6 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Liburan Ke Jepang

6 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Liburan Ke Jepang

Negeri sakura atau Jepang adalah salah satu negara tujuan bagi orang Indonesia untuk menghabiskan waktu liburan. Negara 4 musim ini sering dikunjungi karena keindahan alamnya dan beberapa tradisi unik yang hanya ada disana. Sayangnya, beberapa traveller justru tidak prepare tentang berapa banyak hal yang harus disiapkan menjelang tanggal keberangkatan Buat Anda yang sudah bosan ke Little Tokyo yang ada di Jakarta, yuk persiapkan hal berikut ini sebelum liburan ke Jepang.

1. Biaya Liburan ke Jepang

Biaya Liburan ke Jepang

Ini adalah yang paling utama harus Anda persiapkan, karena tidak mungkin Anda melakukan perjalanan wisata liburan ke Jepang apabila tidak mempersiapkan biaya dengan baik. Karena di perjalanan pasti akan cukup banyak pengeluaran tidak terduga di luar dari perencanaan biaya yang sudah dipersiapkan. Terlebih kalau saat berada di Jepang sedang ada pesta diskon yang tidak bisa dilewatkan.  Oleh karena itu, sebisa mungkin persiapkan kebutuhan biaya perjalanan harus dipersiapkan sebelum liburan ke Jepang dimulai.

2. Penginapan

Penginapan selama liburan ke Jepang

Hal pertama yang harus Anda pikirkan dan persiapkan sebelum pergi liburan ke Jepang adalah penginapan. Penting sekali untuk mengetahui di kota dan sisi manakah Anda akan menginap. Hal ini akan sangat berpengaruh pada jadwal kegiatan Anda selama ada di Jepang. Misalnya saja, Anda ingin menghabiskan liburan dengan berbelanja. Maka Anda harus mencari penginapan yang sekitar wilayah Tokyo. Meskipun antar kota bisa ditempuh mengggunakan kereta, tentu akan lebih nyaman apabila menginap di wilayah yang dekat lokasi tujuan. Harga penginapan juga bervariasi, mulai dari 200 ribu rupiah saja hingga ada yang jutaan rupiah permalamnya.

3. Transportasi

Transportasi selama liburan ke Jepang

Jepang terkenal dengan kecepatan transportasi. Tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu transportasi apa saja yang bisa Anda gunakan selama di Jepang. Misalnya saja, Anda ingin menggunakan kereta selama berada di Jepang. Ada 4 pulau utama di Jepang, yakni Honshu, Hokkaido, Kyushu dan Shikoku. Keempat pulau ini bisa dijangkau dengan mudah menggunakan kereta.

Ada beberapa jenis tiket kereta yang bisa Anda pilih, yakni tiket kereta regular, IC card dan rail pass. Bagi Anda yang hanya ingin pergi ke satu tempat tujuan saja, maka Anda bisa membeli tiket kereta regular. Tapi kalau Anda akan sering datang berkunjung ke Jepang, maka tidak ada salahnya untuk membeli IC Card. IC Card ini bisa diisi ulang sebagai media pembayaran kereta di Jepang. Yang terakhir adalah Rail Pass atau tiket kereta terusan. Bagi Anda yang selama liburan ingin pergi ke beberapa stasiun di Jepang, maka rail pass adalah tiket terbaik untuk Anda.

4. Internet

internet wifi

Tidak sah rasanya kalau sedang liburan ke Jepang tapi tidak foto-foto dan mengunggah story Instagram. Banyak turis yang memutuskan untuk menyewa WiFi saat sedang liburan ke Jepang. Anda bisa datang ke beberapa lokasi yang menyediakan penyewaan WiFi. Dengan adanya akses internet dimanapun Anda pergi, upload story bukanlah sebuah masalah lagi.

5. Dokumen

Dokumen perjalanan

Pemerintah Indonesia memang memudahkan untuk warga negaranya pergi ke luar negeri, asalkan mampu memiliki semua dokumen yang dibutuhkan. Beberapa dokumen yang dibutuhkan adalah visa, epaspor dan yang lainnya. Warga negara Indonesia yang ingin pergi liburan ke Jepang harus memiliki epaspor. Visa Jepang hanya berlaku bagi para pemegang e paspor, sehingga Anda harus membuatnya sebelum melakukan keberangkatan. Pembuatan epaspor harus dilakukan oleh pihak yang bersangkutan dan tidak bisa diwakilkan.

6. Budaya Berpakaian

Budaya Berpakaian di Jepang

Pastikan Anda sudah tahu apa pakaian yang harus Anda gunakan selama liburan di Jepang. Sebenarnya, Anda bebas menggunakan pakaian apa saja selama di Jepang, karena warganya adalah orang yang terbuka. Jika Anda ingin memakai celana jeans, maka lebih baik untuk menggunakan warna hitam. Alasannya adalah beberapa warga Jepang tidak suka menggunakan celana jeans, tentu Anda tidak ingin terlihat aneh dan mencolok bukan?

Selama liburan ke Jepang, lebih baik Anda menggunakan baju yang rapi dan sopan. Orang Jepang terkenal memiliki budaya rapi, sehingga wajib bagi Anda untuk mengikuti aturan yang mereka buat. Apabila cuaca sedang dingin, tidak ada salahnya untuk menggunakan pakaian berlayer seperti kaos dan mantel. Kalau tiba-tiba cuacanya memanas, maka Anda bisa melepaskannya dengan mudah.

Itu dia 6 hal yang penting untuk Anda perhatikan sebelum pergi liburan ke Jepang. Yang paling penting bagi keamanan perjalanan Anda adalah tidak kehilangan dokumen penting dan dompet. Pastikan Anda selalu membawa barang berharga kemanapun Anda pergi dan jagalah dengan baik. Jepang adalah negara yang cukup berbahaya bagi wanita di beberapa titik, maka dari itu selalu waspada dan lebih baik apabila selalu pergi secara kelompok. Jangan sampai kehabisan uang di tengah perjalanan juga ya.

Selain melakukan perjalanan wisata liburan ke Jepang, Anda juga bisa juga menjajal indahnya pantai bangkok ataupun mencoba indahnya Bali dengan segala kecantikan dan kelezatan kuliner di dalamnya.

Yuk liburan!

Jesslyn Adelia
Hanya seorang anak muda yang suka makan dan travelling