Cendrawasih, Burung Surga dari Papua yang Memukau

Artikel ini terakhir di perbaharui April 10, 2021 by Yoko Widito
Cendrawasih, Burung Surga dari Papua yang Memukau

Papua tidak hanya dianugerahi keindahan alam dan kekayaan sumber daya alam. Provinsi paling timur Indonesia ini juga memiliki hewan fauna yang sangat elok, salah satunya Burung Cendrawasih.

Burung yang memiliki campuran lebih dari tiga warna cerah pada bulunya ini berasal dari pulau ini. Keindahannya yang luar biasa membuat Cendrawasih dinobatkan sebagai “The Bird of Paradise” oleh masyarakat Inggris yang sebelumnya tidak percaya akan keberadaannya karena keindahannya. Cendrawasih digunakan sebagai hadiah untuk Raja-raja pada tahun 1522 setelah orang Eropa mengakui keberadaan burung tersebut.

cendrawasih

Ada 41 spesies Cendrawasih di Indonesia, dengan 37 spesies hidup di Papua. Beberapa jenisnya diberi nama berdasarkan warna utamanya, seperti Cendrawasih Kuning Kecil, Cendrawasih Kuning Besar, dan Cendrawasih Merah. Misalnya, Cendrawasih Kuning Kecil dan Cendrawasih Kuning Besar memiliki warna dominan “kuning” atau kuning pada bulunya, demikian namanya.

Selain penampilannya yang megah, Cendrawasih juga dikaruniai suara yang indah dan tarian yang sangat memukau.

Anda juga bisa melihat Cendrawasih Parotia, burung yang sebagian besar berwarna hitam dengan sedikit warna biru muda yang memamerkan tariannya yang menakjubkan saat musim kawin. Sayangnya, Cendrawasih saat ini dikategorikan sebagai spesies langka. Keindahannya menyebabkan tingginya permintaan perburuan.

Belum lagi penggundulan hutan untuk perkebunan yang telah mengurangi habitatnya secara signifikan.

cendrawasih parotia

Namun, Anda bisa pergi ke beberapa destinasi wisata untuk menyaksikan makhluk cantik di Papua ini, yakni kabupaten Mamberamo Foja, Merauke, Wamena, dan Jaya Wijaya. Datang ke tempat terpencil di tengah hutan sambil mendengarkan alunan musik yang merdu dan menyaksikan Burung Cendrawasih akan menjadi pengalaman seumur hidup yang berharga bagi Anda.

Beberapa tips penting jika Anda berencana untuk melihat burung tidak menggunakan parfum apa pun atau tidak mandi sebelum pergi mengamati burung, karena Cendrawasih memiliki kepekaan penciuman yang tinggi. Burung-burung ini juga bertelinga tajam, jadi jangan bersuara saat Anda berada di sekitar area mereka. Disarankan untuk bersembunyi di balik pohon dan menggunakan pakaian berwarna gelap agar burung tidak dapat melihat Anda.