - Gudeg Pawon

Cara memasak gudeg pawon masih menggunakan teknik memasak tradisional sama seperti dahulu pertama kali buka. Inilah yang membuat citarasa gudeg pawon tetap terjaga walaupun sudah sangat lama. Harga gudeg pawon sangat terjangkau dan ramah di kantong para wisatawan lokal. Satu porsi gudeg pawon dengan isi nasi gudeg, telur, ayam serta krecek. Kuliner ini adalah salah satu yang paling dicari para wisatawan saat berada di Jogja.

Lokasi : Jl. Janturan 36-38, Warungboto, Yogyakarta, Indonesia

Bakmi Mbah Gito

Bakmi Mbah Gito

Kamu bisa menemukan banyak menu kuliner khas Jogja disini, namun yang paling terkenal adalah kuliner bakmi dan nasi goreng yang rasanya benar benar menggoyang lidah. Harganya juga cukup terjangkau dan sangat ramah untuk kantong para wisatawan. Lokasinya juga sangat etnik dan penuh dengan nuansa jawa. Kalau kamu mau makan dengan sensasi berbeda, kamu harus coba makan di tempat ini.

Lokasi : Sendang Semanggi, Bantul, Yogyakarta, Indonesia

Sambel Welut Pak Sabar

Kuliner Tersembunyi di Jogja - Sambel Welut Pak Sabar

Untuk masalah kuliner per belutan di Jogja, Pak Sabar adalah juaranya. Sensasi belut yang diulek bersama sambel bawang super mantap, membuat kuliner ini tetap dicari walaupun lokasinya mblusuk di Jogja Selatan. Pengunjung yang datang ke tempa ini selalu ramai karena kelezatan sambel welut ini. Kalau kamu tidak suka belut, ada juga ikan gabus dan ikan lele.

Lokasi : Jl. Imogiri Barat Km 6,5 Dokaran, Yogyakarta, Indonesia

Ingkung Mbah Cempluk

Ingkung Mbah Cempluk

Ayam ingkung biasanya hanya ditemui saat ada hajatan atau acara besar. Namun di tempat ini kamu bisa kok menikmati lezatnya ayam ingkung tanpa mesti menunggu adanya hajatan atau acara besar. Ingkung mbah cempluk menyajikan ingkung ayam utuh yang cocok dimakan rame rame bersama teman atau keluarga. Kamu juga bisa menikmati wader goreng yang lezat di tempat ini.

Lokasi : Satan RT.01, Guwosari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta

Bakso Ironayan

Bakso Ironayan

Ingat ya? Bukan baksi IronMan tapi bakso Ironayan. Semangkok bakso yang terdiri dari bakso halus, bakso crispy, tahu dan mie ini rasanya lain dari yang lain. Aromanya benar benar menggoda dan proses pembuatannya tanpa menggunakan bahan pengawet sedikitpun. Lokasinya ada di Jogja Selatan, namun tidak sedikit orang yang rela bepergian jauh hingga ke tempat ini menikmati kelezatan satu mangkok bakso Ironayan.

Lokasi : Dusun Ironayan, Ngipik, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia

Bakmi Mbah Mo

Bakmi Mbah Mo

Ada banyak bakmi jawa yang bisa kamu temui di Jogja, tapi  tidak akan ada yang bisa mengalahkan lezatnya rasa bakmi jawa Mbah Mo yang sudah terkenal lebih dari tiga dasawarsa. Proses memasak tradisional yang masih menggunakan bara api yang membuat rasa bakmi jawa di tempat ini benar benar melegenda. Walaupun lokasinya mblusuk, tapi tetap saja diburu pecinta kuliner terutama wisatawan yang berada di Jogja.

Lokasi : Desa Code, Trirenggo, Bantul, Yogyakarta, Indonesia

Ayam Goreng Mbah Cemplung

ayam goreng mbah cemplung jogja

Apa sih nikmatnya ayam goreng? Itu kan sudah biasa ditemui dimana mana. Namun jangan salah, ayam goreng mbah cemplung rasanya benar benar juara. Teksturnya gurih dan empuk dan meresap hingga ke dalam ayam goreng nya. Dengan tingkat kematangan yang sempurna, kamu akan merasakan nikmatnya ayam goreng mbah cemplung ini. Ini adalah salah satu kuliner yang juga paling dicari semua wisatawan yang datang ke Jogja.

Lokasi : Jl. Nyi Ageng Nis 9, Rejowinangun, Yogyakarta, Indonesia

Entok Slenget

rica mentok

Buat para pecinta kuliner entog memang tidak mudah mencari masakan ini di Jogja, namun kamu masih bisa menikmati kuliner entog slenget di tempat ini. Rasanya yang benar benar enak membuat paca pecinta kuliner memburu makanan ini hingga ke pasar agropolitan pules. Tidak bakal menyesal deh!

Lokasi : Pasar Agropolitan Pules, Donokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta, Indonesia

Pecel Baywatch

Pecel Baywatch

Pecel memang makanan yang biasa ditemui dimana mana, namun keistimewaan di tempat ini adalah sambel pecelnya yang mantap dan kembang turi yang sudah mulai jarang ditemui. Lokasi kuliner ini benar benar mblusuk dan cukup jauh dari Jogja, tepatnya berada di Bantul, dan jauh dari pantai walaupun namanya pecel baywatch. Kalau kamu adalah pecinta pecel, maka kamu harus datang ke tempat ini.

Lokasi : Kasongan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia

Sego Godhog Pak Manto

Sego Godhog Pak Manto

Bukan cuma mie saja yang bisa direbus, di sego godhog Pak Manto kamu akan merasakan sensasi nasi rebus (sego godhog) yang benar benar mantap. Rasa kaldu gurih yang berpadu dengan nasi lembut akan membawa pengalaman baru makan nasi dengan cara yang berbeda. Harganya? Murah! Tidak sampai 15ribu kau sudah bisa makan kenyang dan minum disini.

Lokasi: Lapangan Karang, Kota Gede

Semakin mblusuk lokasinya, kuliner di jogja ini justru makin di cari loh guys! Kelezatan cita rasa yang tidak berubah selama puluhan tahun membuat banyak pecinta kuliner memburunya. Kalau kamu berada di Jogja, selain bakpia pathok yang terkenal itu, kuliner ini adalah pilihan utama kalau kamu ingin merasakan rasa asli Jogja yang sesungguhnya.

Yoko Widito
Seorang suami, ayah sekaligus petualang yang menghabiskan karir di berbagai media online nasional sebagai penulis yang menguasai berbagai macam niche dan menjadi superhero di dunia digital media.