26 Tempat Wisata di Semarang Paling Hits dan Terbaik 2022

26 Tempat Wisata di Semarang Paling Hits dan Terbaik 2022

Sebagai pusat perdagangan internasional sejak abad ke-16, Semarang adalah ibu kota Jawa Tengah. Kalau dilihat sepintas, Semarang mungkin tidak semenarik tetangganya Yogyakarta . Tetapi jika Anda menghabiskan waktu di tempat ini satu atau dua hari saja, Anda pasti akan menemukan pesona wisata tersembunyi di Kota Semarang! Dipengaruhi oleh budaya yang dibawa oleh imigran Cina dan Belanda, Semarang adalah tempat meleburnya keragaman, terbukti dari arsitektur kota yang megah dan masakan yang menggugah selera.

Semarang pada dasarnya terbagi menjadi dua. Yang pertama adalah Semarang Bawah, jantung kota tempat semua pusat aktivitas berjalan, dan ini juga merupakan rumah bagi Kota Lama di mana Anda dapat menemukan arsitektur era kolonial Belanda. Selanjutnya adalah Semarang Atas terletak di selatan pusat kota, yang lebih banyak digunakan sebagai tempat tinggal dan beberapa universitas terkenal.

Kalau Anda penasaran dengan Semarang, berikut ini adalah alasan mengapa Anda harus mampir ke Semarang pada perjalanan Anda berikutnya ke Jawa Tengah!

Wisata Alam Semarang

Taman Nasional Karimunjawa

Tempat Wisata di Semarang - Taman Nasional Karimunjawa

Mencari liburan pulau yang eksotis saat melakukan perjalanan wisata di kota Semarang ?

Meskipun Semarang adalah sebuah kota pesisir, pantai yang akan Anda temukan di Semarang tidak sepenuhnya ‘matahari, pasir, dan laut’. Tetapi apabila Anda melakukan perjalanan 90 kilometer ke utara, Anda akan menemukan gugusan 27 pulau yang menunggu untuk dijelajahi, yang sebagian besar tidak berpenghuni!

Jauh dari pengaruh kapitalisme yang bergerak cepat, kehidupan pulau yang santai sangat dipertahankan di Karimunjawa, dengan restoran lokal  yang menyajikan hidangan laut rumahan dan homestay dengan berbagai pilihan. Awalnya lokasi ini merupakan cagar alam, itulah kenapa Karimunjawa memiliki banyak koleksi flora dan fauna laut, mulai dari ikan tropis di antara terumbu karang hingga burung-burung eksotis yang beterbangan.

Tempat Wisata di Semarang - Taman Nasional Karimunjawa

Jika Anda merasa telah melihat semuanya, mengapa tidak mencoba snorkeling atau malah berenang bersama hiu di Pulau Menjangan Besar? Ada lebih dari sekadar hamparan pantai berpasir yang tak ada habisnya di Karimunjawa. Anda juga bisa berpetualang ke Bukit Joko Tuwo, puncak tertinggi yang terdapat di pulau utama. Memberikan sudut pandang di mana Anda bisa mendapatkan pemandangan pulau yang indah – cocok untuk menyaksikan matahari terbit juga!

Lokasi Taman Nasional Karimunjawa

Feri ke Karimunjawa sangat terbatas, dan hanya dua yang berangkat dari Semarang setiap bulan. Anda harus melakukan perjalanan ke Jepara (3 jam perjalanan) di mana Express Bahari (speed boat) berangkat setiap hari Senin, Selasa, Jumat dan Sabtu. Kapal berangkat jam 9 pagi, jadi naik bus jam 5 pagi dengan biaya Rp 15.000 (USD 1,12) per orang. Naik becak (becak) selama 10 menit dari terminal ke pelabuhan. Jangan lupa untuk mengatur perjalanan Anda kembali sebelum meninggalkan pelabuhan.

Brown Canyon

Tempat Wisata Tersembunyi di Semarang - Brown Canyon

Alih-alih memprotes perusakan lahan akibat aktivitas pertambangan, penduduk setempat menemukan keindahan di sisa-sisa tambang di lokasi ini.

Aktivitas pertambangan dengan bahan peledak dan alat berat selama beberapa dekade telah meninggalkan bekasnya secara alami, memahat dinding dan pilar yang menjulang setinggi puluhan meter. Disini Anda bisa benar benar merasakan cita rasa Arizona’s Grand Canyon tepat di tengah Jawa. Tambang ini telah mengukir serangkaian jalur di sekitar lokasi, membuat jalur bersepeda yang ideal untuk pecandu adrenalin. Tapi hati-hati, masih ada truk yang hilir mudik di sini selama jam kerja, jadi mungkin ide yang baik untuk membawa sepotong kain dan kacamata untuk menangkis debu.

Tempat ini terletak tidak jauh dari Tembalang , Semarang, dan masih berada di lokasi yang cukup sepi, selain itu tempat ini jugabukan lokasi wisata resmi sehingga tidak ada rambu-rambu jalan yang dapat mengarahkan Anda ke Brown Canyon. Namun Anda bisa mencarinya dengan bertanya ke penduduk lokal atau menggunakan Google Maps

Lokasi Brown Canyon

Alamat: Rowosari, Meteseh, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50279.

Dari Semarang, ke timur di Jl. Fatmawati menuju RSUD Kota Semarang (Ketileng). Belok kiri menuju Klipang, melewati Klipang Golf. Lanjutkan ke depan, melewati tiga jembatan. Lurus terus di pertigaan, dan Anda akan mencapai sekitar 2 kilometer.

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

Terletak di kaki Gunung Ungaran, Umbul Sidomukti dibangun khusus untuk menikmati pemandangan indah dari ketinggian.

Untuk dapat mencapai lokasi tempat wisata ini diperlukan sedikit adrenalin, menginat jalurnya yang cukup menantang dan termasuk yang cukup ekstrim di Semarang. Di tempat ini Anda bisa terbang melintasi lembah dengan jarak lebih dari seratus meter di atas zipline, atau merangkak di jembatan tali yang tergantung setara gedung tiga belas lantai di atas dasar lembah.

Jika Anda mencari alternatif yang lebih santai untuk menikmati pemandangan, berenanglah di kolam batu mata air yang terletak di paling ujung lokasi ini. Terdiri dari lapisan yang menanjak, ini menciptakan sudut pandang alami kota di bawahnya. Tidak puas dengan pemandangan pegunungan? Umbul Sidomukti juga menawarkan pilihan akomodasi menginap. Kalau ingin ke tempat ini pastikan Anda melakukan reservasi terlebih dahulu mengingat lokasi ini seringkali penuh sepanjang tahun.

Pondok Kopi

Pondok Kopi

Berada di ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut, Pondok Kopi terletak sedikit di atas taman Umbul Sidomukti, sehingga Anda bisa melihat pemandangan alam yang mempesona.

Ketika kabut telah hilang, pilihlah area meja luar ruangan untuk mendapatkan sudut terbaik untuk menikmati tanaman hijau yang rimbun. Kedai kopi di pegunungan ini menyajikan lebih dari sekadar minuman panas. Dari roti bakar wajib hingga bakmi jawa, rasa lapar Anda ada di tangan yang tepat!

Goa Tirta Mulya

Goa Tirta Mulya

Jika mencari ketenangan dan menyendiri di alam adalah ide liburan Anda yang sempurna, pastikan untuk tidak melewatkan Goa Tirta Mulya yang terletak di antara taman-taman di sekitar Umbul Sidomukti.

Terowongan buatan manusia selebar tiga meter ini membentang beberapa ratus meter ke dalam lanskap, hanya dilengkapi dengan lampu redup yang jarang, jadi Anda mungkin perlu menggunakan ponsel sebagai senter. Di ujung terowongan ada balkon kecil di muka tebing, menghadap ke perbukitan dan kota di ujung cakrawala.

Lokasi Umbul Sidomukti

Alamat:  Kawasan Wisata Umbul Sidomukti, Sidomukti, Bandungan, Jimbaran, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50661

River tubing di Genting Kendal

River tubing di Genting Kendal - Tempat Wisata di Semarang

Bukan untuk yang lemah hati, river tubing sama menyenangkannya dengan bahayanya, terutama saat Anda menyusuri sungai pegunungan yang penuh dengan batu-batu besar. Setelah mengenakan peralatan keselamatan dari homebase, perjalanan Anda dimulai dengan mendaki selama 15 menit melalui hutan untuk mencapai titik awal, di mana 13 jeram menanti Anda. Ini benar-benar ujian kelincahan dan daya tahan Anda untuk tetap fokus selama dua jam penuh!

Anda akan menemukan perairan yang lebih tenang di antara jeram, dihiasi dengan beberapa formasi batuan paling aneh yang ditemukan secara simetris di sepanjang kedua sisi sungai. Ditumpuk dan dikemas dengan rapi, mereka hampir tampak seperti buatan manusia! Bahkan diyakini bahwa “orang pintar” di masa lalu mengatur mereka untuk alasan yang belum diketahui.

Setelah berjuang melawan arus yang melelahkan, bersantailah di warung setempat dengan teh dan isi dengan sajian mi cup hangat.

Apakah Anda siap untuk tantangan?

Lokasi River Tubing

Alamat: Jl Genting Baru No 94 Singorojo Kendal, Kedungboto, Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51382

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo - Tempat Wisata di Semarang

Kawasan Ungaran tidak hanya menawarkan jalur pendakian yang menantang dan pemandangan pegunungan yang menakjubkan, tetapi juga kaya akan budaya! Terletak di lereng Gunung Ungaran, Candi Gedong Songo terkenal dengan lokasinya yang unik karena letaknya lebih tinggi dari candi-candi lain di sekitarnya.

Gugusan candi Hindu dibangun antara abad ke-8 dan ke-9, tetapi semuanya telah dipugar secara signifikan selama beberapa tahun terakhir setelah masuknya pengunjung. Anda tidak akan melihat aktivitas keagamaan yang aktif di sini, tetapi lokasinya sendiri ajaib karena menggabungkan budaya dan alam dengan candi yang terletak di antara pemandangan gunung dan hutan rimbun di sekelilingnya. Biarkan pikiran Anda mengembara ke masa lalu dengan ketenangan dan kedamaiannya!

Tip: Datanglah di pagi hari untuk melihat dan merasakan pemandangan terbaik saat matahari dengan lembut menembus candi

Lokasi Candi Gedong Songo

Alamat:  Candi Gedong Songo, Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614

Kebun Teh Medini, Kendal

Kebun Teh Medini, Kendal

Medan berbukit dan suhu sejuk di selatan Semarang adalah kondisi yang sempurna untuk sebuah perkebunan teh. Dan sejak awal 1900-an, banyak orang yang datang ke tempat wisata ini karena menyukai tanaman hijau yang semarak di daerah yang tidak jauh dari Semarang ini. Perjalanan panjang dan sulit untuk sampai ke sini berarti Anda bisa menikmati pemandangan tanpa harus berpapasan dengan terlalu banyak turis. Di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut, suasana khas menjadi alasan utama untuk mengunjungi Kebun Teh Medini.

Rasakan kesendirian yang sesungguhnya saat Anda menyesap secangkir teh yang baru diseduh dari puncak bukit, sambil memandangi perkebunan yang luas. Bukankah itu suatu rangsangan untuk mata lelah Anda saat Anda menyerap setiap detail kecil dari semak-semak yang dipangkas rapi yang dikemas secara seragam di seluruh perbukitan dan dataran tinggi?

Juga, jangan lewatkan Candi Promasan, yang memiliki rumah pemandian kerajaan yang dibangun di atas sumber air panas alami!

Lokasi Kebun Teh Madini

Alamat: Kebun Teh Medini, Limbangan, Jatirejo, Ngampel, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51357.

Dari Pasar Jerakah, berjalan menuju Selatan ke Boja, melewati Mijen dan Cangkiran. Setelah sampai di Boja, belok kiri menuju Kabupaten Tamanredjo. Dari sana, jalanan menjadi kasar, jadi pastikan kendaraan Anda memiliki ground clearance dan dalam kondisi baik.

Wisata Religi & Budaya Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah

Semarang merangkul keragaman dalam harmoni. Hal ini terlihat dari berbagai elemen yang membentuk Masjid Agung Jawa Tengah. Di bagian depan terdapat 25 pilar yang dirangkai dengan gaya yang menyerupai perpaduan antara Renaissance Italia dan kaligrafi Arab. Pengaruh Arab terlihat di pelataran tempat berdirinya enam payung raksasa yang identik dengan yang ada di Masjid an-Nabawi di Medinah.

Bangunan masjid sendiri merupakan perpaduan arsitektur masjid tradisional Jawa dan Arab, sedangkan interiornya merupakan penghargaan masjid bergaya Jawa, terlihat dari furnitur dan material yang digunakan. Lebih dari sekedar tempat ibadah, kompleks Masjid Agung juga menjadi tempat berdirinya Menara Asma al-Husna. Dua lantai pertamanya menampilkan museum yang menggambarkan sejarah Islam dan bagaimana penyebarannya di Jawa.

Jika Anda naik lift ke lantai atas, Anda bisa mendapatkan pemandangan kota Semarang yang terbentang dari Laut Jawa hingga pegunungan menuju Semarang Atas! Mesjid Agung Jawa Tengah merupakan tempat wisata religi terbaik di Semarang yang harus Anda datangi.

Lokasi Masjid Agung Jawa Tengah

Alamat: Masjid Agung Semarang, Jl. Gajah Raya, Gayamsari, Sambirejo, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50613

Lawang Sewu

Lawang Sewu - Tempat Wisata di Semarang

Jangan biarkan reputasinya sebagai salah satu tempat paling mistis di Indonesia menjauhkan Anda dari salah satu ikon kota yang paling megah. Tempat wisata Lawang Sewu wajib dikunjungi jika Anda berada di Semarang. Masuklah ke dalam halaman dan Anda akan dibawa seratus tahun ke masa lalu. Dengan begitu banyak sudut pengambilan gambar yang sempurna, satu-satunya tempat menghantui yang akan Anda lihat di siang hari adalah turis dengan tongkat selfie!

Dibangun sebagai kantor pusat Perusahaan Kereta Api Hindia Belanda, nama Lawang Sewu diterjemahkan menjadi ‘seribu pintu’, karena desainnya terdiri dari banyak pintu dan jendela. Pada masa pendudukan Jepang pada Perang Dunia II, bangunan tersebut dinyatakan sebagai pangkalan Jepang dan ruang bawah tanah digunakan sebagai penjara.

Lokasi Lawang Sewu

Alamat: Komplek Tugu Muda, Jalan Pemuda, Semarang, Jawa Tengah 13220.

Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong - Tempat Wisata di Semarang

Klenteng Sam Poo Kong dibangun untuk memperingati kunjungan Laksamana Cina Zheng He ke Semarang pada abad ke-15, memperkuat pengaruh budaya Kerajaan Cina di Jawa. Lokasi ini adalah tempat wisata budaya paling terkenal di Semarang yang harus Anda kunjungi.

Sebagai seorang musafir Cina, Laksamana Zheng He dikirim dalam misi perdagangan dan diplomatik ke beberapa negara di Asia, termasuk di Asia Tenggara. Kunjungannya dirayakan oleh penduduk setempat karena ekspedisi membawa barang-barang eksotis serta pertukaran orang dan budaya.

Kompleks candi juga merupakan rumah bagi makam mereka, dan relief batu digantung di dinding pintu masuk, menggambarkan kunjungan mereka ke Indonesia. Ritual tahunan Kelenteng Sam Poo Kong berlangsung pada akhir bulan ke-6 Imlek, di mana patung-patung diarak melalui jalan-jalan dari Jalan Lombok, Pecinan Semarang, ke klenteng untuk berkah tahun ini.

Untuk merasakan budaya Tiongkok yang otentik, pengunjung dapat menyewa pakaian tradisional untuk berfoto, yang melengkapi latar belakang kuil merah. Paket ini sudah termasuk fotografer dan percetakan, dan tersedia dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore, dengan biaya tambahan Rp 80.000 (USD 6) per orang.

Lokasi Kuil Sam Poo Kong

Alamat: Sam Poo Kong, Jalan Simongan No.129, Bongsari, Semarang Barat, Bongsari, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50148

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu

Menawarkan pemandangan spektakuler di setiap langkah, tidak mengherankan bahwa ratusan pendaki berduyun-duyun ke Gunung Merbabu setiap akhir pekan, meskipun tahu bahwa mereka harus bertahan hingga sembilan jam perjalanan yang melelahkan di jalur gunung.

Berdiri lebih dari 3000 meter di atas laut, Gunung Merbabu terletak tepat di sebelah Gunung Merapi, melukis pemandangan dengan ‘puncak kembar’ yang indah yang banyak dari kita kenal.

Ada beberapa jalur yang dapat Anda ambil untuk pendakian epic ini . Jalur Selo dari Boyolali adalah yang paling sedikit menantang dan memiliki pemandangan terbaik, tetapi tidak ada perhentian air di sepanjang jalan. Sementara jalur Wekas ​​adalah yang tercepat, jalur Cuntel menyambut Anda dengan ‘Bukit Harapan’ di mana berdiri pohon mati yang terlihat sangat rapi.

Untuk pengatur waktu pertama, penting untuk mendapatkan panduan untuk perjalanan Anda. Ada tujuh puncak untuk dipilih dan bahkan lebih banyak pilihan untuk tempat berkemah.

Gunung Merbabu

Selain membantu Anda membawa barang-barang Anda, pemandu akan memberi tahu Anda tempat terbaik hari itu, karena cuaca, kelelahan, dan kondisi tanah merupakan faktor serius yang perlu dipertimbangkan. Pemandu dapat dengan mudah ditemukan di sekitar pintu masuk kantor dan akan membebankan biaya yang wajar untuk layanan mereka.

Saat Anda keluar dari hutan lebat di kaki awal jalan, Anda akan langsung disuguhi pemandangan megah untuk memotivasi kaki Anda yang lelah – ombak tak berujung dari tanaman hijau luas yang dihiasi dengan flora dataran tinggi yang eksotis. Pada malam hari, pertunjukan dibawa ke langit, di mana rasi bintang yang berkilauan membuat Anda merasa lebih dekat ke surga. Saksikan fajar menyingsing, saat ufuk ungu diserap perlahan oleh pancaran sinar mentari.

Dan Anda akan terpukau dengan pemandangan megah matahari terbit di atas Gunung Merbabu ini. Di kejauhan, selain Merapi yang berada di sebelahnya, Anda juga dapat melihat 6 puncak tertinggi Jawa Tengah lainnya termasuk Sindoro, Sumbing dan Slamet. Ini benar-benar pemandangan yang layak untuk hiking!

Lokasi Gunung Merbabu

Selain jalur yang paling tidak sulit, hiking dari Selo menawarkan pemandangan terbaik. Naik bus Semarang-Solo dan berhenti di Pasar Sapi, Boyolali. Kemudian, naik minibus ke Cepogo, dan lanjutkan dengan minibus lain ke Pasar Selo. Ini adalah satu jam berjalan kaki ke Selo Base Camp, jadi Anda mungkin ingin naik ojek ke sana. Dari base camp, puncaknya sekitar 6 jam pendakian dengan tiga pos utama. Pastikan untuk mengemas air ekstra karena langka di jalan setapak.

Kapan berkunjung: Hindari musim hujan (biasanya dari Oktober hingga Maret)

Gunung Ungaran

Gunung Ungaran

Gunung Ungaran dianggap sebagai kiblat bagi para pecinta alam – jalur pendakian yang menantang menawarkan pengalaman yang luar biasa di hutan lebat, melewati sungai dengan air jernih dan air terjun rahasia yang menyegarkan. Saat matahari terbit, sebagai hadiah untuk sulitnya jalur pendakian, Anda juga akan melihat panorama lautan awan yang menakjubkan dengan pegunungan sebagai latar belakangnya.

Anda dapat mencapai puncak puncak gunung melalui rute yang berbeda, dan Anda dapat berkendara setengah jalan di beberapa rute. Sebagian besar pejalan kaki lebih suka menghabiskan dua hari untuk mendaki ini, karena berkemah di tempat adalah pengalaman yang tidak terlupakan.

Gunung Ungaran

Karena medannya berbatu dan sempit, kami merekomendasikan perjalanan yang penuh adrenalin ini hanya untuk pendaki berpengalaman. Perjalanan cukup sulit tetapi pemandangannya akan membuat Anda merasa seperti berada di puncak dunia!

Lokasi Gunung Ungaran

Alamat :Hutan, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Wisata Kuliner Semarang

Pasar Semawis

Pasar Semawis

Ide utama wisata kuliner adalah mencoba makanan sebanyak-banyaknya.

Tempat apa yang lebih baik untuk melakukannya selain di pasar makanan jalanan? Mulai Jumat malam, gang-gang belakang Pecinan ditutup dari pukul 18:00 hingga 22:00 selama akhir pekan untuk memberi jalan bagi pesta makanan jalanan ini. Berasal dari pasar malam Tahun Baru Imlek, Pasar Semawis telah menjadi acara mingguan di Semarang sejak tahun 2004.

Mulai dari makanan tradisional Tiongkok hingga hidangan lokal dengan sentuhan modern, Pasar Semawis adalah surga bagi pecinta makanan. Camilan mulai dari pisang rebus hingga pesta steamboat! Sama seperti pasar malam lainnya, Anda tidak akan pernah bisa memprediksi apa yang akan Anda temukan. Harapkan untuk melihat pembuat mainan, penjual perhiasan tradisional, dan seniman jalanan saat Anda berjalan-jalan!

Lokasi Pasar Semawis

Alamat: Jalan Gang Warung No. 50, Semarang Tengah, Kauman, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139

Bandeng Presto

Bandeng Presto

Apakah Anda setuju bahwa memisahkan daging dari tulang terlalu banyak usaha saat makan ikan?

Pada tahun 1977, Hanna Budimulya menemukan bahwa dengan memasak ikan bandeng dengan tekanan , yang terkenal dengan tulangnya yang kecil dan tajam, tulangnya menjadi lunak dan dapat dimakan. Ini dengan cepat menjadi santapan sekaligus oleh oleh khas Semarang!

Dibalut dengan daun pisang, kombinasi sederhana bawang putih, kunyit dan garam pada bandeng meninggalkan sensasi gurih di lidah Anda. Padukan dengan sambal manis dan pedas dan Anda memiliki kombinasi yang sempurna! Meski sudah banyak rumah makan yang mulai memproduksi hidangan ini, jika ingin merasakan cita rasa aslinya, kunjungi Jalan Pandanaran untuk resep asli Hanna Budimulya di Bandeng Presto.

Merek populer untuk versi kemasan yang bisa Anda bawa pulang adalah Bandeng Juwana yang ditemukan di hampir setiap toko suvenir di Semarang. Namun sebaiknya berhati hati karena merk ini banyak dipalsukan, sebaiknya beli di lokasi penjualan resmi supaya Anda mendapatkan cita rasa terbaik Bandeng Juwana.

Lokasi Bandeng Presto

Address: Jalan Pandanaran No. 67-69, Randusari, Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50244

Lumpia Semarang

Lumpia Semarang

Dibawa ke Semarang oleh pedagang Cina awal, lumpia Semarang (juga dikenal sebagai lunpia) telah mengalami adaptasi dari generasi ke generasi sebelum sampai pada rasa yang unik hari ini.

Rebung, ayam dan udang digulung, dan digoreng (untuk rasa yang lebih renyah) atau tidak (untuk rasa yang lembut). Seperti hidangan khas Indonesia lainnya, disajikan dengan saus manis dan pedasnya sendiri yang meleleh di mulut Anda! Anda dapat menemukan hidangan ini di banyak restoran di sini, beberapa dengan variasi mereka sendiri seperti Lumpia Basah ala Vietnam. Salah satu restoran yang populer adalah Lumpia Gang Lombok di dekat kawasan Pecinan.

Lokasi Lumpia Gang Lombok

Alamat: Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah, Kauman, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50137

Kolam renang & Infinte Pool di Semarang

Skypool di Star Hotel

Skypool Star Hotel

Terkenal sebagai kolam renang tertinggi di Indonesia, Star Hotel (sebelumnya dikenal sebagai Best Western Semarang) memungkinkan para tamu untuk melihat pemandangan kota dari tepi kolam di gedung pencakar langit tertinggi di Semarang.

Berenang di infinity pool bukan satu-satunya cara untuk menikmati pemandangan. Sky Pool Bar menawarkan minuman, termasuk koleksi anggur untuk Anda nikmati sambil bersantai di kursi di tepi kolam renang di puncak gedung. Anda dapat menikmati pesta barbeque pada hari Jumat dan Sabtu mulai sore hari dan seterusnya. Selain hidangan panggang, hotel ini juga menawarkan prasmanan dengan berbagai hidangan lokal dan internasional, serta bar terbuka tepat di tepi kolam renang!

Terletak di kota, Star Hotel menyediakan akses yang sangat baik ke semua tempat wisata di Semarang dan dapat dicapai dengan berjalan kaki dari Java Supermall.

Lokasi Skypool (Star Hotel)

Alamat: Hotel Bintang, Jl. Gunung Haryono, Lamper Kidul, Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50242

Air Terjun / Curug di Semarang

Curug Lawe dan Curug Benowo

Curug Lawe dan Curug Benowo

Jika suara petualangan membuat Anda bersemangat, coba lihat air terjun yang megah ini.

Dikhususkan untuk yang berjiwa paling berani, jalur menuju dua air terjun termegah di Semarang ini membutuhkan kewaspadaan dan kelincahan. Terletak di sisi barat Gunung Ungaran, kedua air terjun ini sangat penting bagi penduduk setempat. Selain telah menyediakan air selama berabad-abad, ini adalah tempat ketenangan yang tak terbayangkan untuk retret.

Semakin sulit perjalanannya, semakin manis hadiahnya. Curug Lawe terletak di permukaan tebing yang cekung, menghujani pengunjung dengan 25 air terjun yang menyembur setinggi empat puluh meter dari permukaan tanah.

Curug Lawe dan Curug Benowo

Curug Benowo adalah rangkaian air terjun yang mengalir dengan ketinggian beberapa lantai. Dengan setiap level, semburan air berkurang, sehingga Anda dapat dengan aman berendam di kolam sebanyak yang Anda suka!

Lokasi Curug Lawe dan Curug Benowo

Alamat: Langgar, Ungaran, Ungaran Barat, Gonoharjo, Limbangan, Semarang, Jawa Tengah 51383.

Dari Pasar Jerakah, menuju Boja. Setelah melewati Kabupaten Mijen, belok kiri ke Jl. Raya Cankiran-Gunungpati. Terus lurus di jalan, Anda akan tiba sekitar setengah jam dari sana. Catatan: Ini terletak di dekat Kebun Teh Medini, jadi kamu bisa berwisata ke dua tempat wisata ini bersama-sama!

Grojogan Curug Klenting Kuning

Grojogan Curug Klenting Kuning

Jika seperti kami Anda selalu mencari hidden gem yang belum ditemukan, Anda akan menyukai momen menyegarkan di Curug Klenting Kuning.

Air terjun kecil ini tidak diketahui banyak orang – tidak tersentuh dan terpencil! Terletak di lereng gunung, Anda dapat mengharapkan air tawar, meskipun tidak selalu jernih karena formasi batuan belerang seperti oranye yang unik (inilah sebabnya dikenal sebagai air terjun kuning).

Dulu, tempat ini pernah menjadi tempat romantis untuk dua kekasih terkenal dari cerita rakyat Keong Emas Jawa, dan inilah alasan utama mengapa penduduk setempat berkunjung! Anda akan terpesona dengan keindahan alam di sini. Meski tersembunyi, Anda akan dapat menemukan fasilitas dasar di tempat seperti ruang ganti, toilet, dan area untuk beribadah.

Lokasi Grojogan Curug Klenting Kuning

Alamat: Sumowono, Area Kebun, Gondang, Limbangan, Semarang, Jawa Tengah 50662, Indonesia

Wana Wisata Curug Semirang

Wana Wisata Curug Semirang

Perjalanan licin selama 20 menit membawa Anda ke keindahan alam Air Terjun Semirang – menyeberangi jembatan dan lebih dekat ke percikan air atau berdiri tepat di bawah air terjun kecil untuk waktu yang menyegarkan!

Air terjun ini dikelilingi oleh formasi batuan raksasa yang diselimuti oleh lumut hijau – bukankah itu terasa seperti pemandangan di negeri dongeng? Air terjun menyimpang untuk membentuk aliran yang lebih kecil yang mengalir di bawah jembatan untuk membentuk sungai yang meluncur menuruni bebatuan.

Anda pasti akan merasa segar kembali di sini, baik secara fisik maupun batin!

Lokasi Wana Wisata Curug Semirang

Alamat: Hutan, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah 50551, Indonesia

Hotel & Resort di Semarang

Susan Spa & Resort

Susan Spa & Resort

Jika Anda mencari tempat peristirahatan romantis yang tenang di dataran tinggi, Anda akan menyukai Susan Spa & Resort. Meskipun terletak di lingkungan yang tenang, resor yang indah ini sangat menggoda, dan dengan awan berkabut dan cuaca dingin di dataran tinggi, Anda hampir akan lupa bahwa Anda berada di Indonesia tropis!

Interior suite terasa dan terlihat seperti rumah kerajaan, bahkan jika Anda beruntung, Anda bahkan mungkin melihat pegunungan di kejauhan saat matahari terbit (Anda harus sangat beruntung karena sangat berkabut).

Resor ini merupakan pilihan populer di kalangan pasangan, terutama untuk pernikahan karena memiliki kapel kaca ( Kapel La Kana ) di dalam kompleksnya. Jika Anda di sini untuk hari istimewa Anda, bersiaplah untuk hari yang besar dan pertimbangkan untuk menginap di Grand Suite mereka untuk bermalam – ini adalah kamar mereka yang paling mewah, dengan jacuzzi berbentuk hati di dalam kamar mandi!

Susan Spa & Resort

Jangan lewatkan Spa in the Sky mereka juga. Kami menikmati Signature Susan Massage dan Tropical Nut Scrub – sangat menyegarkan! Setelah spa santai Anda, nikmati waktu santai di kolam renang semi-outdoor mereka.

Lokasi Susan Spa & Resor

Alamat: Jalan Gintungan Utara, Dusun Piyoto, Bandungan, Deso, Jetis, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614

Villa Petra Ungaran

Villa Petra Ungaran

Bagi mereka yang mencari pemandangan gunung yang ajaib, pertimbangkan untuk menginap di Villa Petra saat mengunjungi Ungaran. Penginapan ini terkenal dengan pemandangan gunung di dekatnya!

Sementara vila-vila di Bali menjanjikan Anda pemandangan laut yang tak berujung , Villa Petra akan memberikan pemandangan panorama gunung saat Anda berenang di kolam renangnya; di sini Anda akan mengambil napas dalam-dalam, melihat-lihat dan kagum.

Anda juga dapat menikmati kamar yang luas, sauna, ruang olahraga, serta bathtub yang menghadap ke tanaman hijau subur!

Lokasi Villa Petra Ungaran

Alamat :Jalan Nusa Indah No.18, Ungaran, Duren, Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah 50614, Indonesia

Hotel Griya Katarina

Hotel Griya Katarina

Salah satu hal terbaik tentang perjalanan darat adalah mendapatkan kesempatan untuk menikmati pemandangan menakjubkan yang biasanya tidak dapat Anda temukan di rumah. Jika Anda ingin benar-benar menikmati pengalaman itu, menginaplah di hotel yang menawarkan pemandangan spektakuler langsung dari kamar Anda.

Hotel Griya Katarina jauh dari hotel mewah yang menjadi ekspektasi Anda, tetapi pemandangan yang ditawarkannya adalah kemewahan murni itu sendiri! Hotel ini populer di kalangan peziarah Katolik yang mengunjungi sekitarnya karena dekat dengan Gua Maria Kerep, jadi kami menyarankan Anda untuk memesan lebih awal!

Grita Katarina menawarkan berbagai pilihan kamar dan menyambut keluarga dengan kamar vila mereka juga. Di dekatnya, Anda akan dapat menemukan kedai makanan lokal dan museum kereta api.

Lokasi Hotel Griya Katarina

Alamat : Jln. Tentara Pelajar, Kerep, Ambarawa, Jawa Tengah 50614

Tempat Wisata Instagramable di Semarang

Ayana Gedong Songo

Ayana Gedong Songo - Tempat Wisata di Semarang

Jika menurut Anda hanya perairan biru, puncak gunung yang tinggi, dan makanan lezat yang layak mendapat tempat di feed Instagram Anda, Ayana Gedong Songo mungkin berubah pikiran.

Mampirlah ke tempat insta-worthy hipster ini saat berada di Bandungan dan nikmati momen sempurna berfoto di tenda gelembung dengan boneka beruang raksasa yang mewah, bantal Hello Kitty dan banyak lagi, termasuk area VIP Lounge dengan minuman dan makanan! Anda juga bisa berpura-pura pergi ke langit dengan balon udara panas; yang perlu Anda lakukan adalah mendapatkan sudut yang tepat sebelum Anda dapat memotret dan memposting untuk menyombongkannya di feed media sosial Anda!

Lokasi Ayana Gedong Songo

Alamat :Krajan, Banyukuning, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614, Indonesia

Eling Bening

Eling Bening

Latar belakang yang populer untuk pernikahan, Eling Bening dengan cepat mendapatkan reputasi sebagai tempat tujuan Semarang untuk sudut pandang terbaik di Ambarawa. Berhektar-hektar taman terbuka memungkinkan Anda untuk menikmati suasana sekitar dan udara pegunungan yang sejuk dan segar saat Anda menikmati makanan hangat di atas bukit.

Anda juga dapat menikmati pemandangan Danau Rawa Pening yang sempurna di bawah, dibingkai oleh perbukitan di sekitarnya dengan jalan berkelok-kelok di tengahnya. Masakan lokal khas Indonesia disajikan setiap hari di restoran minimalis serba putih, di mana Anda pasti dapat mengambil banyak foto Instagrammable yang cantik!

Eling Bening - Tempat Wisata di Semarang

Eling Bening juga mengusung konsep tempat rekreasi wisata keluarga, sehingga Anda bebas membawa keranjang piknik sendiri dan menggelar tikar di atas rerumputan untuk benar-benar menikmati cuaca yang dingin di Semarang Atas. Anak-anak dapat berkeliaran dan mencoba segala macam kegiatan mulai dari flying fox hingga panahan, sementara Anda dapat duduk dan bersantai dengan minuman hangat. Jika Anda berani melawan dingin, Anda bahkan bisa melompat ke kolam untuk berenang!

Lokasi Eling Bening

Alamat: Jl. Kartini Tambakboyo, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah 50661

Joglo Agung Resto and Gallery

Joglo Agung Resto and Gallery

Apa cara yang lebih baik untuk membenamkan diri dalam budaya lokal selain bersantap di restoran bergaya Joglo yang otentik, dikelilingi oleh pernak pernik, barang antik dengan sisi pemandangan alam yang magis. Pengalaman ini seperti sedang makan di luar museum, tapi jangan berharap makanan antik seperti dekorasinya, karena Joglo Agung Resto and Gallery menawarkan hidangan lokal yang lezat dengan sentuhan teknik masakan kontemporer.

Salah satu spesialisasi yang paling enak adalah Grilled Ribs; tidak ada yang bisa menandingi kenikmatan menyantap daging segar yang juicy dan berasap yang direndam dalam ramuan herbal dan rempah-rempah khusus sambil menikmati udara sejuk dataran tinggi!

Jika Anda berjiwa tua dan suka mengoleksi barang-barang unik, bergembiralah karena barang antik di galeri juga tersedia untuk dijual; ini tidak hanya akan mempercantik rumah Anda tetapi juga bisa menjadi suvenir yang bagus!

Lokasi Joglo Agung Resto and Gallery

Alamat :Jalan Lemah Abang Km. 3,6, Jimbaran, Bandungan, Munding, Semarang, Jawa Tengah 50552, Indonesia

Gedong Pass

Gedong Pass - Tempat Wisata di Semarang

Terkadang kita bertanya-tanya apakah negeri dongeng itu ada. Atau jika ada tempat ajaib di dunia yang mendekat. Gedong Pass adalah salah satunya.

Naik perahu kayu dan mengapung di atas awan sambil menikmati pemandangan spektakuler hutan dan pegunungan di sekitarnya. Perahu tidak hanya berfungsi sebagai penyangga gambar yang sempurna tetapi juga sebagai sudut pandang! Daerah ini juga memiliki tiga air terjun rahasia dengan sudut pandang lain yang menawarkan pemandangan panorama gereja terdekat dan rumah-rumah tradisional di atas dataran tinggi.

Lokasi Gedong Pass

Alamat: Dusun Gedong, Nglelo, Tajuk, Getasan, Semarang, Jawa Tengah 50774, Indonesia

Agrowisata di Semarang

Agro Wisata Kopeng

Agro Wisata Kopeng

Meskipun semua yang ada di Agrowisata Kopeng adalah buatan mausia, namun dapat membuat Anda tenggelam dalam alam – menara pandang dan jembatan penyeberangan terbuat dari bambu, tempat ini juga dikelilingi oleh ladang bunga yang mekar dengan warna-warna cerah.

Di atas sudut pandang menara, Anda akan menikmati pemandangan panorama Gunung Slamet, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Telomoyo, Gunung Andong, Gunung Gajah, dan Gunung Merbabu di dekatnya. Tempat ini tidak boleh Anda lewatkan saat melakukan perjalanan wisata ke Semarang!

Lokasi Agro Wisata Kopeng

Alamat: Kopeng, Getasan, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50774, Indonesia

Waktu Terbaik untuk Bepergian

Klenteng Sam Poo Kong - Tempat Wisata di Semarang

Kami menyarankan Anda untuk melakukan perjalanan wisata di Semarang ke beberapa tempat selama musim kemarau dari Mei hingga September. Dengan kemungkinan hujan yang lebih rendah, Anda dapat menikmati semua atraksi di Bandungan dan Ungaran dengan mudah. Periode ini cocok untuk aktivitas luar ruangan yang mendebarkan seperti paralayang dan hiking.

Sudahkah kami menginspirasi Anda untuk mengambil rute yang tidak biasa untuk menikmati keajaiban tersembunyi Semarang? Jika Anda mengetahui tempat wisata menarik lainnya di Semarang. kami akan senang mendengar dari Anda!

Jesslyn Adelia
Hanya seorang anak muda yang suka makan dan travelling